Kapan Kipas Radiator Mobil Berputar: Waktu Dan Ulasannya

Kapan Kipas Radiator Mobil Berputar – Jika diamati, kipas radiator pada mobil terkadang menyala terkadang mati sendiri. Lalu kapan kipas radiator mobil berputar?

Kipas radiator mempunyai peranan yang cukup penting untuk sistem pendingin mesin. Masalahnya saluran udara yang dibuat dengan jalankan mobil tidak cukup buat mendinginkan temperatur air pendingin mesin. Oleh karena itu, diperlukanlah elemen tambahan yakni kipas pendingin yang sering disebutkan kipas radiator.

Peranan kipas radiator adalah untuk menolong mendinginkan radiator dengan gerakkan udara agar mengucur melalui sirip-sirip radiator. Udara yang mengucur ini akan mempernyerap panas yang berada di sirip-sirip radiator hingga suhu air pendingin bisa di turunkan. (baca: langkah kerja radiator)

Untuk sekarang ini, ada dua mode pendorong yang dipakai buat memutar kipas radiator yakni, memakai tali kipas (fan belt) dan memakai dinamo (motor fan) yang dikendalikan secara electronic. Untuk kipas radiator yang dilakukan oleh fan belt, kipas akan berputar langsung sebentar sesudah mesin baru dihidupkan.

Khusus untuk kipas radiator yang memakai motor fan, kipas tidak langsung akan berputar saat mesin baru dihidupkan, tetapi dia akan menanti peristiwa yang pas sesuai perintah dari Engine Kontrol Unit. Untuk lebih jelasnya terkait kapan kipas radiator mobil berputar akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kapan kipas radiator mobil berputar

Kapan Kipas Radiator Mobil Berputar

Kita mengetahui beberapa mobil saat ini telah memakai kipas radiator elektrik yang hidup dalam waktu tertentu saja. Hal ini berlainan dengan beberapa mobil sebelumnya yang kipasnya automatis berputar saat mesin berpijar.

Hal tersebut rupanya mempunyai tujuan untuk tingkatkan efektivitas performa mesin, karena mesin bisa bekerja dengan maksimal tidak pada temperatur rendah tetapi pada temperatur kerjanya. Temperatur kerja mesin yaitu di antara 70-90 derajat celsius.

Air cooling ini terkadang hidup terkadang mati ditujukan untuk jaga supaya temperatur mesin masih tetap pada temperatur kerjanya. Selain itu saat AC dihidupkan juga kipas langsung hidup walau temperatur mesin masih dingin.

Jadi pada dasarnya, kapan kipas radiator mobil akan berputar yaitu saat mendapati dua keadaan yakni saat temperatur mesin panas, dan saat AC dihidupkan. Terkait kapan kipas radiator mobil berputar akan diulas sebagai berikut:

Baca Juga  Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan: 8 Faktor & Ulasan

1. Saat temperatur mesin melewati temperatur kerja

Kapan kipas radiator mobil berputar yang pertama adalah saat temperatur kerja mesin tercapai. Kemungkinan anda sudah tahu jika saat ini mobil telah dikendalikan oleh tehnologi berbasiskan computer, betul sekali seperti computer ada tiga sisi yaitu input, pengatur dan output. Elemen yang masuk ke input adalah sensor terhitung sensor yang mengetahui temperatur air pendingin (engine coolant temperature sensor).

Elemen pengatur adalah ECU (engine kontrol unit) atau prosesornya mobil, sementara yang masuk ke elemen output adalah semua tipe aktuator seperti injektor, coil dan kipas radiator.

Sama seperti yang saya ucapkan di atas, kipas radiator akan berpijar saat temperatur mesin panas. Lantas bagaimanakah cara ketahui temperatur mesin panas ? itu adalah pekerjaan ECT (engine coolant temperature) sensor.

Prosesnya, ECT yang disebut sensor sejenis thermometer diletakkan pada saluran air pendingin pada selang output mesin. Sensor sejenis thermometer ini peka pada panas, hingga reaksi sensor akan dikuasai temperatur atas sesuatu yang diukur.

Data dari sensor akan dikirimkan ke ECU, pada ECU data akan ditranslate untuk memprediksi temperatur mesin. Jika temperatur mesin telah melewati 90 derajat celcius, karena itu ECU akan aktifkan kipas radiator dengan kecepatan rendah, saat temperatur mesin sukses di turunkan ke tingkat 80 derajat celcius karena itu ECU kembali menonaktifkan kipas.

Arah proses ini adalah untuk jaga agar temperatur mesin selalu terlindungi pada temperatur 80 – 90 derajat yang disebut temperatur paling maksimal untuk memperoleh performa mesin yang efektif. Efektif memiliki arti ada kesetimbangan di antara tenaga yang dibuat dan penggunaan bahan bakar yang ekonomis.

Jika temperatur mesin lebih rendah, karena itu bahan bakar condong mengembun dan susah untuk bersatu dengan udara hingga dampaknya lebih boros, sementara temperatur yang semakin tinggi (dari temperatur kerja) dapat mengakibatkan mesin overheat.

2. Saat AC mobil dalam status ON

Hal ke-2 kapan kipas radiator mobil berputar adalah saat ac bekerja. Kemungkinan orang pemula masih bingung, apa hubunganya kipas radiator dengan AC mobil ? Bukanlah ke-2 nya berlainan seksor, yang satu permesinan mobil dan satunya sistem perputaran kabin.

Baca Juga  Penyebab Motor Brebet Di Putaran Tengah Dan Atas: 6 Faktor & Perbaikan

Kemungkinan anda sudah mengetahui jika sistem AC itu mempunyai elemen kondensor yang berperan mendinginkan refrigerant atau freon. Rupanya kondensor ini berada dimuka radiator, dalam kata lain selainnya untuk mendinginkan radiator kipas radiator berperan untuk mendinginkan freon di dalam kondensor.

Oleh karenanya saat kipas hidup saat AC hidup, kipas sebetulnya bukan sedang mendinginkan radiator tetapi sedang mendinginkan kondensor. Tetapi walau AC mobil dihidupkan, tidak berarti kipas terus berputar sepanjang AC dalam status ON.

Kipas radiator berputar terkadang saja, hal tersebut sama juga seperti radiator yang didinginkan saat temperaturnya melewati 90 derajat. Kondensor didinginkan sesuai temperatur AC yang diharapkan sopir.

Jika pengmudi menyeting temperatur sedang karena itu kipas cuma hidup jarang dengan kecepatan relatif rendah. Tetapi jika sopir menyeting temperatur AC yang rendah, karena itu kipas akan berputar semakin lama dengan kecepatan semakin tinggi.

Prosesnya mengikutsertakan sensor, pengatur dan ouput seperti dalam radiator. Tetapi dalam masalah ini, sensor yang digunakan adalah refrigerant pressure sensor ( sensor yang mengetahui penekanan freon AC) dan sensor temperatur udara AC.

Apa yang terjadi saat kipas radiator mobil berputar terus ?

Setelah mengetahui kapan kipas radiator mobil berputar, lalu bagaimana jika kipas radiator berputar terus? Itu pertanda ada permasalahan, tetapi permasalahan itu tidak cuma berada pada segi elektrikalnya saja, bisa jadi karena perputaran freon mampet hingga penekanan freon teridentifikasi selalu tinggi, hal tersebut akan memacu kipas untuk hidup terus.

Hal yang lain, adalah saat volume air pendingin benar-benar kurang. Itu akan mengakibatkan overheat hingga kipas radiator akan berputar terus-terusan.

Jadi saat merasakan permasalahan kipas elektrik ini berputar terusan, check dahulu sisi non elektrikalnya. Untuk permasalahan yang tersangkut elektrikal mesin, umumnya lampu check engine akan berpijar dan untuk ketahuinya perlu discan memakai scan tool.

Diatas adalah ulasan terkait kapan kipas radiator mobil berputar. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.