Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan: 8 Faktor & Ulasan

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan – Mobil diesel dikenali karena mempunyai tenaga yang tinggi. Namun tetap saja ada banyak hal sebagai penyebab mobil diesel kurang tenaga ketika ada di tanjakan. Lalu bagaimanakah menanganinya?

Saat sebelum kita cari cara mengatasi permasalahan ini, kita perlu cari tahu penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan hingga tidak sanggup melalui lajur naik. Dengan begitu, kita dapat cari jalan keluar pembaruan, dan jalan keluar menahan ada kembalinya permasalahan ini. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga Di Tanjakan

Terdapat berbagai faktor penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan diantaranya yaitu:

1. Ruangan Mesin yang Kotor

Penyebab pertama mobil diesel kurang tenaga di tanjakan adalah ruang mesin yang kotor. Penggunaan solar sebagai bahan bakar lebih tersisa karbon daripada pemakaian bahan bakar bensin. Oleh karenanya, tidaklah aneh mobil diesel lebih cepat kotor. Karbon yang menimbun di dalam mesin bisa mengakibatkan performa mesin jadi turun, mengakibatkan tenaga yang dibuat mobil jadi turun.

Untuk mengatasi permasalahan ini, tidak ada cara lain selainnya bersihkan ruangan mesin dengan lakukan tune up. Sementara untuk meminimalkan permasalahan kurang tenaga ada, anda bisa lakukan banyak hal, salah satunya pilih pemakaian oli mobil yang pas, dan lakukan tune up secara periodik.

2. Ruangan Pembakaran yang Memiliki masalah

Ada banyak permasalahan yang sering terjadi di ruangan pembakaran yang dapat menjadi penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan, di antaranya aliran bahan bakar mampet, injeksi dan kompresi mesin yang tidak capai penekanan dibutuhkan untuk pembakaran yang maksimal, dan beberapa masalah yang lain.Salah satunya tanda-tanda ada permasalahan di ruangan pembakaran menjadi satu diantara penyebab AC mobil berbau bensin.

Umumnya permasalahan pembakaran yang tidak maksimal ini muncul karena ada ada part yang memiliki masalah. Karena ada banyak part yang saat memiliki masalah akan mengakibatkan mobil lenyap tenaga, anda memerlukan pengecheckan lengkap di bengkel mobil.

Baca Juga  Remote Mobil Tidak Bisa Mengunci : 5 Faktor Dan Ulasannya

3. Seting ECU yang Salah

Kekeliruan seting ECU mungkin terjadi dan dapat menjadi penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan. Umumnya karena terjadi peningkatan listrik yang tidak konstan hingga membuat error mekanisme ECU mobil. Untuk mengatasi permasalahan ini benar-benar simpel, cukup hanya lakukan remap ECU.

REMAP bisa dilakukan untuk tingkatkan tenaga mesin mobil diesel. Tidak perlu menanti penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan. Anda bisa tingkatkan tenaga mobil sekarang ini juga.

4. Pemakaian Ban

Memakai ban mobil yang terlampau besar, atau kekecilan bisa mengakibatkan mobil diesel kurang tenaga ketika ada di tanjakan. Untuk menuntaskan permasalahan ini, anda bisa menukar ban mobil sama yang sama sesuai standar mobil.

5. Filter Solar Kotor

Filter solar yang kotor jadi salah satu persoalan khusus mesin diesel kurang tenaga. Hal ini dapat menurunkan debit dan volume bahan bakar yang dibutuhkan. Pada akhirannya mesin alami kekurangan gabungan bahan bakar sampai tenaganya jadi tidak maksimal.

Filter kotor membuat proses penyaringan tidak baik. Kotoran bisa mampu masuk ke pompa injeksi. Pada akhirannya penekanan injeksi jadi mempunyai permasalahan.

Pertanda filter solar kotor adalah tanda lampu pertanda water separator mulai berpijar tanpa tanda penyebab yang jelas.

6. Pompa Penekanan Solar Kurang kuat

Pompa penekanan ini dipasang pada filter solar atau dekat pompa injeksi. Peranannya adalah menarik solar dari dalam bak bahan bakar. Jika kondisinya turun, karenanya ada ketinggalan supply bahan bakar yang sebenarnya dibutuhkan mesin. Kondisi ini menyebabkan gabungan bahan bakar dan udara tidak lagi bagus sampai tenaga yang dibikin mesin tidak sempurna.

Pertanda pompa penekanan yang sudah turun adalah mesin susah hidup saat pagi hari sampai perlu memompanya untuk nyalakan mesin.

7. Injection Pump Mempunyai permasalahan

Injection pump adalah pompa injeksi untuk salurkan bahan bakar solar bertekanan ke masing-masing injektor. Penekanan dalam pompa injeksi memiliki ukuran berlainan tergantung masing-masing mobil.

Tapi saat penekanan pompa injeksi kurang atau bahkan melalui penekanan yang direkomendasikan, karenanya mesin diesel pasti mempunyai permasalahan.

Pertanda injection pump mempunyai permasalahan adalah munculnya asap hitam tebal sampai menjadi salah satu penyebab mesin diesel kurang tenaga di tanjakan.

Baca Juga  Penyebab Piringan Cakram Panas: 4 Faktor & Cara Mengatasi

8. Injection Timing Tidak Cocok

Nilai dan status injection timing dalam mesin diesel jarang-jarang berlainan, ternyata kemungkinan ada dalam status tidak tepat. Pada akhirannya mesin diesel jadi kurang mempunyai tenaga. Injection timing adalah waktu injektor membuka nozzle untuk menyemprotkan bahan bakar.

Kondisi injection timing yang lain dan tidak sesuai detil mesin dapat membuat tenaga mobil jadi kurang mempunyai tenaga. Bahkan terkadang ada asap hitam terlalu terlalu berlebih di knalpot.

9. Penekanan Kompresi Ruang Bakar Mesin Rendah

Penyebab mobil diesel yang kurang mempunyai tenaga di tanjakan banyak terjadi akibat persoalan berbau bahan bakar. Terhitung penekanan kompresi ruang bakar mesin sudah terlalu rendah.

Penekanan kompresi memang mempengaruhi tenaga mesin diesel. Mesin diesel membutuhkan penekanan kompresi tinggi, sekiranya 30 kgm. Betul-betul jauh jika dibandingkan kompresi mesin bensin yang ada di kisaran 10/11 kgm.

Cara Memperbaiki Mobil Diesel Kurang Tenaga Di Tanjakan

Anda tentu ingin mobil dengan tenaga yang lebih tinggi. Untuk memperoleh mobil semacam itu, anda dapat mengupgrade perform mobil. Bagaimana triknya?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mobil diesel kurang tenaga di tanjakan, di antaranya adalah:

1. Remap ECU Mobil

Untuk tingkatkan tenaga mobil secara mencolok, remap ECU adalah jalan keluarnya. Ada banyak keunggulan pada lakukan remap, yakni sanggup meningkatkan tenaga mobil sampai lebih dari 40%. Disamping itu, remap sanggup tingkatkan akselerasi mobil ke tingkat yang kemungkinan tidak anda pikirkan awalnya.

2. Tune UP

Perawatan periodik ini bisa tingkatkan tenaga mobil karena bisa mengatasi penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan, seperti kerak karbon di dalam mesin, kotoran dan sumbatan di aliran bahan bakar, dan penyebab yang lain. Dengan lakukan tune up, mobil diesel anda bakal jadi baru, dan performnya akan jauh bertambah. Terlebih bila mobil anda telah lama tidak ditune up.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.