Bagian Depan Mobil: 5 Komponen Dan Ulasan

Fungsi Dan Bagian Depan Mobil – Apabila diamati secara konstruksi umumnya terdapat bagian interior dan exterior mobil. Kedua bagian ini terdapat berbagai fungsi sehingga mobil dapat bekerja. Lalu apa saja bagian bagian depan mobil?

Searah dengan perkembangan tehnologi otomotif, jumlah dari komponen body kendaraan makin bertambah, yang dibikin dengan tehnologi yang bervariatif dan bahan komponen yang makin maju.

Meskipun perubahan bahan dari body kendaraan telah maju yaitu berbahan fiberglass atau plastik, tetapi sekarang ini body kendaraan masih dikuasai oleh komponen datang dari pelat besi dengan tebal 0,6 sampai 0,9 mm.

Perubahan body lewat tehnologi komponen body berbahan plastik dan fiber tidak dapat setenar pelat, akan tetapi beberapa komponen body yang mempunyai komponen khusus pelat, terkadang mempunyai komponen plastik, fiber bahkan juga serat karbon.

Hal ini termasuk pada beberapa komponen depan mobil. Untuk lebih jelasnya terkait bagian depan mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

bagian depan mobil

Bagian Depan Mobil Dan Fungsinya

Apabila diamati terdapat beberapa komponen mobil termasuk pada komponen depan mobil. Bagian depan mobil tersebut terdiri dari:

1. Engine Hood (Kap Mesin)

Engine hood atau kap mesin sebagai salah satu komponen bodi depan mobil yang bermanfaat untuk menutupi mesin. Pada umumnya engine hood dapat ditemui pada beberapa type mobil seperti tipe mpv, apv, atau tipe sedan.

Baca Juga  Ciri Ciri Per Daun Lemah : 4 Tanda & Cara Mengatasinya

Engine hood memakai engsel yang terdiri dari 2 tipe yaitu rear hinged dan front hinged. Engine hood terhitung salah satu bagian mobil yang perlu perawatan termasuk pemberian gemuk. Pemberian gemuk atau oil mempunyai tujuan supaya saat kap mesin dibuka tidak berdecit.

2. Fender

Nama komponen bodi depan mobil selanjutnya ada fender yang berada di dekat roda. Bagian ini mempunyai fungsi membuat perlindungan bagian sisi suspensi dari kotoran, debu, dan lumpur yang bisa melekat. Dengan ide ini mobil mempunyai empat fender di masing-masing roda.

Sekarang ini ada banyak tipe mobil yang mempunyai fender tidak dapat dilepaskan pada bagian roda belakang. Hingga seakan-akan mobil cuma mempunyai dua fender di bagian depan saja. Fender bagian depan bisa dilepaskan karena terpasang dengan memakai baut yang tersambung dengan casis mobil.

3. Grill

Grill adalah komponen kendaraan yang berada di bagian kendaraan berfungsi sebagai pengarah udara untuk pendinginan mesin, penyaring partikel yang besar supaya tidak tutup radiator pendingin, dan sebagai percantik body kendaraan. Pelepasan dan penempatan memakai baut pengikat atau socket plastik.

4. Moulding

Moulding adalah komponen pemanis kendaraan yang ditempelkan pada body bagian luar. Penting diingat saat melepaskan dan memasangkan, supaya moulding selalu dijaga supaya tidak hancur, bengkok atau patah. Saat melakukan pembaruan harus memakai perlengkapan khusus, supaya tidak menghancurkan komponen dan body kendaraan. Penempatan moulding bisa juga memakai air sabun untuk memudahkan atur kelurusannya.

Baca Juga  Ukuran Celah Platina: Spesifikasi Standar & Efeknya

5. Head lamp garnish

Nama komponen bodi depan mobil yang paling akhir yaitu head lamp garnish. Aksesori ini terpasang pada headlamp supaya penampilan mobil kelihatan lebih elok.

Diatas adalah ulasan terkait bagian depan mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.