Slow Jet Adalah: Fungsi Dan Cara Kerja

Slow Jet Adalah – Main jet dan pilot jet mempunyai istilah lain, yakni spuyer. Kata spuyer sendiri datang dari bahasa Belanda ‘Spujer’ yang memiliki arti semprotan. Lalu slow jet adalah? Apa fungsi slow jet? Bagaimana cara kerja slow jet?

Karburator atau karbu adalah elemen yang di gunakan pada mesin bensin. Elemen ini dapat menambahkan udara dan bahan bakar. Akibatnya terjadi perbedaan tertentu agar yang diteruskan ke silinder dalam jumlah yang sesuai keperluan mesin. Pekerjaan dari elemen ini adalah untuk lakukan mekanisme pengabutan.

Walau bagaimanapun, rupanya ada banyak warga yang menyukai motor lama dengan tehnologi karburator. Tehnologi karburator bisa dioprek seperti keinginan pemiliknya. Dengan dioprek mesinnya, sang pemilik bisa menyesuaikan perform yang diharapkan.

Supaya memperoleh perform yang diharapkan, umumnya yang diganti adalah settingan pada pilot jet dan main jet. Untuk lebih jelasnya terkait slow jet adalah baik fungsi, dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

slow jet adalah

Slow Jet Adalah

Slow Jet adalah elemen karburator yang bermanfaat untuk melakukan supply bahan bakar dan udara yang bersih saat keadaan kendaraan dalam status idle. Di saat keadaan kendaraan dalam status idle, karena itu slow jet pada bagian karburator dan mengatur ulang jarum skep, agar dapat performanya normal kembali.

Sama dengan main jet, pilot jet sebagai elemen yang terpasang pada karburator. Pilot jet bisa melakukan memodifikasi kerja karburator supaya bisa sesuai keperluan sopir. Pilot jet seperti semprotan. Untuk mengatur pilot jet atau slow jet, dapat memakai obeng karena elemen ini sudah diperlengkapi dengan skrup.

Baca Juga  Perbedaan Proyeksi Amerika Dan Eropa : 4 Perbedaan

Penataan pilot jet yang tepat dapat terdeteksi lewat perputaran setelan angin. Bila perputaran setel angin terlampau besar, suplai bahan bakar akan terlampau besar. Kebalikannya, bila perputaran kekecilan, suplai bahan bakar tidak mencapai batasan minimum.

Cara Kerja Slow Jet

Bagaimana cara kerja pilot jet atau slow jet? Cara kerja pilot jet atau slow jet adalah mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruangan bensin. Perbedaannya dari main jet, pilot jet menyuplai bahan bakar dalam kondisi stasioner ke arah rpm rata rata (tidak begitu tinggi atau rendah). Lewat pilot jet atau slow jet, jumlah bensin yang lewat proses pembakaran di ruangan bakar dapat disamakan dengan keperluan.

Jadi ketidaksamaan antar elemen, main jet berfungsi sesuaikan suplai bahan bakar dalam ruang bakar. Sementara fungsi pilot jet pada karburator mobil adalah menyalurkan bahan bakar dari fuel tank ke arah ruangan bakar saat mesin dalam status stasioner atau ke arah perputaran mesin dan rpm rerata. Menukar main jet dan pilot jet, kendaraan dapat dipicu bisa lebih cepat. Tetapi, saat sebelum lakukan pergantian, yakinkan karburator pada keadaan baik.

Diatas adalah ulasan terkait slow jet baik fungsi dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -