Soket Kiprok Mio (Karbu Dan J) : 4 Kabel Dan Ulasannya

soket kiprok mio

Soket Kiprok Mio – Pada sepeda motor terhitung yamaha mio ada banyak elemen kelistrikan, diantaranya yakni kiprok. Pada elemen ini ada banyak soket kabel yang mempunyai peranan berlainan. Lantas bagaimana soket kiprok pada motor yamaha mio?

Sebagai salah satunya komponen kelistrikan pada motor karena itu peranan kiprok penting untuk mengatur arus litrik yang dari aki. Dalam kata lain kiprok berperan sebagai pembatas tegangan pengisian dari komponen spull, sampai arus listrik yang akan keluar masih stabil dan umumnya bertegangan 12 V. Disamping itu elemen ini mempunyai peranan sebagai penyearah arus listrik.

yamaha mio sendiri sebagai motor yang dibuat tahun 2000 an. Karena itu telah jarang-jarang diketemukan sparepart dari yamaha mio. Tetapi untuk proses pembaruan umumnya mempunyai kesamaan dengan motor yamaha keluaran yang terkini. Ini terhitung pada jalur kiprok pada yamaha mio. Karena itu jika terjadi kerusakan pasti perlu pergantian baik pada kabel atau kiprok.

Untuk proses pergantian jalur kiprok mio sendiri pun tidak dapat asal-asalan. Tetapi perlu pengetahuan berkaitan jalur atau kabel yang ada pada soket kiprok. Tiap soket dan warna kabel jika masih standard mempunyai peranan yang lain. Tentu saja pada proses pergantian, tiap soket ini disambungkan dengan elemen yang lain pada kabel kiprok mio. Agar semakin terangnya berkaitan soket kiprok mio akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

Baca Juga  Cara Memasang Gasket Cylinder Head: 3 Prosedur Dan Ulasan

soket kiprok mio

Jalur atau Soket Kiprok Yamaha Mio

Dalam unit kiprok yamaha mio ada banyak elemen electronica. Tiap elemen mempunyai peranan yang perlu yatu sebagai penghubung dengan spul dan penyearah arus listrik karena itu jika terjadi kerusakan pada kiprok bisa mengakibatkan motor macet. Jika ini terjadi karena itu perlu pengujian pada soket kiprok.

Tetapi saat sebelum proses pembaruan perlu mengenal berkaitan jalur atau soket kiprok. Ini karena pada tiap tipe motor mempunyai jalur kabel yang unik. Untuk memudahkan karena itu dapat segera buka manual repair book yang mana tiap jalur diperbedakan dengan code warna.

DisamTerminalg itu pada pemasaran sparepart, soket satu set dengan kiproknya hingga jarang-jarang diketemukan yang dipasarkan terpisah dengan kiprok terhitung pada yamaha mio. Karena itu perlu disiasati jika kiprok pada yamaha mio masih bisa bekerja secara baik sementara yang hancur cuman pada kabel atau lajurnya saja. Agar semakin terangnya berkaitan peranan atau jalur tiap kabel kiprok pada yamaha mio yakni

1. Soket Kiprok Mio J

  1. Soket 1 dengan kabel warna merah itu untuk Aki
  2. Terminal 2 dengan Kabel warna kuning itu untuk Lampu
  3. Pin nomor 3 dengan kabel warna hitam itu untuk Massa
  4. Jalur nomor 4 dengan kabel warna putih itu untuk jalur pengisian yang dari spull

2. Soket Mio Karbu

  1. Pin dengan nomor 1 dengan kabel warna hitam itu untuk Massa
  2. Soket dengan nomor 2 dengan kabel warna putih itu untuk pengisian dari spull
  3. Jalur 3 dengan kabel warna merah itu untuk Aki
  4. Terminal 4 dengan kabel warna kuning itu untuk jalur lampu
Baca Juga  Odometer Mobil Tidak Jalan: 3 Penyebab Dan Perbaikan

Di atas sebagai pembahasan berkaitan soket kiprok mio dan motor dari yamaha lainnya. Tiap jalur akan disambungkan dengan warna kabel yang berbeda supaya memudahkan proses analisis terminal pada kiprok yamaha mio. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.