AC Mobil Tidak Mau Cut Off: 11 Cara Dan Ulasan

AC Mobil Tidak Mau Cut Off – Ada banyak persoalan pada sistem AC mobil, satu diantaranya ac tidak mau mati secara otomatis. Ini pasti disebabkan karena faktor-faktor. Lantas bagaimana cara mengatasi ac mobil tidak mau cut off?

Saat dingin tidak rata, peluang karena AC mobil tidak mati otomatis. Permasalahan ini biasa terjadi ketika berada kabel putus. Ada cara-cara yang dapat dilaksanakan.

Yang tidak mau ribet karena repot dengan aktivitas, masalah yang lain lebih penting, sudah pasti panduan service ac mobil sendiri ini tidak bermanfaat. Karena lebih bagus memercayakan ke bengkel serviss ac.

Dalam sistem ac mobil sebagai kombinasi beberapa parts, perlengkapan atau elemen yang bekerja hingga kita dapat mengeset suhu kabin dan hasilkan udara dingin pada kabin mobil. Untuk memperjelasnya berkaitan AC mobil tidak mau cut off akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ac mobil tidak mau cut off

AC Mobil Tidak Mau Cut Off

Berikut beberapa cara untuk mengatasi AC mobil yang tidak mau cut off atau mati secara otomatis yaitu:

1. Periksa Kompresor AC

Cara pertama untuk mengatasi ac mobil tidak mau cut off adalah kompresor ac. Kompressor ac mobil terdiri jadi dua elemen khusus yakni kompressor dan magnetic clutch.Check keadaan Compressor ac.

Untuk kompressor ac beberapa poin yang penting dilakukan pengecekan adalah check keadaan fisik. Apa ada oli yang melekat pada dinding kompressor.

Jika ya memiliki arti terjadi kebocoran pada kompressor. Tapi juga perlu untuk cari tahu darimanakah hadirnya oli apa dari compressor atau mungkin dari mesin.

Sisi sisi dari kompressor ac yang umum jadi penyebab bocor freon yang bersatu dengan oli salah satunya pada:

  • packing di antara front cover dan back cover,
  • ikatan pipa ac pada kompressor baik pipa low atau pipa high,
  • reliev valve atau seal shaft kompresor.
  • Dan pengecekan kerja kompressor ac dalam memompa refrigerant dapat disaksikan dengan memakai manometer gauge ac mobil.

2. Periksa Kopling Magnet

Kopling magnet pada compressor ac mobil berperan untuk mengubungkan perputaran mesin lewat puli kompressor. Pada compressor ac mobil ada:

  • puli,
  • armature assembly atau center piece
  • gulungan spull dalam puli, secara bersama disebut sebagai magnetic clutch assy atau kopling magnet ac mobil

Pengecekan untuk kopling magnet ini dapat disaksikan secara fisik salah satunya:

  • Lihat apa armature assembly atau center piece tertarik oleh magnet saat ac hidup
  • Lihat pergerakan saat tersambung apa langsung tersambung atau selip lebih dulu.
  • Amati juga bunyi saat tersambung apa kedengar keras atau kurang kuat.
  • Jika saat tersambung kedengar bunyi keras besi sama besi berati terjadi keausan permukaan armatur assembly dengan permukaan puli. Atau ada jarak atau sela yang terlampau jauh.
Baca Juga  Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem : 5 Penyebab Dan Ulasan

Dan akibatnya karena jarak yang terlampau jauh akan bawa karena terkadang tersambung dan terkadang tidak tersambung terlebih bila temperatur compressor telah panas. Kenapa? Karena kekuatan magnet untuk menarik center piece menyusut saat panas.

Dan dari ini kita akan rasakan ac terkadang mati dan ac terkadang hidup. Ini sebagai karena sela di antara center piece dan permukaan puli yang terlampau jauh. Jarak di antara puli dan center piece yang bagus ada di 0,25mm sampai 0,5mm.

3. Kondensor AC

Selain itu perlu juga dilakukan pemeriksaan pada kondensor ac untuk mengatasi ac mobil tidak mau cut off. Secara fisik pengecekan kondensor ac dapat di kerjakan secara menyaksikan sirip-sirip pada kondensor. Cheklah:

  • Adakah ada basah oli ac yang mengisyaratkan ada kebocoran pada kondensor dan check.
  • Adakah kelihatan sirip tertekuk atau kotoran yang kurangi pendinginan kondensor.

4. Pipa

Check pipa ac baik pipa flexible atau pipa aluminium kemungkinan dari bocor maupun peluang bersinggungan dengan sisi mobil lainnya, yang menjadi penyebab berlangsungnya kebocoran.

Ikatan-sambungan kemungkinan dari bocor yang diikuti dengan kelihatan basah oleh oli ac pada ikatan pipa ac itu juga perlu dilakukan pengecekan.

Check Servis Valve dari kebocoran yang kemungkinan terjadi. Hhal yang serupa bisa juga dipandang bila terjadi bocor pada servis valve akan kelihatan basah dengan sisa oli disekitaran service valve (pentil pada pipa ac untuk isi dan buang freon) itu.

5. Receiver Drier

Receiver drier ini berperan untuk memfilter kotoran supaya tidak maju ke katup expansi. Untuk ac mobil dengan type receiver drier yang terpisah dari kondensor diperlengkapi dengan sight glass dan pressure switch.

Untuk pengecekan receiver drier type terpisah dengan kondensor yang umumnya bertipe T atau type L, check kemungkinan dari sisa oli ac disekitaran ikatan IN dan OUT karena di bagian ini kerap terjadi kebocoran freon atau oli ac karena sil yang mengeras maupun ikatan pipa ac yang tersambung kurang keras.

Perlu disaksikan keadaan freon lewat sight glass yang ada pada atas receiver drier apa sight glass kelihatan bersih atau hitam, bila kelihatan kehitaman pikirkan untuk pergantian receiver drier dan check ac mobil keseluruhannya ke bengkel service ac mobil.

Untuk kabel pressure switch check keadaan socket dan kabel yang tersambung apa kelihatan pada keadaan tersambung secara baik atau tidak.

6. Pemeriksaan Katup Ekspansi

Untuk ekpansi Valve atau katup expansi pada ac mobil ada banyak tipe. Tipe expansi valve yang dapat kita check keadaannya di luar adalah katup expansi yang bebentuk kotak.

Meskipun expansi berupa kotak ini juga ada pula yang di taruh di rumah evaporator, bergantung konstruksi evaporator. Contoh pada umumnya mobil dari Toyota pengembangan Valve ini dapat disaksikan di luar. Dan gampang untuk bongkar-pasang tanpa buka Evaporator.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Aki Basah : 6 Cara Dan Ulasannya

Dan untuk pengujian dengan gampang adalah dengan menyaksikan keadaan secara fisik apa ada sisa oli ac yang ada di sekitaran katup expansi itu. Ini mengisyaratkan terjadi bocor pada seal ikatan pipa ac.

Dan type katup expansi yang berada di rumah evaporator, kita tidak dapat menyaksikan ondisi secara fisik. Tapi dapat dipandang kerja nya dari penekanan yang di ukur. Yang ini kemungkinan semuanya orang tidak dapat menyaksikan keadaannya terkecuali mekanik. Hal ini dapat dilakukan untuk mengatasi ac mobil tidak mau cut off.

7. Pemeriksaan Evaporator

Pengecekan atau pengujian dengan gampang keadaan Evaporator dapat dilaksanakan dengan rasakan embusan angin lewat grill ac.

Bila berasa angin kurang kuat dan dampak yang diakibatkan nya adalah ac kurang dingin. Kadang angin tidak keluar untuk beberapa type ac mobil. Tidak ada kelirunya lakukan pembersihan evaporator karena kotor.

8.Pemeriksaan Blower

Pengujian blower dengan gampang bisa juga dilaksanakan dengan dengarkan perputaran blower apa kedengar kasar atau mungkin ada beberapa suara lain dari blower. Seumpama adalah ada dedaunan kering yang masuk ke blower atau bunyi blower yang disebabkan karena bushing motor blower yang telah aus. Hingga saat ac hidup kedengar bunyi yang keras dari motor blower ini.

9.Pemeriksaan Fan Kondensor

Fan kondensor maupun sebagai satu sama fan radiator perlu kita check kecepatan embusan angin, arah embusan angin dan keadaan socket kabel pada fan condensor itu. Untuk ini bila fan condensor mati pada beberapa type mobil jadi penyebab naiknya suhu mesin saat ac dihidupkan.

10. Pemeriksaan Drive Belt

Drive belt pada ac mobil menyambungkan di antara puli kompressor ac dengan puli cranksaft mesin. Pengujian dapat dilaksanakan dengan menyaksikan keadaan apa kelihatan retak-retak atau masih tetap baik.

Bila kelihatan rengat,cara bagusnya adalah di tukar,menghindar putus di tengah-tengah jalan. Karena drive belt ac mobil ini pada beberapa merk dan type mobil bersatu dengan perputaran water pump dan Alternator.

Bila putus di tengah-tengah jalan tidak saja ac mobil yang tidak dingin, tapi pendinginan mesin dan pengisian accu dari Alternator tidak bekerja.

11. Pemeriksaan Freon AC

Pengecekan jumlah freon atau langkah check freon pada ac mobil dapat di kerjakan dengan manual lewat sight glass yang ada pada receiver drier.

Bila sistem ac memakai receiver drier sebagai satu sama kondensor, karena itu sight glass ini berada pada aliran pipa penekanan tinggi. Hal ini dapat juga digunakan untuk mengatasi ac mobil tidak mau cut off.

Diatas adalah ulasan terkait ac mobil tidak mau cut off. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion