Prinsip Dasar Motor Starter Adalah : Cara Kerja & Ulasan

prinsip dasar motor starter adalah

Prinsip Dasar Motor Starter Adalah – Dalam melaksanakan kinerjanya, motor starter bekerja untuk merubah energi listrik menjadi gerak. Prinsip dasar motor starter adalah adalah aturan tangan kiri fleming.

Namun sebelumnya, bersamaan mengembangnya tehnologi nyaris di semua produk sepeda motor sudah diperlengkapi dengan starting sistem yang berperan sebagai tombol alternative untuk hidupkan mesin kendaraan.

Dengan adanya komponen ini maka tak perlu keluarkan tenaga lebih buat mengengkol kick starter-nya. Untuk lebih jelasnya terkait prinsip dasar motor starter adalah akan diulas pada artikel berikut ini.

Prinsip Kerja Mekanisme Motor Starter

Sebetulnya cara kerjanya pada motor starter cukuplah sederhana, di mana stater kendaraan akan mengganti dari energi listrik jadi energi teknisi dengan manfaatkan fleming left hand.

Energi teknisi berikut yang membuat kendaraan meluncur saat Anda memutar handle gas motor. Saat mesin dihidupkan, peluang Anda dengar suara mesin bekerja yang dari arus listrik yang sedang mengucur pada konduktornya. Sedang konduktornya sendiri tidak ada di medan magnet.

Berdasar keterangan ringkas itu, bisa dijumpai jika prinsip cara kerja mekanisme starter kendaraan nyaris sama dengan prinsip kerja yang dipunyai oleh generator.

Tetapi yang membandingkan ke-2 nya, yakni generator mempunyai prinsip untuk mengganti energi teknisi ke energi listrik. Sedang motor starter malah mempunyai prinsip yang berkebalikan.

Lantas bagaimanakah cara kerja dari tombol starternya? Silakan statuskan kunci contact pada pertanda “on” lebih dulu. Tindakan ini menghidupkan energi listrik pada battery yang diteruskan kesemua mekanisme kelistrikan kendaraan. Kemudian, tekanlah tombol starter bertepatan dengan tekan ke-2 rem kendaraan. Secara automatis mesin akan berpijar dan siap dipakai.

Baca Juga  Fungsi Steering Column, Jenis, Dan Cara Kerjanya

prinsip dasar motor starter adalah

Prinsip Dasar Motor Starter

Prinsip dasar motor starter adalah bekerja dengan cara mengganti energi listrik jadi energi teknisi (tenaga putar). Proses ini manfaatkan hukum aturan tangan kiri Fleming (fleming left hand).

Aturan tangan kiri Fleming menerangkan jika “Jika ada arus listrik mengucur pada suatu konduktor sementara konduktor itu ada dalam medan magnet, karena itu konduktor itu akan bergerak dan tergerak sama sesuai garis gaya magnet yang diperlihatkan dengan aturan tangan kiri fleming”.

Arus listrik yang mengalir yang memiliki arah garis gaya magnet dan arah gaya dorongan yang terjadi pada konduktor. Ketiga hal tersebut diperlihatkan dalam tiga jemari tangan kiri.

Ibu jemari (jempol) memperlihatkan ke mana arah konduktor bergerak, jemari telunjuk memperlihatkan arah medan magnet dari kutub utara (N,North) ke kutub selatan (S, South), sedang jemari tengah memperlihatkan arah arus listrik yang mengucur dalam konduktor.

prinsip dasar motor starter adalah

Aturan Tangan Kiri Fleming Pada Motor Starter

Pada motor starter, aturan tangan kiri Fleming ini selanjutnya dikembangkan sebegitu rupa hingga pergerakan konduktor menjadi pergerakan berputar-putar. Lihat pada pola simpel mengenai prinsip kerja motor starter pada gambar di bawah ini

Saksikan gambar di atas pas di bagian armature. Di bagian armature, kawat konduktor yang ada dalam medan magnet dibikin mirip huruf U. Ini akan membuat arah arus listrik yang masuk mempunyai arah yang kebalik dengan arah arus listrik yang keluar.

Beralihnya arah arus yang masuk dan keluar akan memengaruhi gaya dorong yang dibuat masing-masing konduktor. Mengakibatkan, konduktor ini akan berputar-putar saat arus listrik mengucur. Lihat arah gaya dorong konduktor pada gambar di bawah berikut

Baca Juga  Alat Ukur Elektrik : 13 Jenis Dan Ulasan

Karena konduktor itu diletakkan pada suatu kutub/shaft, mengakibatkan gaya putar yang dibuat akan ada secara berkaitan. Supaya saluran listrik masih tetap mengucur ke konduktor yang berputar-putar itu karena itu dipakailah komutator dan sikat (brush) di bagian ujung masing-masing kawat konduktor.

prinsip dasar motor starter adalah

Komponen Motor Starter

Bila kita lihat pada elemen motor starter, karena itu kita dapat mendapati jika:

  1. Kumparan medan (Field Coil) ini berperan sebagai magnet tidak tetap (bekerja secara elektromagnet) yang kemampuan medan magnetnya akan diperkokoh oleh pole core. Masing-masing kumparan medan di dalam yoke ini diatur sebegitu rupa hingga bisa keluarkan garis gaya magnet yang bergerak dari kutub utara ke kutub selatan.
  2. Selain itu terdapat armature coil ini memiliki peran sebagai kawat konduktor yang dapat memutar sesuai arah gerak konduktor sesuai aturan tangan kiri fleming.
  3. Komutator berperan sebagai penyambung kumparan kawat konduktor di armature
  4. Carbon brush (sikat arang) berperan untuk menyalurkan arus listrik dari kumparan medan ke armature coil lewat komutator lalu ke massa/ground.

Prinsip dasar motor starter adalah secara umum nyaris menyamakan prinsip kerja generator listrik (Alternator). Tetapi perbedaannya, generator listrik mengganti energi teknisi (perputaran) jadi energi listrik sedang motor starter bekerja kebalikannya.

Diatas merupakan ulasan terkait prinsip dasar motor starter. Prinsip dasar motor starter adalah perlu dipahami agar dapat memperbaiki kerusakan pada motor starter. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -