Lampu Indikator Dashboard Mati: 3 Penyebab & Cara Mengatasi

Lampu Indikator Dashboard Mati – Lampu indikator dashboard mobil mati membuat kebingungan sopir saat menghidupkan mesin mobil. Umumnya permasalahan lampu dashboard mobil mati terjadi pada mobil yang telah berusia. Lalu apa penyebab lampu indikator dashboard mati? Dan Bagaomana cara mengatasinya?

Nach, untuk mengatasi masalah lampu dashboard mobil mati itu, kamu harus juga memahami pemicunya. Ada banyak hal yang menjadi penyebab lampu dashboard mobil mati. Biasanya, lampu dashboard mobil mati karena permasalahan pada kelistrikannya.

Tetapi saat sebelum pahaminya cara menanganinya, bila mendadak lampu dashboard mobil mati yang pertama kamu kerjakan adalah tidak boleh cemas. Untuk lebih jelasnya terkait lampu indikator dashboard mati baik penyebab maupun cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

lampu indikator dashboard mati

Penyebab Lampu Indikator Dashboard Mati

Umumnya, penyebab lampu indikator dashboard mobil mati ada 3 hal. Supaya kamu memahami mengenai cara memperbaiki lampu dashboard mobil mati, karena itu ketahui 3 pemicunya sebagai berikut:

1. Mekanisme kelistrikan

Penyebab pertama lampu indikator dashboard mobil mati adalah dari panel listrik. Ini karena penampilan dashboard terkait kuat dengan mekanisme kelistrikan mobil.

Bagaimana juga lampu indikator pada dashboard terkait langsung dengan kelistrikan. Hingga jika mekanisme kelistrikan alami konslet atau eror, karena itu lampu dashboard mobil mati.

Hingga harus selekasnya dicari cara memperbaiki lampu dashboard mobil mati lampu dashboard mobil mati, supaya indikator dalam dashboard dapat bekerja yang baik.

2. Panel error

Selanjutnya, selain kelistrikan penyebab yang lain adalah kerusakan pada panelnya. Panel yang error automatis membuat indikator panduannya mati. Andaikan hanya satu panel yang hancur, tetap ini punya pengaruh pada indikator petunjuk. Untungnya, saat ini pengujian keadaan panel dashboard dapat dilaksanakan secara mudah.

Baca Juga  Jika Kumparan Voltage Regulator Putus Yang Terjadi Adalah?

Kamu dapat memakai alat namanya scan tool untuk ketahui sisi panel dashboard yang alami kerusakan atau error. Apabila sudah diketemukan kerusakannya karena itu lekaskan menukar panel itu sama yang baru untuk memaksimalkan performa kendaraan.

3. Sensor rusak

Seterusnya adalah permasalahan pada sensor dashboard yang dapat kamu dapatkan pada kendaraan dengan sensor electronic. Sensor ini ditempatkan di bagian transmisi. Maka jika sensor kecepatan kendaraan hancur, socket kendur dan lepas, sampai gear transduser aus, karena itu kecepatan kendaraan tidak bisa diprediksikan.

Ada kerusakan membuat lampu cek engine berpijar pada umumnya mobil Engine Fuel Injection (EFI). Lalu, pada type kendaraan dengan rem ABS, sensor kecepatan dipasang pada roda-roda. Hingga ABS alami kerusakan, karena itu sudah tentu membuat dashboard mati.

Di lain sisi, untuk kendaraan yang memakai tali speedo, putusnya tali bisa mengakibatkan dashboard tidak bergerak.

Cara Memperbaiki Lampu Dashboard Mobil Mati

Bila kamu telah memahami indikator yang ada di dashboard. Karena itu bila ada kerusakan, kamu harus juga memahami cara memperbaiki lampu dashboard mobil mati.

Untuk melakukan, sebetulnya ada cara simpelnya buat kamu ketahui bersama. Berikut cara memperbaiki lampu indikator dashboard yang mati yaitu:

1. Check Keadaan Accu

Hal pertama kali yang dapat Anda kerjakan adalah buka kap mobil untuk mengecek keadaan accu. Lihat adakah mur atau baut yang kendur dan malah menjepit kutub accu? Bila iya, karena itu mengencangkan mur atau baut itu supaya masih tetap melekat pada kutub accu.

Baca Juga  Penyebab Vespa Ngempos: 6 Faktor & Cara Mengatasi

Atau bila Anda menyaksikan kotoran seperti karat atau serbuk putih di kutub accu, coba membersihkan dan pasang lagi. Kotoran yang berada di sisi kutub accu dapat menghalangi pergerakan saluran listrik ke arah elemen mobil. Anda tak perlu takut tersetrum,karena accu mempunyai arus direct current (DC).

2. Check Sekring

Tiap mobil mempunyai letak dan penyebutan lampu cek engine yang bermacam. Saat lampu mobil mati semua, coba cek sekring ini untuk ketahui apa penyebab lampu indikator mati karena oleh ada permasalahan pada sekring.

Bila memiliki masalah, coba pinjam Engine Kontrol Unit (ECU) dari mobil lain untuk ketahui apa lampu cek engine Anda bisa berpijar.

3. Apa ada Kabel yang Terputus

Hal seterusnya yang penting Anda kerjakan saat lampu dashboard mobil mati semua adalah dengan mengecek kondisi kabel. Ingat lampu indikator mobil erat hubungannya dengan faktor kelistrikan, kondisi kabel yang buruk atau putus akan mengganggu saluran listrik. Bila Anda tidak betul-betul pahami sangkut-paut kabel dan kelistrikan pada mobil, tidak ada kelirunya memercayakannya pada mekanik eksper.

Ada saatnya permasalahan lampu mobil mati semuanya cuman terjadi sebentar dan saat Anda starter ulangi, tidak ada permasalahan memiliki arti. Apa arti tidak ada permasalahan pada mekanisme kelistrikan mobil Anda? Belum pasti. Bisa saja lampu indikator mobil mati adalah signal jika ada masalah minor yang penting Anda lihat.

Diatas adalah ulasan terkait lampu indikator dashboard mati baik penyebab maupun cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.