Roller Standar Beat: Karbu, FI, Dan ESP

roller standar beat

Roller Standar Beat – Pada artikel ini akan diulas terkait roller standar beat baik karbu maupun FI atau injeksi. Keduanya memiliki ukuran roller yang berbeda. Lalu berapa ukuran roller standar beat?

Beat karbu sebagai salah satunya motor metik dari Astra Honda Motor (AHM) untuk yang saat ini sendiri tidak ditawarkan kembali karena Beat karbu telah diganti oleh angkatan penerusnya yaitu Beat Fi atau Beat injeksi.

Honda Beat karbu sendiri jadi pertama kali kesuksesan motor metik entry tingkat dari Honda sesudah sukses melengserkan tahta dari Yamaha Mio yang awalnya sempat menjadi raja untuk pemasaran motor metik entry tingkat di Indonesia

Sebagai info, roller pada motor metik berada pada CVT. Dan jumlah roller pada setiap motor metik juga berbeda. Motor metik ini pas dipakai untuk jalanan perkotaan yang banyak macetnya dan jalananya lempeng datar. Tetapi realitanya motor metik terhitung Honda Beat ini lebih banyak dipakai di wilayah perdesaan sampai bukit-bukit yang banyak jalanan yang tidak mulus sampai banyak tanjakannya.

Oleh karena itu diperlukan perawatan pada CVT teruratam roller. Untuk mengganti roller harus sesuai standar. Berikut ulasan terkait roller standar beat baik FI maupun Karbu akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

roller standar beat

Roller Standar Beat

Terdapat dua jenis beat yang keluaran dipasaran yaitu beat karbu dan FI. Berikut ukuran roller standar beat karbu dan FI:

Baca Juga  Ciri MAP Sensor Rusak : 10 Gejala Dan Ulasannya

1. Beat Karbu

Roller umumnya diukur berdasar unit berat yaitu gr, adapun berat dari roller standar
Beat karbu ialah seberat 12 gr.

2. Beat FI

Sementara untuk beat FI memiliki roller dengan berat yaitu sebesar 13 gram.

3. Beat FI ESP

Untuk series terbaru atau beat ESP memiliki roller dengan standar sebesar 15 gram.

Ukuran Roller Beat Agar Kenceng

1. Modifikasi Beat Karbu

Nach saat kita sudah tahu ukurandari roller Beat karbu, karena itu seterusnya ialah kita tinggal memutuskan, Beat karbu kita ingin kenceng diperputaran bawah atau diperputaran atas?

Bila maksudnya ialah kenceng dalam soal akselerasi, karena itu kita bisa tukar ukuran roller ke ukuran yang lebih enteng dari ukuran 12 gr, contoh kita pakai roller seberat 10 gr. Dan bila ingin Beat karbu lebih ganas pada segi top-speed dalam pengertian ingin napas Beat karbu menjadi lebih panjang, karena itu kita tinggal pakai roller yang lebih berat contoh memiliki ukuran 15 gr.

Oleh karenanya, banyak yang coba melakukan modifikasi Honda Beat Fi-nya supaya bisa dipakai disegala medan khususnya di wilayah bukit-bukit yang banyak tanjakannya. Salah satunya langkah untuk sesuaikan motor metik dengan keadaan jalan ialah mengganti bidang roller pada CVT.

2. Modifikasi Beat FI

Apabila ada yang ingin Honda Beat Fi-nya lebih galak di tanjakan, karena itu turunkan berat rollernya. Apabila dilihat maka ukuran roller Honda Beat Fi ialah 13 gr. Oleh karena itu dapat pakai yang 10 gr untuk membikin Honda Beat lebih galak di tanjakan.

Baca Juga  Penyebab Setir Mobil Lari Ke Kiri dan Kanan: 5 Faktor & Cara

Dan bila ingin membuat lebih galak di topspeed, karena itu dapat ganti roller ke ukuran 15 gr untuk Honda Beat Fi. Kerjakan peralihan secara detail dan tidak boleh disilang untuk mengindari berlangsungnya keausan yang berarti pada tempat CVT motor.

Diatas adalah ulasan terkait ukuran roller standar beat baik karbu maupun FI. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.