penyebab air radiator meluap

Penyebab Air Radiator Meluap : 5 Faktor Dan Ulasannya

Penyebab Air Radiator Meluap – Ada beberapa penyebab yang membuat air radiator meluap atau tumpah sendirinya. Umumnya air radiator keluar slang pembuangan di tabung reservoir. Hal tersebut tentu ada penyebab yang membuat air radiator meluap. Lantas apa penyebab air radiator meluap?

Saat dalam perjalanan peluang kita dikejutkan karena ada asap atau uap air yang terlihat dari balik kap mesin. Yang dikarenakan oleh air radiator di reservoir mendidih dan mengeluarkan asap.

Asap atau uap air yang terlihat keluar kap mesin itu bisa saja adalah karena air radiator yang tumpah dari tabung reservoir.

Ada persoalan yang umum terjadi pada radiator yang menyebabkan cairan pendingin tumpah dari penampungan ( reservoir ). Untuk memperjelasnya berkaitan penyebab air radiator meluap akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

penyebab air radiator meluap

Penyebab Air Radiator Meluap

1. Temperature Mesin Terlalu Tinggi

Pack silinder head atau pack kop yang bocor bisa menyebabkan temperatur mesin terlalu tinggi sampai pengaliran air dari radiator ke arah tempat tempat penampungan tidak jalan secara lancar. Ini bisa menjadi satu diantara faktor yang menyebabkan air radiator meluap.

Akibatnya temperatur mesin terlalu tinggi atau bisa disebut overheating salah satunya akan menyebabkan komponen mesin jadi lunak seperti piston yang dibikin dari aluminium. Sampai, kekuatannya menjadi berkurang pada suhu tinggi yaitu 300 derajat celcius

Baca Juga  Cara Memperbaiki Nozzle Diesel: 7 Cara Dan Ulasannya

2. Kerusakan Pada Tutup Radiator

Disamping itu penyebab air radiator meluap lainnya ialah tutup radiator yang hancur. Bila tutup radiator remuk, terutamanya kerusakan yang terjadi pada relief valve. karenanya berjalannya kerusakan pada penutup itu punya pengaruh air dari radiator akan mengalir dapat semakin cepat ke reservoir sampai menyebabkan penumpukan cairan pendingin di reservoir atau penampungan.

Jika memang remuk, bisa membeli kembali tutup radiatornya di harga yang bisa dicapai. Bila tutup yang remuk ini tidak sesegera diganti, temperatur mesin akan tinggi ( overheating ) dan ini yang bisa menyebabkan komponen mesin cepat aus dan lebih fatalnya mesin mati dan harus overhole mesin.

3. Kipas yang Tidak Bekerja

Kipas radiator yang tidak bekerja yang bagus makan akan menyebabkan reservoir penuh karena mesin akan terlalu panas sampai yang terjadi adalah resevoir akan tumpah dan air radioator akan berkurang. Ini pasti menjadi salah satu faktor yang menyebabkan air radiator meluap.

4. V Belt atau Fan Belt

Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan perlu memeriksa V-belt yang akan memutar water pump. Karena ada kesempatan putus. Peran v-belt adalah memutar water pump mesin agar air bersirkulasi. Water pump berperanan salurkan air radiator ke semua proses pendingin mesin.

Jika segi ini mempunyai permasalahan karenanya semua proses pendingin akan mempunyai permasalahan. Karenanya yang terjadi sama dengan awalannya yaitu overheating mesin mobil. Mengakibatkan air radiator akan meluap.

Baca Juga  Ciri Tie Rod Rusak : 3 Ciri-Ciri Dan Ulasan

5. Faktor yang lain

Faktor lain yang menyebabkan air radiator meluap yakni karena mungkin sebelum mobil jalan kita isi air cadangan radiator terlalu penuh.

Kebocoran pada air radiator pada jalur cooling proses menyebabkan temperatur tinggi mesin, tetapi tidak menyebabkan air tumpah dari reservoir, karena air radiator akan habis terlebih dahulu melalui lokasi yang bocor.

Water coolant yang meluap dari tabung cadangan air radiator juga bisa dikarenakan oleh terbalik peletakan slang yang berada di atas tabung cadangan air radiator seperti gambar berikut ini, ini seperti yang pernah saya temui.

Jika peletakan slang yang ada di tutup atas tabung cadangan air radiator terbalik antara slang IN dan EX, karenanya saat suhu mesin sudah panas, air dalam tabung akan terdorong keluar melalui slang yang masuk ke tabung.

Di atas ialah pembahasan berkaitan penyebab air radiator meluap. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion