cara memperbaiki ISC rusak

Cara Memperbaiki ISC Rusak : 3 Cara Dan Ulasannya

Cara Memperbaiki ISC Rusak – Idle speed control (ISC) sebagai salah satunya sisi mobil yang umum terjadi kerusakan. Kerusakan ISC mobil ini bisa mengakibatkan pengaturan mesin jadi tidak nyaman. Lantas bagaimana cara memperbaiki ISC rusak?

ISC mobil mempunyai peranan untuk atur perputaran mesin saat status idling atau pedal gas tidak di pijak. Oleh karenanya jika muncul kerusakan pada ISC mobil akan berasa di saat status idling. Apa lagi beban mesin yang terlampau tinggi karena tambahan seperti mekanisme AC, turbocharger, dan beragam beban mesin tambahan yang lain.

Kerusakan ISC mobil akan mengakibatkan beragam tanda-tanda. Tanda-tanda kerusakan ISC mobil secara umum yakni mobil akan tersendat-sendat, rpm turun bahkan juga mati saat beban mesin ditambahkan, dan rpm mesin status idling terlampau tinggi. Beragam tanda-tanda kerusakan ISC mobil itu akan ada jika ada persoalan pada mekanisme idle speed control valve.

Jika keadaan itu terjadi secara terus-terusan maka mengakibatkan beragam persoalan lain pada kendaraan. Oleh karenanya jika tanda-tanda kerusakan ISC mobil ada, perlu dilaksanakan proses pembaruan. Untuk memperjelasnya berkenaan cara memperbaiki ISC mobil yang rusak akan diulas pada artikel di bawah ini.

Cara Memperbaiki ISC Rusak

Jika muncul beragam tanda-tanda dan ciri-ciri kerusakan ISC mobil karena itu perlu dilaksanakan pembaruan. Untuk memperjelasnya berikut ulasan berkenaan cara memperbaiki ISC rusak.

1. Pengecekan Wiring Harness ISC Valve

Salah satunya cara memperbaiki ISC mobil yang rusak yakni memeriksan wiring harness ISC valve. Pengecekan wiring harness ISC valve bermanfaat untuk ketahui keadaan serangkaian dari idle speed control valve. Pengecekan wiring harness mempunyai tujuan untuk ketahui ada open sirkuit atau rangkain yang putus, dan short sirkuit atau ada konsleting. Cara pengecekan wiring harness ISC valve sebetulnya benar-benar gampang sekali. Untuk memperjelasnya berikut ulasan berkenaan cara pengecekan wiring harness ISC valve.

  • Melepaskan connector kabel wiring ISC, tiap tipe kendaraan mempunyai wiring harness yang lain. Untuk toyota terlepas connector I1 katup ISC.
  • Melepaskan connector elektronik control module E8.
Baca Juga  Jalur Kiprok Vixion (New Dan Old) : 8 Soket Kabel Dan Ulasannya

Standard tahanan (Check kondisi open):

  • ISA1 (I1-3) – IACAHI (E8-15), Hasil standard di bawah 1 Ω
  • ISA2 (I1-1) – IACALO (E8-14), Hasil standard kurang dari 1 Ω
  • ISB1 (I1-4) – IACBHI (E8-25), Hasil standard di bawah 1 Ω
  • ISB2 (I1-2) – IACBLO (E8-24), Hasil standard di bawah 1 Ω

Standard tahanan (Check kondisi short):

  • ISA1 (I1-3) – IACAHI (E8-15) – Periode body, Hasil standard 10 kΩ atau semakin tinggi
  • ISA2 (I1-1) – IACALO (E8-14) – Periode body, Hasil standar10 kΩ atau semakin tinggi
  • ISB1 (I1-4) – IACBHI (E8-25) – Periode body, Hasil standard 10 kΩ atau semakin tinggi
  • ISB2 (I1-2) – IACBLO (E8-24) – Periode body, Hasil standard 10 kΩ atau semakin tinggi

cara memperbaiki ISC rusak

2. Pengecekan Keadaan Visual ISC Valve

Cara memperbaiki ISC mobil rusak yang ke-2 yakni pengecekan keadaan ISC valve secara visual. Keadaan visual motor ISC dapat dipakai untuk ketahui keadaan dari ISC valve. Pengecekan keadaan visual ISC valve terbagi dalam

  • Pengecekan Keadaan seal dari ada kerusakan seperti robek, dan lain-lain.
  • Melakukan pengecekan keadaan pintle dari ada keuasan yang bisa memunculkan kebocoran udara.
  • Pengecekan kerja dari pintle apa macet atau mungkin tidak.

cara memperbaiki ISC rusak

3. Pengecekan Tahanan ISC Valve

Cara memperbaiki ISC mobil rusak yang ke-3 yakni lakukan pengecekan tahanan ISC valve. Di dalam ISC valve ada kumparan atau belitan yang mempunyai tahanan tertentu untuk atur besar kecilnnya pembukaan motor ISC. Jika tahanan belitan tidak sesuai dengan standard tentu saja akan memengaruhi kerja dari ISC valve. Cara pengecekan tahanan ISC valve sebetulnya benar-benar simpel yakni

  • Tahanan standard terminal 1 dan 3 yakni sejumlah 45.6 – 50.4 Ohm (27 Celcius)
  • Tahanan standard terminal 2 dan 4 yakni sejumlah 45.6 – 50.4 Ohm (27 Celcius)
Baca Juga  Penyebab Air Radiator Meluap : 5 Faktor Dan Ulasannya

Jika nilai tahanan antara terminal tidak sesuai dengan standard karena itu perlu dilaksanakan pergantian ISC valve. Ini jika didiamkan karena bisa memengaruhi performa ISC dan kurangi kenyamanan dalam berkendaraan.

cara memperbaiki ISC rusak

Di atas sebagai ulasan berkenaan cara memperbaiki isc mobil yang rusak. Oleh karenanya dibutuhkan cara memperbaiki ISC mobil agar bekerja seperti mestinya.

Join the discussion