Penyebab Bensin Tidak Masuk Ke Ruang Bakar: 3 Faktor

Penyebab Bensin Tidak Masuk Ke Ruang Bakar – Penyebab bensin tidak masuk ke ruang bakar motor anda kemungkinan karena ada persoalan bidang pengabutan. Lalu apa saja penyebab bensin tidak masuk ke ruang bakar?

Persoalan bensin tidak masuk ke ruang bakar ini cukup kerap dirasakan oleh beberapa pengendara motor yang memakai karburator. Tanda-tanda yang biasa terjadi adalah motor sulit di nyalakan apabila pada kondisi jalan motor seperti kekurangan bensin. Hingga persoalan bensin tidak turun ini harus selekasnya dicari pemicunya.

Saat bensin tidak turun, kita umumnya memancingnya dengan tutup moncong karbu dengan tangan sambil di stater atau di celah. Memang ini dapat menolong hidupkan motor, tetapi bila lalu saat di kendarai mendadak mati, bagaimana?

Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan bensin tidak masuk ke ruang bakar. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab bensin tidak masuk ke ruang bakar akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab bensin tidak masuk ke ruang bakar

Penyebab Bensin Tidak Masuk Ke Ruang Bakar

Berikut merupakan beberapa faktor penyebab bensin tidak turun dan tidak masuk ke ruang bakar motor yang sempat saya rasakan sejauh ini:

1. Selang dan Filter Bensin Kotor

Pada motor karburator, bensin yang di tampung di bak motor mengucur dengan alami ke karburator karena ada style gravitasi. Dari karburator bahan bakar di kabutkan jadi sejumlah partikel kecil yang bersatu dengan oksigen untuk di lanjutkan ke mesin untuk di bakar.

Baca Juga  Tekanan Ban Xpander: Tekanan Dan Ulasan

Apa yang terjadi bila selang atau filter bensin motor kamu kotor? Pasti saluran bensin yang kudunya menyuplai pembakaran jadi terhalang. Umumnya tanda-tanda motor saat dipakai terasa ndut-ndutan, karena saluran bensin tidak stabil.

Jalan keluarnya kamu dapat membersihkan filter bensin lebih dulu, bila dirasakan masih memiliki masalah dapat tukar filter bensin sama yang baru.

2. Selang Vakum Lepas atau Tersumbat

Motor jadul umumnya memakai mekanisme keran bensin buka-tutup . Maka saat motor tidak digunakan keran di putar tutup, kebalikannya bila akan dipakai baru keran bensin dibuka. Tetapi di motor kekinian, keran bensin manual ini terpindahkan oleh keran bensin vakum automatis.

Dengan keran bensin vakum, kamu tidak perlu repot membuka tutup keran bensin kembali. Saat motor tidak dipakai, saluran bensin secara automatis stop karena tidak ada hisapan dari mesin yang mengakibatkan berlangsungnya kevakuman untuk buka keran.

Nach, saat motor akan dihidupkan piston mengisap udara sekalian buka keran automatis yang manfaatkan selang vakum yang tersambung di antara keran vakum ke intake manifold. Hingga keran bensin vakum terbuka dan bensin juga mengucur.

Persoalan ini pernah saya catat di artikel di website ini, saat bensin tidak masuk ke ruang bakar honda sonic 125 saya.

3. Karburator Kotor atau Hancur

Paling akhir, bisa saja karena karburator motor kamu kotor atau harusnya di tukar. Kerusakan pada karburator biasanya dikarenakan karena partikel kotoran yang masuk ke skep dan mangkok karburator yang dikit demi sedikit menggores elemen karburator jadi aus.

Baca Juga  Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor : 5 Penyebab

Kerusakan karburator umumnya karena penyaring udara yang dicabut, hingga debu yang masuk ke karburator semakin banyak dan menggores elemen didalamnya seperti pilot jet, main jet, dan skep karburator.

Minimal supply bensin ke ruang bakar, bisa disebabkan setel pelampung yang terlampau rendah. Hingga mengakibatkan bahan bakar yang di tampung sedikit untuk di alirkan ke ruang bakar.

Diatas beberapa faktor penyebab bensin tidak masuk ke ruang bakar. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -