ac mobil bunyi

Ac Mobil Bunyi : 10 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Ac Mobil Bunyi – Tidak cuman kurang dingin, permasalahan yang lain sering dirasakan pemilik mobil pada sistem AC yaitu timbulnya bunyi. Sudah pasti ac mobil bunyi akan berasa mengganggu dan membuat kabin kurang nyaman. Lalu apa penyebab ac mobil bunyi?

Tanda-tanda AC mobil bunyi berisik menjadi tanda ada permasalahan serius. Oleh karena itu perlu di kenali penyebab dan jalan keluar yang pas untuk mengatasi permasalahan ini.

Ada 3 hal yang harus dipahami yakni penyebab timbulnya AC mobil bunyi, dan cara cara memperbaiki agar tidak tampil kembali.

ac mobil bunyi

AC Mobil Bunyi

Ketahui apa yang mengakibatkan timbulnya bunyi dari AC mobil sangat penting. Karena beda penyebab permasalahan, beda jalan keluarnya. Ada banyak hal yang mengakibatkan AC mobil keluarkan bunyi berisik ini, salah satunya ialah:

1. Berlangsungnya Gesekan Dalam mesin AC Mobil

Gesekan ini muncul karena piston yang alami kekurangan oli atau dapat karena mesin AC telah aus karena dipakai kelamaan. Hingga mesin AC bekerja secara berat dan memunculkan bunyi yang berisik.

2. Ada Benda Asing Dalam Mobil

Bungkusukan benda asing dalam mobil harus jadi perhatian. Daun kering atau benda yang lain masuk di dalam mesin AC mobil bisa membuat mesin AC keluarkan bunyi yang cukup berisik.

Ini karena benda asing itu dapat menghalangi performa mesin AC mobil dan berlangsungnya gesekan di antara benda asing itu dengan mesin AC mobil.

Jadi sepanjang penggunaan mobil yakinkan tidak ada beberapa barang yang tidak lumrah masuk di dalam mobil. Yang bekerja di luar ruang terutamanya yang perjalanan ke beberapa daerah. Ini jadi daftar yang tidak dapat terlepas dari perhatian kita.

3. Elemen Mesin AC Dipasang Tidak Akurat

Penempatan mesin AC mobil bisa dilaksanakan sendiri. Tapi penempatan elemen AC yang tidak akurat dapat memunculkan bunyi yang berisik. Itu mengapa selalu dianjurkan untuk ke bengkel AC mobil sah.

Ini karena bila elemen mesin AC tidak dipasang secara akurat, ada sisi yang kendur. Sisi yang kendur itu membuat AC mobil berpijar dan bergetar selanjutnya memunculkan suara yang berisik.

4. Berlangsungnya Kebocoran di Aliran AC mobil

Bila aliran AC alami kebocoran, sisi refigrant akan cepat terkuras dan mengakibatkan refigrant AC jadi cepat habis. Oli yang ada pada bagian refigrant nya akan makin cepat habis.

Bila oli cepat habis, akan berlangsungnya gesekan di bagian piston. Sama seperti yang telah disebut sebelumnya, gesekan piston dapat membuat suara AC mobil jadi berisik.

Baca Juga  Warna Kabel Kiprok Jupiter Z (Yamaha) : 4 Kabel Dan Rangkaiannya

5. Kompresi Pada Compressor yang Lenyap

Compressor AC mempunyai peranan yakni sebagai pemompa udara dari sisi freon ke kondesor dalam AC mobil. Bila performa compressor ini performanya menurun, karena itu udara yang dipompa ke kondesor automatis turut kurang kuat.

Hingga ini memunculkan suara AC yang berisik serta AC dapat tidak jadi dingin sama sekalipun.

6. Magnetic Clucth yang Alami Permasalahan

Sebagai pemakai mobil, pasti kenal dengan istilah magnetic clucth. Magnetic clucth sebagai sisi yang paling paling penting di bagian AC mobil. Bila magnetic clucth memunculkan permasalahan, karena itu performa AC juga memiliki masalah.

Seperti AC yang tidak dingin atau AC dengan suara yang berisik. Apa lagi magnetic clucth ialah penyambung antar mesing dengan compressor.

7. Oli Compressor Kurang

Selain itu salah satu penyebab ac mobil bunyi yaitu oli kompresor kurang. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya suara ngorok akibat adanya gesekan benda logam. Selain itu dapat terjadi karena oli compressor yang kurang, piston dalam compressor aus, atau kendurnya bearing. Sepanjang periode waktu tertentu tidak ada efek. Tetapi makin lama, terkadang AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.

Ciri-ciri dari permasalahan ini ialah timbulnya bunyi ngorok dari compressor. Bila didiamkan, compressor dapat bobol dan harus ditukar baru.

8. Compressor AC Alami Macet

Bila compressor AC alami macet, ini umumnya karena compressor yang diminta bekerja saat alami termal tanpa pembaruan. Yang terjadi setelah itu compressor yang macet. Umumnya muncul karena factor seperti oli compressor yang diisi kebanyakan, oli compressor yang macamnya tidak sesuai dengan, ada mengendapnya lumpur dan kerak dalam compressor AC mobil.

Bila sumber bunyi berawal dari compressor karena itu sangat dianjurkan untuk selekasnya bawa permasalahan ini ke bengkel yang mumpuni. Karena kerusakan bisa makin bertambah dan mengakibatkan ongkos pembaruan bertambah mencolok.

9. Penempatan Fan Belt AC Mobil yang salah

Fan belt yang tidak dipasang dengan cocok, kekecilan, atau kendur bisa mengakibatkan timbulnya bunyi saat AC mobil berpijar. Umumnya bunyi yang dibuat ialah bunyi berdecit.

10. Ada Kotoran di Dalam Mekanisme Blower

Yang banyak menjadi penyebab permasalahan AC mobil yang bunyi berisik muncul karena ada beberapa benda asing yang berputar-putar dalam mekanisme blower. Misalkan daun-daunan, buntel plastik tersisa makanan, potongan kertas, atau serangga yang terjerat dalam mekanisme blower.

Kotoran ini yang mengakibatkan timbulnya bunyi berisik dari dalam mekanisme AC mobil. Untuk menanganinya, umumnya dilaksanakan perombakan blower, pembersihan, dan sterilisasi (terlebih bila bunyi berisik muncul karena ada kecoa dalam mekanisme blower).

Baca Juga  Soket CDI Megapro : 4 Kabel Dan Fungsinya

Cara Mengatasi AC Mobil Bunyi

Pada intinya bunyi berisik mengisyaratkan ada permasalahan yang bila didiamkan, kerusakan dapat makin kronis dan mengakibatkan rusaknya elemen mobil keseluruhannya. Oleh karenanya, permasalahan bunyi dari mekanisme AC mobil harus langsung diperbaiki.

Ada banyak cara untuk mengatasi permasalahan bunyi berisik ini, salah satunya:

1. Tetapkan Sumber Permasalahan AC Mobil Bunyi

Sesudah ketahui penyebab timbulnya permasalahan bunyi dari mekanisme AC mobil, kita pasti jadi tahu elemen mana yang harus dilihat. Sesudah lakukan pengujian semua lengkap, karena itu kita dapat tentukan mana elemen yang penting diperbarui atau diberi perhatian khusus.

Yakinkan untuk memeriksa semua elemen yang kemungkinan jadi sumber permasalahan. Karena sering penyebab permasalahan lebih satu akibat. Janganlah sampai telah capek servis rupanya masihlah ada permasalahan yang lain perlu diperbarui karena tidak dilihat secara baik dan lengkap.

2. Check Apa yang Memiliki masalah dengan Part

Sesudah ketahui apa part yang memiliki masalah, anda dapat tentukan apa hal yang tidak normal pada part itu. Misalkan compressor kekurangan oli, atau rupanya ada part yang patah hingga perlu ditukar.

Apabila anda tidak ketahui apa keadaan normal part AC mobil anda, seharusnya minta kontribusi tenaga professional untuk lakukan pengujian. atau minta pengiringan professional hingga dapat mengajarkan anda.

3. Tetapkan Perbaikan yang Pas

Apa part yang memiliki masalah harus ditukar? Harus dibikin bersih? Atau cukup diservice saja? Anda dapat tentukan sendiri berdasar tingkat permasalahan.

Bila kerusakan berbentuk spare part yang pecah, patah, dan bocor karena itu pergantian perlu dilaksanakan. Tidak boleh memaksain part yang telah alami pengubahan wujud karena umumnya malah memberatkan perform part yang lain hingga part lain akan menjadi lebih cepat hancur.

Bila permasalahan muncul karena spare part salah pasang, kendur, selip, atau permasalahan yang lain dapat diperbarui karena itu dapat anda coba benahi sendiri. Yang paling penting ialah tahu dan percaya bila memakai part lama tidak jadi permasalahan.

Bila permasalahan spare part AC mobil ialah spare part yang kotor atau ada benda asing, karena itu pembaruan AC mobil berisik dapat dilaksanakan dengan lakukan pembersihan AC mobil.

Diatas adalah ulasan terkait ac mobil bunyi baik penyebab ac mobil berbunyi maupun cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion