jenis pegas

Fungsi Pegas, Dan Jenis – Jenisnya Pada Sistem Suspensi

Fungsi Pegas – Pada sistem suspensi kendaraan terdapat beberapa komponen salahh satunya adalah pegas. Pegas ini memiliki fungsi yang sangat penting agar sistem suspensi dapat bekerja dengan baik. Lalu apa fungsi pegas? Apa saja jenis pegas pada suspensi kendaraan?

Mekanisme suspensi jamin keamanan dan kenyamanan saat mengemudi, yakni dengan meresap getaran, oskilasi atau surprise yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang. Salah satunya elemen dalam mekanisme suspensi ialah pegas atau spring.

Pegas ini bisa kita dapatkan dalam bermacam-macam seperti pegas daun yang memiliki bentuk memanjang, pegas coil yang berupa spiral dan pegas tangkai torsi. Komponen ini bekerja dengan car beroskilasi turun naik. Begitupun dengan pegas yang ada di kendaraan, manfaatnya untuk meresap kejutan dari jalan dan getaran roda-roda supaya tidak dilanjutkan ke bodi kendaraan langsung.

Fungsi pegas ini cukup penting untuk kendaraan roda empat. Terletak berada di kaki-kaki mobil. Pegas adalah elemen utama pada mekanisme suspensi yang bisa menahan getaran. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi suspensi, dan jenis jenis suspensi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Fungsi Pegas

Fungsi pegas adalah untuk meresap kejutan permukaan jalan dan getaran roda-roda supaya tidak dilanjutkan ke bodi kendaraan langsung. Disamping itu berperan untuk menambahkan kekuatan cangkeraman ban pada permukaan jalan. Pegas bisa jalankan fungsi ini sebab karakter elastisitasnya untuk meredam beberapa kejutan yang terterima oleh jalan.

Jenis Jenis Pegas

Saat sebelum mengulas mengenai fungsi pegas, sebaiknya bila Anda terlebih dahulu mengenali beberapa jenis pegas. Setiap jenis mobil umumnya memakai jenis pegas yang berbeda. Pemakaian pegas pada mobil disamakan dengan keperluannya. Berikut beberapa jenis pegas yang kerap diketemukan pada kendaraan.

Baca Juga  Fungsi Intake Manifold: 7 Peran Dan Ulasan nya

1. Pegas daun

Pegas daun adalah salah satu jenis suspensi yang dipakai pada kendaraan berpenumpang atau angkut barang seperti truk atau pick-up. Beberapa jenis mobil MPV keluaran baru ada juga yang memakai pegas jenis ini. Satu diantara keunggulan pegas daun ialah bisa menahan getaran tak perlu tergantung pada elemen lain.

Pegas daun memiliki bentuk meliuk seperti daun pandan. Kontruksi dari pegas ini terbagi dalam pelat baja yang diikat atau diatur jadi satu. Keuntungan dari pegas daun ini ialah sanggup menahan beban yang besar, karena itu pegas ini kerap dipakai pada beberapa mobil angkutan seperti pick up, truk dan lain-lain. Sebab bentuknya untuk beban besar, karena itu pegas ini kurang pas bila dipakai untuk mobil penumpang.

Keuntungan pegas daun

  • Kontruksi simpel

Rugi pegas daun

  • Berat
  • Tidak meresap getaran yang mempunyai frekwensi tinggi

jenis pegas

 

2. Pegas koil

Selain itu terdapat jenis pegas lainnya yaitu pegas koil. Pegas koil seringkali diketemukan pada mobil yang memprioritaskan kenyamanan penumpangnya, seperti mobil sedan. Memiliki bentuk melingkar seperti spiral tinggi. Kelebihan pegas koil berada pada ketahanannya. Pegas ini sanggup meredam beban kejut dengan baik sekali.

Jenis pegas ini mempunyai tahanan atau redaman surprise yang lebih bagus dibanding dengan pegas daun dan tidak ada gesekan di antara pegas (defleksi) yang mengakibatkan getaran pada bodi. Namun tipe ini mempunyai kekurangan waktu menerima kejutan maka kejutan itu akan dibalikkan ke bodi. Oleh karenanya pegas coil mewajibkan dipasang shock absorber.

Baca Juga  Perawatan Sistem Kelistrikan : 7 Bagian & Cara Perawatan

Keuntungan pegas coil

  • Pegas bisa dibikin enteng
  • Meresap getaran yang mempunyai frekwensi tinggi.

Rugi pegas coil

  • Membuat kontruksi dari suspensi susah

jenis pegas

3. Pegas batang torsi

Pegas batang torsi adalah salah satu jenis pegas yang dibuat dari tangkai baja spesial. Walau dibuat dari baja, pegas ini mempunyai karakter plastis dan sanggup meredam puntiran. Ujung tangkai pegas terpasang dibagian kerangka yang tidak menerima puntiran, sedang ujung yang lain terpasang bersatu dengan lengan ayun suspensi (lower arm). Pegas Tangkai Torsi Pegas ini dipakai pada beberapa mobil kecil pada suspensi roda depan.

Keuntungan pegas torsi

  • Paling enteng dibandingkan seluruh pegas yang dipakai pada kendaraan.
  • Suspensi bisa dibikin simpel waktu coil spring dipakai.
  • Secara efisien meresap getaran dengan frekwensi yang tinggi.

Kekurangan

  • Produktifitasnya tidak efektif.

jenis pegas

4. Pegas udara

Paling akhir ada jenis pegas udara. Pegas udara adalah pegas yang manfaatkan udara untuk menahan getaran pada kendaraan. Udara dikompresi dalam satu kantong spesial yang terhubung di lengan suspensi. Dengan demikian, udara yang terkompresi akan melakukan tindakan seperti “bantalan” waktu kendaraan alami getaran.

jenis pegas

​​​​​Diatas merupakan ulasan terkait fungsi pegas, dan jenis pegas. Fungsi pegas ini memiliki peranan yang sangat penting pada kendaraan agar kenyamanan dapat tercapai. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion