Jarak Ideal Sorot Lampu Mobil: Ukuran Dan Ulasan

Jarak Ideal Sorot Lampu Mobil – Sorot lampu mobil pasti jadi poin utama yang penting dipahami tiap pemilik kendaraan. Hal ini karena menjadi salah satu keamanan sepanjang berkendaraan. Lalu berapa jauh sorot lampu mobil yang ideal?

Sorot lampu ini bisa diatur sesuai keperluan dan kenyamanan sepanjang berkendara melalui beberapa cara. Sorot lampu jauh mobil yang terlampau tinggi bisa mengakibatkan sopir lain jadi silau. Akibatnya dapat menutupi penglihatan mereka saat sama berkendaraan di jalan raya.

Memang, terkadang setelan sorot lampu itu seakan remeh, walau sebetulnya penting karena ini tersangkut faktor keselamatan, baik untuk diri Anda atau seseorang. Misalkan, sorot lampu terlampau jauh akan mengusik sopir lain, tetapi jika terlampau rendah, pandangan sopir saat malam jadi terbatas.

Apabila sopir dari arah bersimpangan kerap menghidupkan lampu jauh saat berpapasan dengan Anda. Hal itu maknanya sorotan lampu mobil Anda terlampau jauh. Sementara sorotan lampu yang terlampau jauh daya pandang sopir pada objek yang ada depan mobil dengan jarak yang dekat.

Supaya menahan berlangsungnya hal yang tidak diharapkan bisa terjadi saat di jalan raya. Untuk lebih jelasnya terkait jarak ideal sorot lampu mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

jarak ideal sorot lampu mobil

Jarak Ideal Sorot Lampu Mobil

Apabila ingin mengetahui jarak ideal sorot lampu mobil adalah yang tidak mengusik penglihatan pengendara lain saat sama berkemudi di jalan raya.

  1. Jarak sorot pada lampu khusus dekat sekitaran 40 mtr. ke depan.
  2. Sementara jarak ideal sorot lampu khusus jauh adalah 100 mtr. ke depan.
Baca Juga  Tegangan Aki Normal Tapi Tidak Bisa Starter: 10 Penyebabnya

Segala hal ini bukanlah didasari dengan prediksi, tetapi sudah tercatat dalam Ketentuan Pemerintahan Nomor 55 Tahun 2015 mengenai Kendaraan.

Lampu depan mobil berperan untuk menyinari sisi bawah jalan yang akan pengendara lewati dan lampu jauh mempunyai peranan untuk menyinari sisi tengah jalan.

Panduan untuk Anda yang ingin mengetahui apa sorot lampu mobil Anda telah pas atau memang belum, yaitu dengan memarkirkan mobil di lokasi yang rata dan hidupkan lampu ke arah tembok atau pintu garasi dengan jarak sekitaran 7,6 mtr.

Untuk posisi atas untuk sorotan lampu dekat pada dinding harus ada sedikit di bawah ketinggian dari status tengah batok lampu. Anda harus juga pastikan skema sorotan lampu semakin tinggi untuk lampu samping kiri (segi penumpang). Ini bermanfaat untuk menyaksikan rambu jalan raya atau objek yang bergerak dalam tepi jalan. Sementara sorotan lampu samping kanan agar lebih rendah untuk menahan sorotan lampu silau mata sopir dari arah depan.

Adapun cara lain adalah dengan mengundurkan mobil dalam jarak sekitaran 1,5 mtr. dari dinding dan pakai seal tape (isolasi) untuk mengidentifikasi pusat vertikal dan horisontal dari sorot lampu pada dinding. Selanjutnya mundurkan mobil sepanjang 7,5 mtr., dan sorotan lampu harus mempunyai ketinggian yang serupa.

Diatas adalah jarak ideal sorot lampu mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Ciri Ciri Gigi Silang Vespa Rusak: Gejala Dan Ulasan