Mobil Matic Bunyi Saat Mundur: 10 Faktor & Ulasannya

mobil matic bunyi saat mundur

Mobil Matic Bunyi Saat Mundur – Terkadang terdapat beberapa permasalahan pada transmisi matic, salah satunya bunyi saat mundur. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab mobil matic bunyi saat mundur. Lalu apa saja penyebab mobil matic bunyi saat mundur?

Jika mobil matic bunyi saat mundur, karena itu Anda tidak perlu cemas. Bisa jadi bunyi itu karena macetnya tuas transmisi. Mobil bertransmisi matic ini sering alami kerusakan di bagian transmisi. Biasanya, kerusakan itu karena minimnya perawatan mobil sampai ada factor human error dalam pemakaian kendaraan.

Walau timbulnya bunyi saat mobil matic saat mundur. Tetapi,harus juga siaga dan bisa lakukan pengujian ke bengkel paling dekat jika intensif bunyi makin kuat atau makin kerap disaat mobil matic pada kondisi mundur.

mobil matic bunyi saat mundur

Mobil Matic Bunyi Saat Mundur

Penyebab mobil matic bunyi saat mundur pada kondisi mundur ini memanglah tidak bisa diprediksikan. Karena, pemicunya juga cukup bermacam. Tetapi, ada banyak penyebab umum timbulnya bunyi-bunyi tertentu saat mobil matic pada kondisi mundur diantaranya yaitu:

1. Bunyi Sensor Parkir

Penyebab timbulnya mobil matic bunyi saat mundur ialah ada feature sensor parkir yang dipunyai mobil itu. Memang, sensor parkir ini berperan sebagai pertanda supaya mobil tidak menubruk suatu hal saat diparkirkan.

Sensor parkir itu akan munculkan bunyi “biiippp” jika ada satu benda disekitaran mobil . Maka, Anda tidak perlu cemas jika ada bunyi itu saat mobil pada kondisi mundur.

2. Minimnya Kandungan Oli Transmisi

Jika mobil matic bunyi saat mundur, karena itu bisa saja timbulnya bunyi itu karena ada permasalahan pada elemen transmisi. Jika elemen transmisi mobil Anda selalu dirawat dengan teratur, karena itu dapat ditegaskan jika Anda tidak memerhatikan kandungan oli transmisi mobil matic Anda.

Timbulnya bunyi-bunyi itu dikarenakan oleh ada banyak elemen yang aus akibatnya karena minimnya oli transmis. Anda harus isi ulangi oli transmisi mobil matic Anda supaya bunyi-bunyi itu bisa diminimalkan.

3. Minimnya Kandungan Oli Mesin

Minimnya kandungan oli mesin ini menjadi satu diantara penyebab mobil matic bunyi saat mundur. Karena, oli mesin ini berperan sebagai pelumas untuk memulasi semua elemen mesin mobil matic.

Terhitung elemen transmisi. Jika kandungan oli mesin mobil matic punya Anda di bawah kemampuan yang disarankan. Karena itu bukan mustahil elemen mesin mobil alami aus atau berkarat. Perihal ini pula yang jadikan mobil Anda selalu keluarkan bunyi saat status mundur.

4. Perawatan Mobil yang Tidak Teratur

Timbulnya mobil matic bunyi saat mundur ini disebabkan karena minimnya perawatan mobil. Beberapa komponen mesin mobil ini harus dibikin bersih minimal 1 kali dalam waktu 2 sampai tiga bulan.

Baca Juga  Lampu Indikator Dashboard Mati: 3 Penyebab & Cara Mengatasi

Maksudnya untuk bersihkan kotoran-kotoran yang melekat dalam di sejumlah sisi elemen mesin . Maka, penyebab mobil matic berbunyi saat mundur ini dikuasai oleh kedisiplinan Anda saat lakukan perawatan mobil matic.

5. Kerusakan Pada Sisi Transmisi

Dan penyebab mobil matic sering keluarkan bunyi saat status mundur ini ialah ada kerusakan pada bagian transmisi. Mobil matic ini sering alami kerusakan di bagian transmisi. Kerusakan itu dipacu oleh beragam hal. Hingga dianjurkan untuk memeriksa mobil matic punya Anda ke bengkel paling dekat.

Jika transmisi mobil matic punya Anda alami kerusakan. Karena itu, ongkos pergantian transmisi type matic ini memerlukan ongkos yang lumayan mahal. Oleh karenanya, kerjakan perawatan secara periodik supaya mobil matic punya Anda tidak alami kerusakan pada elemen mesin, terhitung di bagian transmisi mobil.

Maka ada banyak penyebab mobil matic bunyi saat mundur. Sebaiknya untuk langsung memeriksa keadaan mobil matic punya Anda ke bengkel paling dipercaya. Karena, timbulnya bunyi atau suara saat mobil dalam status mundur ini bisa berpengaruh fatal jika tidak selekasnya diatasi

6. Kopel Memiliki masalah

Untuk mobil dengan transmisi manual atau otomatis mempunyai elemen kopel. Dalam kopel itu terbagi dalam beberapa elemen pendukung, satu diantaranya karet.

Karet pada kopel dapat menjadi salah satunya penyebab yang dapat membuat mobil memunculkan bunyi saat mundur. Karet ini akan aus, rengat, dan sobek karena umur penggunaan.

Kotoran yang melekat di bagian kopel dan elemen simpatisannya dapat menjadi penyebab. Benar-benar dianjurkan untuk memeriksa keadaan sisi kolong mobil minimal enam bulan sekali untuk mengecek keadaan yang berada di bawah mobil.

Kopel ini biasanya cuman ada di mobil dengan pendorong roda belakang saja. Mobil dengan pendorong roda depan biasanya tidak memakai kopel.

7. Oli Gardan

Untuk mobil dengan pendorong roda belakang, seharusnya oli gardan ditukar secara periodik. Oli gardan yang telah kotor dan lama tidak ditukar bisa juga mempunyai potensi jadi penyebab mobil matic bunyi saat mundur.

Beberapa pemilik mobil yang meremehkan pergantian oli gardan. Diambil dari beragam sumber, oli gardan seharusnya ditukar periodik tiap 20 ribu km atau 2 tahun sekali.

Untuk mobil yang kerap digunakan, dapat ikuti tutorial itu untuk selalu jaga pemulasan dalam gardan. Dan untuk mobil yang jarang-jarang digunakan, juga bisa memakai dasar itu.

Meskipun mobil jarang-jarang digunakan, tapi kualitas oli yang kelamaan diam bisa juga turun. Hingga mobil yang kerap digunakan atau jarang-jarang digunakan seharusnya ditukar teratur periodik.

Baca Juga  Penyebab Stang Motor Berat Sebelah: 8 Faktor Dan Perbaikan

8. Bearing Roda

Penyebab lain saat mobil bunyi saat mundur juga bisa datang dari bearing roda. Dikutip dari situs Dunlop, bearing roda pada mobil sebagai salah satunya elemen bantalan sebagai dudukan dari kutub roda.

Sering bearing alami kerusakan karena penggunaan. Salah satunya penyebab bearing hancur ialah kerap menyikat jalan buruk dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Untuk mereka yang memakai pelek aftermarket berdiameter yang semakin besar bisa juga mengakibatkan bearing jadi cepat hancur. Kadang bearing yang hancur ini kerap tidak diakui karena tertutup dengan suara ban saat mobil jalan.

Bunyi ini akan ada saat mobil sedang mundur, tapi pada beberapa kasus juga bisa bunyi ini dijumpai saat mobil sedang jalan perlahan. Makin cepat mobil jalan, karena itu bunyi akan makin keras bila bearing rodanya telah betul-betul hancur.

Hal itu karena perputaran pada kutub roda tidak akurat di tengah-tengah kembali. Selainnya bearing, juga bisa karena rusaknya as roda.

9. Permasalahan Pada Rem

Penyebab lain juga bisa karena dari permasalahan yang berasal pada bagian pengereman. Satu diantaranya ialah kampas rem yang ingin habis atau cakram yang rupanya tidak rata.

Cakram yang sisi luarnya habis tidak rata biasanya dapat mengakibatkan bunyi baik itu saat mobil jalan atau mundur. Mungkin kampas rem mau habis tapi masih tetap dipaksa untuk jalan.

Disamping itu juga bisa sumbernya datang dari pin pengunci kampas rem yang rupanya lepas. Pin pengunci itu tidak jaga kampas rem pada status yang semestinya.

Bila lepas, kampas dapat miring dan melekat pada bagian tromol hingga mengakibatkan bunyi. Tidak ada kelirunya Carmudian memeriksa keadaan pengereman saat rasakan bunyi-bunyi aneh saat mobil sedang mundur.

10. Tuas Transmisi Hancur

Penyebab bunyi saat mobil mundur paling akhir dapat datang dari sisi transmisi yang alami kerusakan. Baik transmisi manual atau otomatis apabila sudah terjadi kerusakan pada bagian dalam tentu memunculkan bunyi.

Untuk transmisi matic, umumnya tanda-tandanya akan kedengar saat sopir mengalihkan tuas D ke R saat mobil baru dihidupkan. Dan untuk transmisi manual, umumnya saat dikemudikan akan kedengar cukup berdesing.

Permasalahan itu dapat disebabkan karena kotornya oli dalam transmisi, elemen gir yang aus karena umur, sampai minimnya pelumas. Ini mengisyaratkan bila pemilik mobil kurang menjaga mobil secara baik dan segenap hati.

Diatas adalah ulasan terkait mobil matic bunyi saat mundur yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.