Komponen Audio Mobil : 8 Bagian Dan Ulasannya

komponen audio mobil

Komponen Audio Mobil – Untuk mencegah kebosanan dalam berkendara maka didalam kendaraan biasanya dipasang sistem audio. Sistem audio pada mobil terdiri dari beberapa bagian. Lalu apa saja komponen audio mobil?

Sistem audio pada mobil merupakan bagian kelengkapan infotaiment pada kendaraan. Fungsi utamanya adalah sebagai hiburan atau relaxaxing sehingga berkendara dapat lebih fokus.

Namun untuk menjalankan fungsinya maka pada sistem audio mobil dilengkapi berbagai bagian yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan selera dan keinginan pengendara. Berikut ulasan terkait komponen audio mobil.

komponen audio mobil

Komponen Power Audio Mobil

Adapun komponen power audio mobil itu diantaranya ialah seperti berikut :

1. Tape Mobil / CD Player / Head Unit

Komponen power audio mobil yang pertama ialah tape mobil atau CD player. Sama seperti yang telah kita kenali bersama, komponen yang ini banyak kita dapatkan di toko – toko penjual alat electronic. Adapun bagian ini sebagai bagian utama pada power audio mobil anda. Di saat akan beli komponen ini seharusnya membeli lah di toko yang sah ya sahabat, yang memakai kartu garansi.

2. Power Amplifier

Komponen power audio mobil yang ke-2 ialah power amplifier. Ada demikian banyak jenis prosuk semacam ini yang dapat anda dapatkan di pasar. Anda dapat tentu saja pilih dan beli yag sesuai keperluan dan kemauan anda.

Namun ada baiknya kalau sahabat semua beli type yang mempunyai sarana out put display untuk disambungkan ke monitor dan membuat remot yang dapat hidupkan power amplifier saat dihidupkan. Adapun peranan komponen yang ini untuk memberikan daya yang besar untuk menggerakkan performa subwoofer dan speaker sistem dalam mobil anda.

Baca Juga  Fungsi Pilot Jet: Peran, Penyetelan, Dan Ukuran

3. Speaker Sound Sistem

Komponen power audio mobil yang ke-3 ialah speaker sound sistem. Speaker bekerja untuk keluarkan suara berdasar signal yang diamankan. Pemrosesan suara diawali semenjak ada pada Head Unit, Amplifier Crossover, dan diteruskan oleh speaker. Dalam hasilkan suara, speaker memilki beberapa type speaker, yakni type tweeter , type midrange, dan type midbass.

Bedanya berada pada kualitas frekwensinya. Pada type tweeter akan terpusat pada frekwensi tinggi, yakni di antara 3500 Hz sampai 20 Khz. Seterusnya untuk type midrange, ada pada frekwensi di antara 350 sampai 4500 Hz, umumnya dipakai untuk menegaskan suara orang. Lantas untuk type yang paling akhir ialah type midbass ,yakni ada pada frekwensi rendah di antara 80 sampai 350 Hz. Dan type yang terendah adalah subwoofer, yakni kurang dari 100 Hz.

4. Horn

Komponen power audio mobil yang keempat ialah horn. Bagian ini sebagai komponen dari speaker yang diproduksi khusus untuk produksi signal audio pada kisaran gelombang frekwensi manusia. Bagian ini termasuk penting perannya pada power audio mobil anda. Sebaiknya horn ini anda tempatkan di bagian dasbor saja.

5. Kabel dan Jack Audio

Bagian power audio mobil yang ke-5 ialah kabel dan jak audio. Adapun beberapa macam kabel yang anda perlukan untuk kelengkapan bagian power audio mobil anda diantaranya :

  • Kabel penyambung ke speaker
  • Kabel signal untuk piranti ke input
  • Jack RCA yang dipakai untuk mengoneksikan streo player dan power amplifier yang bekerja untuk memadu padukan kabel dan piranti hingga jadi bagian pelengkap power audio mobil itu.
Baca Juga  Komponen Gardan Mobil Dan Fungsinya : 18 Bagian & Ulasan

6. Monitor Display

Komponen power audio mobil yang ke enam ialah monitor display. Bagian yang ini sebagai komponen yag berperan untuk menunjukkan audio yang anda putar ke monitor display itu.

7. Capasitor

Komponen power audio mobil yang ke tujuh ialah capasitor. Saat bagian power audio mobil anda dipakasakan untuk mainkan atau keluarkan suara rendah atau bass, karena itu sudah tentu akan memerlukan daya lebih yang berpengaruh pada terhisapnya daya yang banyak pada mobil anda. Kapasitor bekerja untuk atur kesetimbangan daya itu supaya tidak ada kerusakan pada komponen power audio itu.

8. Crossover

Crossover sebagai bagian pada audio mobil yang bermanfaat untuk membagi signal. Ada dua tipe crossover, salah satunya ialah tipe crossover aktif dan crossover pasif. Ketidaksamaan dari ke-2 tipe crossover itu berada di saat pembagian frekwensinya. Pada crossover aktif frekwensi signal akan dipisah saat sebelum signal masuk ke Amplifier.

Dan untuk crossover pasif, frekwensi signal akan dipisah sesudah signal diperkokoh oleh Amplifier. Sedikit info untuk Anda jika crossover sebetulnya tidak dibutuhkan jika mobil individu yang dipunyai cuman memiliki sistem satu suara saja. Lebih satu, karena itu baru perlu pemakaiannya.

Langkah Perawatan Power Audio Mobil

Langkah perawatan yang dapat anda lalukan dapat secara simpel sahabat. Hal yang diartikan bisa berbentuk langkah penggunaan dari power audio mobil anda. Disamping itu, kerjakan pengujian secara periodik pada semua komponen power audio itu supaya bisa mengetahui kerusakan semenjak awalnya.

Diatas adalah ulasan terkait komponen audio mobil yang banyak digunakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.