penyebab mesin diesel pincang

Penyebab Mesin Diesel Pincang : 8 Penyebab Dan Ulasan

Penyebab Mesin Diesel Pincang – Mesin pincang bukan hanya terjadi pada mesin bensin saja melainkan mesin diesel bisa juga alami permasalahan mesin pincang. Keadaan mesin pincang ini berupa guncangan mesin yang berlangsung waktu mesin hidup. Mesin pincang pada mesin diesel dapat disebabkan oleh beberapa hal. Lalu apa saja penyebab mesin diesel pincang?

Keadaan mesin pincang ini gampang diketemukan waktu mesin pada status langsam (idling). Mesin pincang timbul guncangan dan goyangan pada mesin yang lebih keras dari umumnya. Tentu goncangan ini menyebabkan kendaraan menjadi tidak nyaman.

Pada saat putaran mesin dinaikkan, guncangan yang berlangsung pada mesin akan makin jadi membesar. Akan tetapi sesudah melalui rpm tinggi spesifik maka guncangan mesin itu akan lenyap. Waktu perputaran mesin di turunkan, guncangan kembali lagi berasa.Terdapat beberapa penyebab mesin diesel pincang. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab mesin diesel pincang akan diulas pada artikel berikut ini.

penyebab mesin diesel pincang

Penyebab Mesin Diesel Pincang

1. Kompresi ruang bakar rendah

Penyebab mesin diesel pincang yang pertama ialah satu atau beberapa silinder mesin mempunyai kompresi yang rendah. Mesin diesel mempunyai nilai kompresi yang lebih tinggi dibandingkan mesin bensin. Desakan kompresi pada mesin diesel dapat capai 20 sampai 40 kg/cm per silinder mesin.

Permasalahan mesin diesel pincang ini dapat berlangsung saat satu atau beberapa silinder mesin nilai desakan kompresinya lebih rendah dari nilai desakan standar. Sebagai contoh misalnya cuman 2 kg/cm waktu diukur dengan alat kompresi tester. Ada beberapa penyebab kompresi pada ruangan bakar mesin diesel turun yaitu

  • Dinding silinder mesin telah aus
  • Ring piston, terutamanya ring kompresi yang alami macet, aus hingga tidak bisa merapatkan dinding silinder dari kebocoran
  • Valve bocor, baik pada intake atau exhaust

Beberapa kondisi seperti di atas adalah keadaan yang dapat mengakibatkan kompresi pada ruangan bakar begitu rendah serta mengakibatkan tenaga mesin pada silinder yang memiliki masalah itu, hingga waktu mesin hidup, mesin jadi goyang dan pincang.

2. Setel sela katup/ klep tidak pas

Penyebab mesin diesel pincang diantaranya yaitu celah katup / klep yang tidak pas. Hal ini biasanya terjadi akibat celah katup tidak sesuai dengan standar atau lebih kencang dari biasanya.

Baca Juga  Cara Buat Anti Storing Audio Mobil: 6 Prosedur Dan Ulasan

Celah katup yang begitu rapat akan menyebabkan valve (katup) telah tertekan terlebih dulu walaupun cam lobe (benjolan pada camshaft) belum menyentuh puncaknya. Katup yang terus terbuka dan menyebabkan kebocoran kompresi mesin. Kebocoran kompresi mesin karena setel sela katup yang tidak pas berikut yang akan menyebabkan mesin diesel pincang waktu hidup.

3. Tekanan bahan bakar pada Injektor nozzle memiliki masalah

Desakan bahan bakar pada Injektor nozzle memiliki masalah adalah salah satu penyebab mesin diesel pincang. Mesin diesel memerlukan tekanan injeksi yang lumayan kuat untuk membuat pengabutan bahan bakar supaya terbentuk pembakaran yang prima dalam silinder mesin.

Tekanan bahan bakar pada Injektor nozzle sangat memengaruhi keadaan mesin diesel waktu hidup atau ketika mau dihidupkan (start). Berikut merupakan permasalahan yang sering terjadi pada injektor nozzle hingga dapat mengakibatkan mesin diesel pincang

  • Injektor nozzle tersumbat yang mengakibatkan bahan bakar tidak bisa diinjeksikan ke ruangan bakar
  • Hasil injeksi dari Injektor nozzle tidak berupa kabut mengakibatkan pembakaran tidak prima
  • Injektor nozzle mati (spesial mesin diesel type common rail)

Keadaan Injektor nozzle yang tersumbat, hasil spray bahan bakar yang tidak prima, dan injektor nozzle nya mati, maka menyebabkan mesin diesel pincang, bahkan juga pada beberapa keadaan yang fatal mesin jadi macet.

4. Injection pump tidak normal

Penyebab mesin diesel pincang yang selanjutnya ialah karena injection pump yang abnormal. Injection pump abnormal ini terdiri dari desakan bahan bakar yang dibuat dari injection pump ke arah injektor nozzle kurang kuat (di bawah desakan normal) atau elemen injecton pump terjadi keausan hingga perlu dikerjakan kalibrasi ulangi pada injection pumpnya.

Desakan bahan bakar yang kurang dari nilai desakan normal yang diperlukan mesin maka proses pembakaran akan tidak optimal. Pembakaran yang tidak prima ini akan menyebabkan mesin diesel pincang dan goyang waktu mesin dihidupkan. Ketidak normalan injection pump ini dapat berlangsung karena penggunaan bahan bakar solar bermutu rendah dan karena saringan solar kotor.

Baca Juga  Ciri-Ciri Busi Mati : 10 Gejala & Cara Memperbaiki

5. Mekanisme Common rail memiliki masalah

Pada mesin diesel yang memakai mekanisme common rail menggunakan berbagai komponen sensor maupun aktuator. Oleh karena itu saat salah satunya elemen pada mekanisme common rail ini memiliki masalah karena itu menjadi penyebab mesin diesel pincang. Saat berlangsung kerusakan pada komponen common rail dapat menyebabkan mesin menjadi pincang atau berhenti. Oleh karena itu untuk mesin diesel dengan mekanisme common rail perlu dilakukan pengecekan pada beberapa bagian common rail menggunakan scanner.

6. Filter bahan bakar mampet

Salah satunya penyebab mesin diesel pincang ialah sebab filter atau saringan bahan bakar yang mampet. Hal ini menyebabkan supply bahan bakar berjalan tidak lancar. Bila didiamkan mesin mobil diesel akan sulit dihidupkan. Selain itu perputaran mesin mobil memiliki bahan bakar solar ini jadi tidak konstan. Oleh karenanya perlu dilakukan pembersihan ataun penggantian unit filter solar.

7. Mekanisme pengapian abnormal

Pada mesin mobil diesel, mekanisme pengapian memiliki peran penting untuk menghasilkan percikan api busi yang kuat dan konstan, hingga kombinasi udara bahan bakar dalam silinder dapat terbakar sempurna. Kebalikannya apabila sistem pengapian berjalan abnormal atau mungkin tidak konstan, karena itu perputaran mesin juga jadi pincang. Keadaan mekanisme pengapian yang semacam ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada jaringan sistem pengapian seperti busi pemanas, dan lain sebagainya.

8. Kerusakan 4 langkah proses kerja mesin

Pada umumnya, ada empat transisi proses kerja pada mesin mobil diesel. Proses kerja diawali mulai dari langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang. Apabila timbul kerusakan pada salah satu proses kerja mesin diesel maka pembakaran mesin juga jadi memiliki masalah. Penyebab mesin diesel pincang ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Diatas merupakan ulasan mengenai penyebab mesin diesel pincang. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion