Penyebab Piringan Cakram Panas: 4 Faktor & Cara Mengatasi

Penyebab Piringan Cakram Panas – Terdapat beberapa faktor penyebab piringan cakram panas peluang ada gesekan. Beberapa orang berasa cemas jika hal tersebut terjadi. Piringan cakram memang sebetulnya gampang panas. Karena, piringan rem cakram pada kendaraan berputar-putar dan melekat pada rodanya.

Saat Anda mencapai rem, karena itu kampas rem akan alami gesekan. Selanjutnya menjepit piringan itu, ini akan perlambat mobil Anda.

Sementara sisi yang pekerjaannya menjepit cakram namanya caliper. Perannya tergerak oleh piston untuk gerakkan brake pads pada cakram. Tetapi, tidak seluruhnya mobil mempunyai piringan cakram. Misalnya, mobil yang tua condong mempunyai rem tromol dibanding rem cakram.

Bersamaan dengan pemakaian rem, karena itu piringan itu makin lama bisa menjadi tipis. Jika sudah tipis, karena itu pengeremannya jadi tidak optimal.

Piringan cakram yang paling tahan dengan panas secara umum dibuat berbahan keramik. Tetapi bahan itu pemakaiannya pada tipe kendaraan balap. Untuk memperjelasnya berkaitan penyebab piringan cakram panas dan cara mengatasi akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

penyebab piringan cakram panas

Penyebab Piringan Cakram Panas

Nach untuk memperjelasnya berkaitan penyebab piringan cakram panas akan dibahas lebih pada dalam pembahasan berikut:

1. Salah Pergantian Kampas

Komponen cakram yang kotor dapat mengakibatkan rem cakram geret biasanya penyebab piringan cakram panas di sepeda motor seperti skuter matik (skutik), sport bike dan beberapa motor lainnya. Dikarenakan oleh kampas rem yang sudah habis atau terjadi kesalahan peletakan.

Menurut kampas rem cakram memang terlihat mudah, tapi terkadang masih mekanik yang salah kaprah di proses penggantian kampas rem cakram, khususnya untuk rem cakram belakang.

Kesalahan paling biasa terjadi saat proses penggantian kampas rem, mekanik seringkali tidak melepas caliper dari dudukannya. Walaupun sebetulnya ada komponen pada kaliper yang penting teratur dibersihkan dan diberi gemuk yaitu as floating kaliper.

2. Kotoran Menimbun Pada Proses Rem

Debu atau kotoran akan semakin menumpuk bersamaan pemakaian dalam periode saat yang panjang juga dapat menjadi penyebab piringan cakram panas. Bukanlah mengincar pembikinan yang cepat, dan tidak mau repot. Ada beberapa mekanik yang tidak mau repot untuk melepas kaliper belakang.

Baca Juga  Penyebab Magnetic Clutch Tidak Berputar: 7 Faktor & Dampak

Melepaskan kaliper belakang perlu kerja ekstra, karena mekanik harus membuka as roda untuk melepas segi ini. Khususnya untuk beberapa motor produksi terkini, biasanya as kaliper diperkirakan berpadu dengan dudukan.

Ini menjadi salah satunya hal yang menyebabkan persoalan rem cakram geret. Dari hal sepele seperti ini, dampaknya bisa masa panjang dan jadi penyebab piringan cakram jadi panas.

3. Kampas Rem Tidak Standard

Menggunakan kampas rem yang orisinal, akan menghindariikanmu dari rem cakram geret dan menjadi penyebab piringan cakram panas. Faktor yang juga sangat penting yang menyebabkan rem cakram geret adalah pemilihan kampas rem yang tidak tepat. Biasanya kampas rem dibikin dengan bahan keramik organik.

Betul ada banyak kampas rem yang dibikin dengan bahan lebih keras, tapi ini dibuat berdasarkan karakter rem kendaraan dan daya pengereman yang sudah pasti berlainan untuk setiap kendaraan.

Biasanya kampas rem yang lebih keras digunakan pada sepeda motor. Agar lebih tepat dan kurang debu. Bila kamu mengganti kampas rem dengan karakter lebih lunak, bisa menambah daya pengereman. Ini dapat menyebabkan gesekan yang merintangi putaran roda, saat rem lepas.

Jadi tidak tutup kesempatan bisa menyebabkan rem cakram motor geret. Karena lainnya juga bisa punya pengaruh pada rem cakram motor macet dan bisa mengakibatkan piringan cakram jadi panas.

4. Peletakan Pin Kaliper Yang Salah

Peletakan pin kaliper yang tidak benar, bisa menjadi penyebab piringan cakram panas. Sepeda motor terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan caliper rem tipe floating yang digunakan pada cakram motor. Dalam komponen itu kamu akan merasakan komponen pin caliper.

Pin ini berperanan sebagai kutub untuk pergerakan kaliper rem ke kanan dan kekiri (float). Pergerakan kaliper ini akan mempengaruhi daya pengereman kampas.

Jika kondiri pin caliper licin, karenanya kaliper bisa bergerak dengan mudah. Kliper macet yang punya pengaruh pada kampas rem cakram macet yang disebakan oleh pin kurang pelumas.

Cara Mengatasi Piringan Cakram Panas

Saat Anda telah mengetahui penyebab cakram jadi panas terlalu berlebih, seharusnya selekasnya kurangi kecepatan kendaraan. Triknya dengan coba mengimplementasikan rem secara pelan-pelan.

Baca Juga  Bentuk Pengabutan Yang Baik Adalah: 3 Cara Dan Ulasan

Disamping itu, Anda dapat memakai rem tangan. Ya, walau rem tangan sebetulnya tidak dibuat untuk perlambat pergerakan kendaraannya, tetapi banyak memiliki faedahnya. Salah satunya perannya ialah jaga status kendaraan supaya tidak bergerak ke mana saja saat stop.

Penyebab yang lain piringan cakram jadi panas bisa juga dari jalan aspal . Maka, pada saat meluncur mobil tidak bisa stop, karena itu jalan keluarnya ialah tentukan jalan yang bersemak. Disamping itu, mencari yang lain dapat dengan jalanan yang ada tumbuhan muda.

Argumen pilih jalan bersemak untuk menolong kurangi kecepatan kendaraan. Namun, janganlah sampai Anda mencapai object lain, terkecuali semak atau tumbuhan muda. Karena, nanti justru akan menghancurkan suspensi mobil. Bahkan juga akan jadikan mobil stop secara tiba-tiba.

Selanjutnya, saat Anda memeriksa rem cakram saat kendaraan telah stop, karena itu peluang rem itu bisa menjadi memeras dan berasap.

Dan apabila sudah semacam itu, karena itu jalan keluarnya ialah perlu mendinginkannya dengan cara biarkan demikian saja atau tertiup angin.

Sementara ada penyebab temperatur cakram terlampau panas, hal tersebut akan jadikan rotor bengkok. Agar bisa menghindarinya, perlu memutar roda kendaraan secara perlahan-lahan dengan gigi satu. Hingga kendaraannya tidak meluncur lumayan jauh.

Lakukan Pengujian Periodik

Sementara untuk tahu penyebab cakram panas, karena itu seharusnya lakukan pengujian piringan cakram satu tahun sekali atau tiap pergantian kampas rem. Di saat service itu, bisa juga lakukan pengujian ketebalan pada piringan.

Bila rupanya tebalnya telah di bawah yang semestinya, karena itu elemen itu lakukan pergantian sama yang baru. Disamping itu, lakukan pengujian teratur pada minyak rem. Hal tersebut untuk pastikan peranan rem apa masih kerja dengan prima atau mungkin tidak. Dan bila Anda kerap memakai saat musim penghujan, seharusnya selalu membersihkan sama air mengucur.

Di atas ialah pembahasan berkaitan penyebab piringan cakram panas dan cara mengatasi. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.