Ukuran Celah Klep Jupiter Z: Ukuran Dan Penyetelan

Ukuran Celah Klep Yamaha Jupiter Z – Pada motor Yamaha Jupiter ada sebuah elemen yang namanya klep yang perlu dilakukan penyetelan. Namun penyetelan tentu harus dilaksanakan sesuai prosedur termasuk ukuran celah klep. Lalu berapa ukuran celah klep yamaha jupiter z?

Peranan klep jupiter adalah supaya perputaran udara tidak tercampur dengan zat – zat yang dapat mengakibatkan performa motor terusik. Klep tersebut mempunyai ukuran yang tidak sama setiap motornya.

Tidak hanya itu, ukuran kerenggangan klep juga berbeda setiap motornya. Untuk lebih jelasnya terkait ukuran celah klep yamaha jupiter z dan cara menyetelnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ukuran celah klep jupiter z

Ukuran Celah Klep Jupiter Z

Bersamaan pertambahan umur motor membuat beberapa komponennya yang mulai aus, satu diantaranya adalah klep. Klep motor Jupiter yang tak pernah dilihat dapat mengalami perubahan yang dapat mengusik performa motor Jupiter.

Oleh karenanya, pada tiap motor mempunyai standard ukuran kerenggangan klep yang tidak sama. Berikut standard ukuran celah klep atau katup pada motor yamaha jupiter z yaitu:

  1. Yamaha Jupiter old celah katup masuk 0,5 mm dan katup buang 0,08 mm
  2. Jupiter Z celah katup masuk 0,05 mm dan katup buang 0,08 mm
  3. Yamaha New Jupiter MX 135 celah katup masuk 0,10 mm dan celah katup buang 0,15 mm
  4. Jupiter Z1 celah katup masuk 0,08 mm dan katup buang 0,10 mm
Baca Juga  Cara Meluruskan Stir Mobil: 2 Prosedur Dan Ulasan

Ukuran Klep Jupiter

Setelah mengetahui ukuran celah klep atau katup jupiter z maka perlu diketahui pula ukurannya. Klep Jupiter ada dua sisi, yaitu Klep In dan Klep Ex. Klep in berperan untuk mengatur masuknya udara dan bahan bakar ke mesin. Dan Klep Ex berperan untuk atur gas tersisa pembakaran.

Yamaha Jupiter mempunyai ukuran diameter klep yang tidak sama setiap typenya. Berikut adalah daftar ukuran klep Yamaha Jupiter yang terdiri dari:

  1. Yamaha Jupiter old (lama) klep in sebesar 23 mm dan klep buang 20 mm
  2. Jupiter Z katup masuk sebesar 23 mm dan katup buang 20 mm
  3. Yamaha New Jupiter MX 135 klep in sebear 19 mm dan klep buang 17 mm
  4. Jupiter Z1 katup masuk 26 mm dan katup buang sebesar 21.5 mm

Cara Menyetel Celah Klep Jupiter Z

Setelah mengetahui ukuran celah klep atau katup pada motor yamaha jupiter z maka perlu diketahui pula cara menyetelnya. Penyetelan klep motor sebenarnya kebanyakan hampir sama. Cuma langkah-langkah berbeda-beda sedikit sesuai dengan type dan merk. Berikut cara menyetel celah klep atau katup jupiter z yaitu:

  1. Siapkan kunci 24 (pembuka tutup klep), kunci ring 8/9, kunci T 17, kunci klep, filler gauge, dan obeng kembang.
  2. Persiapkan semua dan langsung praktik membuka tutup pertanda pengapian. Terletak di kiri bak oli. Terkadang bisa juga gunakan coin.
  3. Sesudah dibuka, mengambil kunci T17. Lantas putar baut dalam gearbox bersimpangan dengan arah jarum jam, rasakan torsinya saat diputar. Pertanda rada-rada berat.
  4. Putarlah secara perlahan-lahan, yakinkan pertanda top atau ‘T’ dengan cara melihat lubang kecil yang dibuka barusan.
  5. Paling mudah, membuka tutup klep klep in (atas), saat status TOP, klepnya dapat digoyangkan. Jika belum TOP, saat klep disentuh tidak ada pergerakan disana.
  6. Mengendorkan baut klep in (masuk) dengan kunci ring 8, masukan filler 0,07. Putar baut klep dengan kuncinya sampai tekan bilah filler. Coba tarik-dorong bilahnya. Ukuran yang cocok, bilah dapat diambil keluar, tetapi jika didorong ia harus bengkok-bengkok alias serat. Sekedar catatan, ukuran standard pabrik untuk in 0,07 mm dan ex atau buang 0,08 mm.
  7. Untuk menetapkan celah buang harus kurang lebih dengan bilah 0,10 mm dan 0,05 mm. Triknya yaitu mengendorkan setelan, lalu sisipkan filler gauge 0,05, upayakan ia kendur. Tapi bilah yang 0,10 mm tidak muat di celah klep ex.
Baca Juga  Ganti Busi Setiap Berapa Km? Jarak Penggantian Busi

Diatas adalah ulasan terkait ukuran celah klep yamaha jupiter z dan cara menyetelnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -