cara menyetel klep

Cara Menyetel Klep : 8 Prosedur Penyetelan

Cara Menyetel Klep – Dalam sebuah sepeda motor terdapat berbagai perawatan dan penyetelan. Salah satunya cara yaitu dengan cara menyetel klep untuk meningkatkan perfoma mesin. Lalu bagaimana cara menyetel klep yang benar?

Dalam satu sepeda motor ada banyak elemen yang selalu harus kita menjaga keadaannya supaya motor tetap dalam kondisi sempurna dan bugar. Dari berbagai elemen yang ada pada suatu motor yang selalu harus memperoleh perhatian ialah klep motor. Apakah itu klep motor dan apa manfaatnya?

Peranan dari klep motor adalah untuk membuat tarikan motor masih pada keadaan konstan dan sempurna seperti baru. Oleh karena itu penyetelan ulang dalam periode tertentu akan memberi dampak yang baik. Seandainya cara menyetel klep motor yang dikerjakan sama dan ditangani secara baik dan betul seperti saat kita menyervice karburator mobil atau karburator motor. Dengan menyetel klep motor, karena itu kita dapat mengendalikan kombinasi gas yang dari karburator supaya bisa masuk dengan prima ke ruangan bakar mesin.

Klep berperan untuk mengendalikan masuknya kombinasi udara dan bahan bakar ke mesin. Jadi apabila penyetelan klep kurang cocok maka berpengaruh terhadap performa motor yang menjadi kurang maksimal dan berasa lemah waktu berakselerasi. Apabila mengalami hal ini maka perlu untuk menyetel klep motor.

Ukuran klep motor tidak besar namun memiliki pengaruh yang sangat besar sehingga penyetelan klep harus betul sesuai standard pabrikasi. Dengan kata lain klep jangan sampai begitu renggang atau begitu rapat. Dengan melakukan penyetelan ulang pada klep motor sama halnya dengan mengembalikan jarak renggang klep atau valve motor yang umumnya akan berubah akibat penggunaan motor secara periodik. Untuk lebih jelasnya terkait cara menyetel klep akan diulas lebih jelas pada artikel berikut ini.

cara menyetel klep

Cara Menyetel Klep

1. Mempersiapkan Alat Dan Bahan

Saat sebelum menyetel klep motor, yakinkan kalian sudah mengetahui jarak sela klep yang betul. Akan sia-sia jika kita sembarangan dalam menyetel, sebab tempatnya dapat begitu renggang atau begitu meeting. Disamping itu, kalian harus juga mempersiapkan beberapa alat untuk setel klep motor. Tentang hal alat-alatnya silakan baca berikut ini.

Alat Yang Diperlukan Untuk Setel Klep Motor

  • Feeler Gauge / Pengukuran Setel Klep
  • Obeng minus
  • Kunci sock
  • Kunci klep motor
  • Obeng minus
  • Kunci ring 18

Untuk stel klep motor kita harus mempunyai seluruh alat di atas. Alat yang diperlukan benar-benar tidak asal-asalan, sebab harus ada Feeler Gauge yang berperan selaku pengukuran sesudah klep. Disamping itu, kita memerlukan kunci spesial untuk stel klep motor.

Baca Juga  Cara Mematikan Alarm Mobil : 5 Cara Dan Ulasannya

Untuk motor spesifik seperti Honda GL memerlukan kunci ring 8 mm dan kunci 10 mm. Disamping itu, kita harus mempersiapkan kunci sock supaya bisa sesuaikan ukuran klep dengan baut pada as magnet. Nah sesudah mempersiapkan seluruh alat di atas, karena itu seterusnya silahkan kita awali menyetel klep motor.

2. Mengecek timing pengapian

Langkah awal cara menyetel klep yang benar ialah membuka lubang poros engkol. Kemudian membuka tutup lubang pengecekan sinyal pengapian. Untuk membukanya kita harus memakai obeng minus. Hal ini untuk memastikan keadaan mesin sudah TOP.

3. Memposisikan Timing Pada TOP

Apabila belum sesuai dengan tanda T pengapian sesudah lubang poros engkol terbuka maka perlu memutar poros engkol memakai kunci shock dengan arah bersimpangan jarum jam. Selanjutnya tepatkan tanda “T” yang tercantum pada rotor magnet (sepul) yang ada di lubang sinyal pengapian.

4. Membuka Tutup Lubang Penyetel Klep

Langkah selanjutnya untuk menyetel klep yaitu membuka tutup lubang penyetelan klep. Tutup ini biasanya terdapat pada bagian cop cylinder head. Ada dua tutup penyetel klep yang terletak atas bawah. Untuk membukanya harus menggunakan kunci klep.

5. Memastikan Kondisi Mesin Sudah Pada Posisi TOP

Sesudah lubang penyetelan klep terbuka maka perlu memeriksa apakah klep dapat bergoyang atau mungkin tidak. Jika klep tidak dapat digoyangkankan maka harus memutar sinyal poros engkol 360 derajat sampai sinyal “T” di rotor magnet kembali lagi dan nampak dari lubang pengecekan sinyal pengapian. Pastikan klep dapat digoyangkan.

6. Menyetel Klep

Selanjutnya yaitu proses penyetelan klep. Cara menyetel klep motor yang pertama dengan memasukkan feeler gauge ke dalam sela rocker arm dan noken as. Feeler Gauge itu berperan untuk menghitung celah hasil penyetelan klep.

Cara memakai feeler gauge sebenarnya gampang. Pertama, cukup memasukkan feeler gauge dengan ukuran 0.05. Apabila masuk maka coba kembali sama ukuran semakin besar, seperti 0.10 mm, dan seterusnya. Jika feeler gauge dengan ukuran 0.10 mm bisa masuk maka harus dilakukan penyetelan klep. Sebaliknya jika ukuran 0.10 mm tidak dapat masuk maka tak perlu melakukan penyetelan sebab celah klep sudah sesuai.

Untuk menyetel klep perlu mengendorkan mur pengunci pada skrup penyetelan memakai kunci ring 8 mm. Kemudian menggunakan kunci khusus stel klep supaya bisa memutar skrup penyetelan klep. Selanjutnya putar skrup itu sejalan dengan arah pengencangan.

Baca Juga  Cara Identifikasi Terminal Regulator : 3 Cara & Ulasannya

Kemudian melakukan pengujian dengan menggunakan feeler gauge ukuran 0.05 mm apakah bisa masuk dengan rapat atau mungkin tidak. Apabila celah telah rapat maka penyetelan klep motor telah berhasil. Sesudah usai melakukan setel klep maka tinggal mengencangkan mur pengunci.

7. Memasang tutup lubang penyetelan klep dan pengecekan sinyal pengapian

Langkah selanjutnya untuk menyetel klep yaitu memasang kembali tutup lubang penyetelan klep. Selain itu jangan lupa tutup kembali lagi lubang pengecekan sinyal pengapian dan tutup lubang kutub engkol

8. Mencoba hasil penyetelan klep

Langkah paling akhir dari cara menyetel klep yang benar adalah mencoba atau melakukan tes drive untuk memastikan penyetelan klep berhasil. Rasakan ketidaksamaan perform motor, sebelum dan setelah menyetel klep. Apabila perfoma meningkat dan tidak ada bunyi dari ruang klep maka dipastikan klep sudah tersetel dengan baik.

Akibat Penyetelan Klep Yang Tidak Sesuai Standar

1. Jarak Klep Begitu Renggang

Terdapat beberapa hal yang menjadi dampak apabila jarak klep begitu renggang yaitu:

  • Tarikan mesin berasa lemah waktu berakselerasi
  • Mesin jadi cepat panas
  • Motor jadi sulit dihidupkan atau distarter
  • Akan kedengar bunyi ngelitik waktu motor dihidupkan
  • Idle motor jadi terusik

Jika sejauh ini kalian berasa motor berasa kurang bertenaga, walau telah tarik gas dalam-dalam, maka kemungkinan besar disebabkan oleh jarak klep yang begitu renggang. Lebih parahnya kembali, mesin motor akan berasa cepat panas dan kedengar bunyi ngelitik yang paling menggangu.

2. Jarak Klep Begitu Meeting

Terdapat beberapa tanda atau gejala apabila jarak klep begitu rapat yaitu:

  • Kompresi mesin jadi menyusut sebab berlangsung kebocoran
  • Motor jadi boros BBM
  • Mesin motor sulit dinyalakan
  • Perform motor akan jauh menyusut hingga tarikan mesin berasa lemah dan kurang bertenaga
  • Mesin motor tidak dapat langsam

Apabila klep terlalu rapat maka dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar boros. Mesin motor menjadi susah untuk dinyalakan, hingga bisa menggangu rutinitas setiap hari. Supaya tidak alami hal itu, karena itu kalian harus menyetel ulangi klep motor.

Diatas merupakan cara menyetel klep yang benar atau sesuai prosedur. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyetel klep sehingga perfoma mesin dapat meningkat. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion