Lampu Alarm Mobil Tidak Berkedip: 6 Penyebab & Ulasan

Lampu Alarm Mobil Tidak Berkedip – Alarm mobil terkadang terjadi beberapa masalah, salah satunya yaitu alarm mobil yang tidak mau berkedip. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Lalu apa saja penyebab alarm mobil tidak berkedip?

Jika lampu alarm mobil tidak berkedip dan tidak mengeluarkan bunyi, karena itu mobil pada kondisi yang rawan untuk diculik. Walau tidak terkait langsung dengan keselamatan saat berkendaraan, alarm ini masih tetap jadi elemen yang perlu, yang perlu dipunyai oleh sebuah mobil.

Hal ini tentunya akan bahaya apalagi di parkir tempat yang rawan. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab alarm mobil tidak berkedip akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

lampu alarm mobil tidak berkedip

Lampu Alarm Mobil Tidak Berkedip

Alarm mobil dapat berkedip dan berpijar tiada henti yang dapat mengganggu seseorang yang sedang mengganggu mobil kita. Namun apabila lampu alarm tidak berkedip tentu sistem keamanan tidak berfungsi. Berikut faktor penyebab lampu alarm mobil tidak berkedip:

1. Mode Vallet

Faktor pertama penyebab lampu alarm mobil tidak berkedip yaitu mode vallet. Apa Anda ketahui jika alarm mobil dapat diganti ke model valet? Mengganti alarm ke model valet akan membuat peranan penyelamatan mobil ada pada kondisi non-aktif. Ini dipakai saat Anda memakai service valet parking dalam suatu gedung, hotel, atau restaurant.

Model ini pada intinya betul-betul mematikan semua feature penyelamatan seperti tanda lampu dan bunyi alarm. Bila lampu alarm mobil Anda tidak berkedip saat digembok, sebaiknya untuk mengecek apa alarm mobil masih ada dalam model valet. Bila ya, karena itu Anda dapat mengganti modenya kembali untuk menghidupkan alarm.

2. Sistem Alarm Mengalami Kerusakan

Sistem alarm yang rusak menjadi penyebab kenapa lampu alarm atau lampu tanda tidak berkedip. Ini muncul karena module alarm hancur hingga tidak ada arus yang mengucur untuk atur kerja dari alarm. Tetapi tidak cuman module alarm yang dapat menyebabkan sistem jadi amburadul.

Baca Juga  Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil: 3 Prosedur & Reset

Instalasi listrik dan sekring yang terputus atau elemen sistem alarm yang lain bisa juga memiliki masalah. Jika ada satu saja elemen dalam sistem yang terputus dan memiliki masalah, karena itu kemungkinan sensor untuk menghidupkan lampu tanda dan bunyi tidak berperan. Bila ini terjadi, Anda perlu bawa mobil ke bengkel untuk pembaruan semua sistem alarm.

3. Sensor Pintu Mobil Tidak Berperan

Lampu alarm dapat tidak berkedip karena sensor pintu yang tidak berperan secara baik. Jelas sudah bila sensor mati, karena itu lampu tanda dan bunyi tidak akan berpijar. Sebetulnya saat sensor mati, sensitivitas mobil jadi bertambah dan bisa menyebabkan lampu tanda dan bunyi sirine yang tetap berpijar. Tetapi juga bisa alarm ini mati dan tidak berpijar sama sekalipun.

Begitu tiga penyebab lampu alarm mobil tidak berkedip saat mobil digembok. Lampu yang tidak berkedip atau berkedip terus-terusan sebetulnya ingin memberitahu Anda jika ada suatu hal yang tidak kelar di bagian dalam elemen itu. Memang sering tidak kelihatan, tapi karena ada beberapa ciri itu, Anda dapat mengetahui permasalahan yang berada di dalamnya.

4. Masalah frekwensi

Kadang permasalahan lampu alarm tidak berkedip yang Anda anggap kerusakan modul alarm, bisa saja pemicunya adalah hal yang lain remeh. Misalkan, memarkir kendaraan Toyota kecintaan di dekat base transceiver station (BTS) provider handphone atau pemancar radio. Ini dapat terjadi saat Anda parkir di outdoor atau lapangan luas yang banyak tower-tower listrik dibangun.

Baca Juga  Tanda Silinder Head Melengkung: 7 Gejala Dan Ulasan

Untuk menanganinya, sudah pasti Anda tidak memerlukan cara memperbaiki modul alarm mobil karena ini bukanlah terhitung kerusakan. Tips-nya gampang, cukup dekatkan remote alarm dengan mobil, karena itu perannya akan balik normal.

Dengan dekatkan remote ke kendaraan, receiver alarm bisa terima ‘perintah’ lebih bagus dari remote.

5. Tombol di remote

Permasalahan yang selanjutnya yaitu ke arah pada peranan tombol remote yang rusak. Cirinya adalah saat Anda tekan salah satunya tombol pada remote, karena itu tidak terjadi hal apa saja pada mobil.

Tetapi, saat menekan tombol lain, peranan itu bekerja. Nach, ini memiliki arti ada salah satunya tombol yang hancur. Jika ini, bukalah remote dan saksikan lajur kabelnya. Jika ada yang kendor atau terlepas, benahi dan coba kembali untuk memencetnya.

Penyebab alarm mobil error yang lain adalah ada komponen penyambung tombol yang telah hancur hingga saat didesak tidak ada arus tersambung. Bila penyambung tombol ini dapat diperbarui, karena itu Anda tidak perlu tukar baru.

6. Lajur alarm

Penyebab terakhir lampu alarm mobil tidak berkedip bila tidak ada permasalahan pada remote, karena itu kemungkinan pemicunya adalah pada lajur. Jika lajurnya hancur, karena itu saat alarm didesak, ke-2 lampu sein mobil berpijar tetapi alarm tidak bunyi.

Tetapi, juga bisa kebalikannya, yakni alarm bunyi, lampu hidup, tetapi pintu mobil tidak terkunci. Jika kasusnya ini, cara memperbaiki modul alarm mobil adalah dengan menukar unit yang hancur itu. Anda dapat lakukan pergantian ini di bengkel.

Diatas adalah ulasan terkait faktor penyebab lampu alarm mobil tidak berkedip. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.