Apakah Aki Kering Bisa Di Cas Atau Diisi Ulang?

apakah aki kering bisa dicas

Apakah Aki Kering Bisa Di Cas – Banyak yang berpikiran apakah aki kering bisa dicas atau aki yang hanya dapat digunakan satu kali. Dengan kata lain apakah aki kering bisa dicas atau diisi ulang apabila daya listrik berkurang. Lalu apakah aki kering bisa di cas?

Apakah Aki Kering Bisa Di Cas

apakah aki kering bisa dicas

Aki pada kendaraan bisa bertahan dalam waktu yang lama (sampai dua tahun) tanpa dihubungkan dengan alat charger. Hal ini sebenarnya proses pengisian atau pengecesan pada aki kendaraan itu berjalan sepanjang mesin hidup. Oleh karena itu daya listrik yang terdapat pada aki khususnya aki kering selalu full dan dapat digunakan kembali.

Dalam proses pengisian daya listrik pada aki yaitu dengan satu mekanisme yang dinamakan mekanisme pengisian. Manfaatnya untuk mengganti beberapa energi gerak menjadi energi listrik lewat dinamo alternator. Energi listrik yang dihasilkan oleh alternator kemudian dialirkan ke berbagai beban kelistrikan kendaraan dan juga dipakai untuk mengecas aki.

Proses pengisian aki kering itu telah berjalan secara otomatis oleh mekanisme pengisian pada mesin. Terkecuali mesin kendaran berhenti yang mengakibatkan aki tekor. Hal ini disebabkan proses starter yang dilakukan secara berulang namun tidak ada pengisian pada aki kering sehingga menyebabkan daya listrik pada aki kering drop.

Misalnya jika mesin sulit hidup (terutamanya pada mobil) umumnya kita tetap akan menghidupkan starter sampai berulang-kali. Makin lama starter dihidupkan, karena itu daya listrik di dalam aki akan makin terkuras. Jika mesin belum hidup tetapi daya listrik di dalam aki telah habis, baru itu perlu dikerjakan cas ulangi memakai alat charger.

Baca Juga  Cara Mengecas Aki : 8 Cara Dan Ulasannya

Secara nalar, jika aki bisa dilakukan cas secara otomatis semestinya aki bisa bertahan selama-lamanya. Tetapi ada satu perihal yang penting diingat baterai memiliki periode penggunaan. Hal ini dikarenakan elektrolit di dalam aki itu mempunyai batasan penggunaan, jika makin kerap dipakai karena itu elektrolit aki itu akan makin kurang kuat. Saat elektrolit aki telah kurang kuat karena itu aki tidak sanggup simpan listrik semakin banyak sehingga daya pada aki akan cepat habis atau kerap disebutkan rusak.

Jenis Aki Kering

Pada umumnya, jika elektrolit aki telah kurang kuat karena itu aki harus ditukar. Tetapi, bergantung tipe akinya. Jika aki kering type gel karena itu harus ditukar akinya, tetapi aki kering type MF tak perlu ditukar.

1. Aki kering type gel

Aki kering type gel adalah aki kering yang asli, ini karena elektrolit pada aki seperti jelly. Jika pada aki biasa, elektrolitnya berbentuk air zurr tetapi pada aki kering elektrolitnya lebih kental seperti jelly atau gel.

Gel ini mempunyai peranan yang serupa sama air zurr yaitu untuk simpan arus listrik. Tetapi makin lama dipakai, gel ini akan makin jadi kering dan pada akhirnya tidak bisa simpan arus listrik. Jika telah ini, karena itu aki harus ditukar satu unit yang baru.

2. Aki MF

Aki kering yang kerap disebutkan beberapa orang sesungguhnya type aki MF. Hal tersebut sebab jika disaksikan luarnya tidak ada ketidaksamaan di antara aki kering gel dan aki MF. Yang membandingkan cuman harga, aki kering gel bisa dipandang sampai 2 juta rupiah tetapi aki MF seputar 400 sampai 800 beberapa ribu.

Baca Juga  Cara Pasang Stabilizer Mobil Avanza: 6 Prosedur & Manfaat

Aki MF sesungguhnya aki basah, tetapi aki ini dibikin secara tertutup. Ini memungkinkannya evaporasi air aki jadi minim dan air aki tidak tumpah waktu aki di jungkir balikan. Hingga aki basah ini tak perlu perawatan alias pemeliharaan free.

Umumnya ada merek VRLA (valve regulated lead acid) atau SMF (sealed pemeliharaan free) pada aki ini. Sama dengan gel, elektrolit aki basah ini akan kurang kuat makin biasanya aki dipakai. Tetapi air aki ini bisa ditukar tiada menukar unit aki.

Namun, kita tidak bisa mengubahnya sendiri sebab susah. Aki MF mempunyai tutup yang dikasih segel memakai perekat yang sangat dekat. Untuk membukanya perlu tehnik spesial dan untuk menyegelnya kembali lagi perlu tehnik spesial.

Jadi beberapa orang cenderung pilih menukar satu unit aki MF jika telah tekor dengan fakta susah untuk ditukar airnya. Tetapi jika anda tiba ke specialist aki, kemungkinan permasalahan itu bisa terselesaikan.

Diatas merupakan ulasan terkait apakah aki kering bisa di cas. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -