Fungsi Shifting Key: Peran Dan Ulasannya

Fungsi Shifting Key – Di dalam unit synchromesh transmisi manual ada banyak bagian satu diantaranya yakni shifting key dan key spring. Ke-2 bagian ini meskipun mempunyai wujud yang kecil tetapi mempunyai peran yang perlu. Lantas apa peran dari shifting key dan key spring pada synchromesh?

Unit synchromesh sebagai jantungnya transmisi manual type synchromesh, saya ucapkan semacam itu karena synchromesh ini sebagai komponen penting. Tanpa synchromesh, peralihan gigi pada transmisi manual type synchromesh tidak segera dapat dilaksanakan.

Synchromesh ini berperan untuk meyamakan perputaran roda gigi yang hendak sama-sama terkait dengan cara pengereman. Hingga pada transmisi yang memakai synchromesh saat lakukan peralihan gigi bisa jalan lebih lembut tanpa terjadi hentakan.

Di dalam unit synchromesh ada komponen atau bagian yang mememiliki perannya masing – masing. Untuk memperjelasnya berkaitan fungsi shifting key dan key spring pada synchromesh akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi shifting key

Fungsi Shifting Key Dan Spring Key

Fungsi shifting key adalah untuk meminimalkan berlangsungnya peralihan gigi mobil saat sebelum perputaran roda gigi dan clutch hub sama.

Spring key adalah komponen yang berperan untuk mengamankan shifting key supaya tidak terlepas dari dudukannya yang ada pada clutch hub. Hal itu mempunyai tujuan supaya shifting key ini bisa menahan berlangsungnya peralihan gigi saat sebelum perputaran sama-sama.

Baca Juga  Komponen Sistem Kemudi Rack And Pinion Dan Fungsinya

Wujud dari komponen ini sendiri seperti kawat yang melingkar dan fleksibel. Komponen ini berada pada jalur yang ada di clutch hub. Ke-2 ujungnya sendiri terkait langsung dengan synchronizer ring.

Apabila dilihat shifting key berbentuk kotak dengan bagian yang menjorok ke dalam atau keluar untuk mengunci bagian key spring. Sementara key spring hanya seperti pegas berbentuk lingkaran yang memiliki tingkat kelenturan tertentu.

Sesuai dengan perannya, apabila kedua bagian ini tidak ada maka kemungkinan transmisi dapat berubah kecepatan secara mandiri. Hal ini tentu akan membahayakan pengemudi ketika mobil dikendaraai.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi shifting key dan key spring pada synchromesh. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -