Cara Mengatasi Mesin Diesel Ngobos: Ciri Dan Penyebab

Cara Mengatasi Mesin Diesel Ngobos – Mesin diesel ngobos merupakan kerusakan yang sangat penting pada motor diesel dan bagian kerusakan yang kronis. Lantas bagaimana cara mengatasi mesin diesel ngobos? Apa ciri ciri mesin diesel ngobos? Dan apa penyebab mesin diesel ngobos?

Perawatan yang kurang pada mesin diesel sudah tentu dapat mengalami berbagai kerusakan. Hal ini karena perawatan mesin salah sampai menyebabkan mesin diesel harus turun mesin. Perawatan periodik harus dikerjakan pada mobil yang menggunakan mesin diesel agar lebih bertahan lama dan tidak mudah remuk.

Jika anda salah perawatan dapat menyebabkan mesin diesel ngobos atau loose power, sampai mengharuskan mobil turun mesin. Perlu anda ketahui turun mesin adalah satu satu perbaikan mesin yang mengalami kerusakan akut, sampai mesin diesel harus dibongkar dari kendaraan untuk diperbaharui.

Dampak lain dari kurangnya perawatan pada mesin diesel adalah suara yang muncul ketika mobil dinyalakan akan terdengar lebih kasar. Untuk memperjelas berkaitan cara mengatasi mesin diesel ngobos, ciri-ciri, dan penyebab akan dibahas pada artikel di bawah ini.

cara mengatasi mesin diesel ngobos

Cara Mengatasi Mesin Diesel Ngobos

Mesin diesel yang disebutkan heavy duty engine sanggup bekerja pada kondisi extreme. Tapi perawatan yang kurang bahkan salah dapat memicu persoalan pada engine diesel yang membuat harus turun mesin. Ini sebagai salah satu cara untuk mengatasi mesin diesel ngobos.

Turun mesin sendiri adalah panggilan untuk sebuah mesin yang mengalami kerusakan akut sampai mengharuskan mesin dibongkar dari kendaraan untuk kebutuhan penyempurnaan. Proses ini bisa memakan waktu sampai beberapa hari. Ini yang sering dirasa pengguna kendaraan saat mesin mobilnya mengalami kerusakan dasar yang penting. Dengan kata lain cara mengatasi mesin diesel ngobos juga dengan perawatan, namun jika sudah terlanjur maka diperlukan perbaikan atau turun mesin.

Dari bermacam kasus, diesel engine berteknologi common rail menjadi mesin yang paling sering mengalami kerusakan dasar. Selain perawatan yang kurang cocok, kesalahan oli sampai bahan bakar dapat memicu terjadinya kerusakan dasar. Dibandingkan mesin bensin EFI, mesin diesel ini memiliki proses kerja yang lebih ekstrim.

Cara mengatasi mesin diesel ngobos dengan cara turun mesin memakan waktu yang cukup lama. Untuk mengetahui hal tersebut maka dapat memperhatikan artikel lengkap berikut ini berkenaan cara mengatasi mesin diesel ngobos atau loss power di mana mengharuskan turun mesin.

Ciri Ciri Mesin Diesel Ngobos

Sesudah ketahui cara mengatasi mesin diesel ngobos karena itu harus dipahami beberapa ciri cirinya yaitu:

Baca Juga  Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter: 10 Penyebabnya

1. Asap Knalpot Warna Putih

Ciri ciri pertama mesin diesel ngobos adan asap knalpot putih. Gas buang pada kendaraan menjadi satu dasar yang memberi kondisi mesin kendaraan. Jika asap mobil anda warna putih, karenanya bisa di optimis bila ada oli yang ikut terbakar saat cara usaha mesin. Oli itu bisa saja masuk melalui intake manifold atau masuk dari ruang engkol karena silinder alami keausan.

2. Susah Start Saat Pagi Hari

Ciri-ciri selanjutnya mesin diesel ngobos dapat di rasakan adalah mesin sulit dihidupkan saat pagi hari atau waktu kondisi mesin dingin. Persoalan itu ada karena penekanan kompresi mesin kecil dan suhu mesin masih dingin. Penekanan pada kompresi tidak mampu membakar solar yang diinjeksikan saat langkah usaha.

Biasanya mesin akan hidup setelah dicoba proses cranking, biasanya 5 sampai 8 kali start. Seperti yang sudah anda ketahui bila mesin diesel memiliki penekanan kompresi cukup tinggi. Nilai itu bukan tanpa argument, sebagai self combustion engine mesin diesel harus memiliki suhu kompresi tinggi. Pengurangan itu dapat karena kebocoran kompresi melalui di antara piston (keausan silinder) atau karena kerusakan busi pijar.

3. Tenaga Mesin Berkurang atau Ngobos

Selain itu ciri-ciri ketiga mesin diesel ngobos masih berkaitan dengan persoalan keausan silinder. Mesin akan mengalami loss power atau ngobos. Ini akan terasa saat mobil jalan pada daerah pegunungan tiba-tiba saja tenaga mesin mobil menjadi berkurang. Seterusnya persoalan engine loss power memang dapat dikarenakan oleh banyak komponen. Tapi saat persoalan ini terjadi dengan 2 ciri-ciri di atas, bisa dipertegas mesin harus di lakukan pembongkaran.

4. Oli Mesin Berkurang

Seperti sudah kita jelaskan di atas pada ciri-ciri pertama, asap putih pada knalpot memberi tahu bahwa ada kandungan oli yang ikut terbakar saat proses pembakaran terjadi. Jika anda sering melakukan pengetesan oli stick, karenanya dapat dilihat kondisi oli mesin akan berkurang. Tanda berkurangnya oli mesin memang bisa disebabkan kebocoran pada beberapa titik. Tapi untuk kebocoran oli mesin mengharuskan mesin alami penurunan.

5. Suara Mesin Jadi Lebih Kasar

Ciri-ciri terakhir mesin diesel ngobos dapat dilihat dari suara mesin menjadi lebih kasar, karena suara itu timbul akibat masalah terjadi pada mesin mobil. Jika biasanya mesin terdengar lebih clean dan tenang, saat terjadi persoalan serius pada mesin sudah tentu akan berlainan suaranya menjadi lebih kasar dan berasap. Hal ini sama ketika ada kerusakan pada bearing sampai komponen mesin berada di luar batas penggunaan.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil: 3 Prosedur & Ulasan

Penyebab Mesin Diesel Ngobos

Setelah cara mengatasi mesin diesel ngobos dan ciri cirinya maka perlu diketahui penyebabnya. Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab mesin diesel ngobos diantaranya yaitu:

1. Silinder alami keausan

Penyebab pertama mesin diesel ngobos adalah ada peluasan diameter silinder mesin yang berpengaruh pada kecilnya penekanan kompresi yang dibuat, atau dalam kata lain silinder alami keausan. Penekanan kompresi kecil, karenanya daya yang dibuat berkurang. Untuk mengatasinya, kita harus membubut ulang silinder atau menggantinya. Untuk kerjakan hal tersebut, karenanya mesin harus dilepaskan dari Mobil.

2. Ring piston alami keausan

Keausan ring piston akan punya pengaruh pada penekanan kompresi yang kecil. Untuk kerjakan penggantian, karenanya semua segi mesin harus dilepaskan karena ring piston ada pada jantung mesin atau piston. Pemicu keausan ring dan silinder jadi penyebab umum mesin diesel alami turun mesin atau ngobos.

3. Terjadi pemuaian timing chain

Pada beberapa mesin diesel yang menggunakan timing chain akan mendapatkan permasalahan ini. Saat timing chain mulai kondor atau memuai, suara mesin semakin berisik dan ada sedikit persoalan pada perform mesin. Untuk melakukan proses perbaikan, beberapa model mesin bisa dikerjakan pergantian tanpa menurunkan mesin. Tapi jika ruang mesin terbatas, jadi tidak ada cara lain selain melepas mesin dari Mobil.

4. Engine Locked

Engine locked atau kuncian terjadi saat mesin tiba-tiba macet dan tidak dapat start kembali. Persoalan ini ada karena mesin alami overheat atau kekurangan oli mesin. Sampai ring piston akan melukai dinding silinder yang akan mengganggu pergerakan piston. Untuk melakukan perbaikan, karena itu penting merombak komponen mesin.

5. Batang piston bengkok

Batang piston atau connecting rod yang bengkok menjadi penyebab mesin diesel ngobos. Connecting rod bisa bengkok karena ada banyak air yang masuk ke ruang piston. Air ini tidak dapat di kompresi sampai saat piston ke arah atas, batang piston akan bengkok. Air ini dapat masuk umumnya saat mobil libas banjir dengan ketinggian yang melalui lubang intake.

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara mengatasi mesin diesel ngobos, cir ciri, dan penyebab. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.