Cara Pasang Metal Jalan Mobil: 9 Prosedur Dan Ulasan

Cara Mudah Pasang Metal Jalan Mobil – Apabila terjadi kerusakan pada bagian metal jalan dan metal duduk perlu dilakukan penggantian. Namun dalam penggantian tidak boleh sembarang karena terdapat prosedur atau cara pasang metal jalan pada mesin mobil.

Metal jalan sebagai bagian dari mesin mobil yang berada pada batang piston (setang sekher). Peranan metal jalan tersebut yaitu sebagai tempat pergeseran di antara batang piston dan crank shaft (ker as).

Maka dari itu, metal jalan ini akan aus jika oli mesin pada mesin mobil itu menyusut. Untuk lebih jelasnya terkait cara pasang metal jalan pada mesin mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara pasang metal jalan

Cara Pasang Metal Jalan Pada Mesin Mobil

Dalam menjaga supaya metal jalan bekerja dengan baik dan optimal, perlu dilaksanakan usaha untuk menangani penyebab kerusakan bagian tersebut. Maksudnya adalah untuk memperoleh akar penyebab persoalan itu, hingga nanti bisa dijumpai usaha apa yang perlu dilaksanakan untuk menahan kerusakan metal jalan pada mesin mobil.

Selain itu bagian tersebut masih tetap pada keadaan maksimal dan tidak muncul kerusakan yang menyebabkan membesarnya ongkos operasional untuk perawatan, penggantian elemen mesin.

Oleh karena itu perlu prosedur atau cara perawatan atau pasang metal jalan pada mesin mobil. Hal ini tidak boleh sembarangan dilakukan agar maksimal. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pasang metal jalan pada mesin mobil yaitu:

  1. Bebaskan bagian dari silinder head dan semua sisi yang menempel pada silinder head itu seperti penyaring udara, knalpot, rocker arm, dan yang lain.
  2. Membuka sisi penutup bawah atau karter pada mesin mobil.
  3. Bebaskan ke-2 baut pengunci batang piston. Selanjutnya mengambil belahan batang pistonnya.
  4. Mengeluarkan piston dengan cara menekan dari dalam ke luar memakai kayu supaya batang piston tidak cedera (penyok).
  5. Mengambil metal jalan yang ada pada batang piston dengan cara mencongkel dengan obeng min (-).
  6. Gunakanlah metal jalan yang baru yang sama ukuran atau serupa pada metal jalan yang hendak ditukar. Misalkan jika memiliki ukuran standard (0.00), karena itu ubahlah sama ukuran standard juga.
  7. Pasang kembali piston dengan pelan-pelan supaya metal jalan tidak lepas.
  8. Memasang dan mengencangkan kembali baut pengunci batang piston. Selanjutnya pasang tutup belakang mesin.
  9. Pasang semua sisi yang sudah dilepaskan awalnya di bagian silinder head.
Baca Juga  Ciri Ciri Nozzle Rusak : 5 Tanda Dan Ulasan

Ciri – Ciri Metal Jalan Mobil Rusak

Setelah mengetahui cara pasang metal jalan maka perlu diketahui gejala atau ciri ciri kerusakan pada bagian tersebut. Dampak yang terjadi jika metal jalan sudah alami aus atau rusak yaitu mesin Mobil mengeluarkan bunyi kasar saat mesin Mobil itu dihidupkan. Bunyi itu akan terdengar keras dari sisi dalam mesin Mobil.

Disamping itu, beberapa ciri kerusakan metal jalan yang rusak kronis bisa kelihatan dari mesin Mobil yang tidak bisa diengkol atau geret (macet). Bila mesin Mobil sampai macet, karena itu kemungkinan ker as akan cedera dan harus dilaksanakan proses selipanan atau over size.

Maka dari itu, pengujian oli mesin pada mesin Mobil harus dilaksanakan dengan teratur. Supaya metal jalan itu tidaklah sampai alami kerusakan. Tetapi, bila alami kerusakan pada metal jalan, sebaiknya menukar metal jalan itu dengan ukuran yang sesuai metal jalan yang lama.

Dampak Metal Jalan Mobil rusak

Setelah mengetahui cara pasang dan ciri kerusakan pada metal jalan maka perlu diketahui pula dampak atau akibat kerusakan pada bagian metal jalan. Dampak yang terjadi jika metal jalan sudah alami aus (rusak) yaitu mesin Mobil mengeluarkan bunyi kasar saat mesin Mobil itu dihidupkan. Berikut dampak metal jalan mobil rusak diantaranya yaitu:

1. Rusaknya connecting rod dan crankshaft

Akibat perputaran poros engkol yang tidak imbang akan menyebabkan rusaknya connecting rod dan crankshaft. Di antara metal jalan dengan metal duduk ada yang bernama susunan film atau oil film.

Baca Juga  Pemeriksaan Kepala Silinder : 5 Cara Dan Ulasannya

Oil film bekerja pada jarak (sela) tertentu. Jika oil film telah kendur karena itu oil film yang berperan sebagai pelumas buat melapis ke-2 bearing atau metal itu tidak tercipta. Bila susunan oil film lenyap, karena itu ke-2 metal itu beradu, akhirnya akan membuat oil pressure (penekanan oli) loss atau oli jadi terbuang.

2. Membuat perputaran poros engkol tidak imbang

Peranan poros engkol adalah untuk mengganti gerak turun naik piston (torak) menjadi gerak putar yang pada akhirnya bisa atau dapat menggerakkan roda edan (fly wheel). Tenaga yang dipakai untuk gerakkan roda kendaraan dibuat pada oleh hasil pembakaran (cara usaha), selanjutnya hasil pembakaran ini bisa menggerakkan torak.

Selanjutnya lewat tangkai torak dan diganti menjadi pergerakan putar oleh poros engkol atau crakshaft. Poros engkol terima beban yang besar sekali dari piston (torak) dan connecting rod, ditambah lagi cara kerjanya yang bekerja pada kecepatan tinggi.

3. Performa mesin turun

Akibat kerusakan pada metal jalan menyebabkan performa motor turun. Namun akibat metal jalan aus mengakibatkan penekanan oli cepat turun hingga performa motor tidak maksimal.

Diatas adalah ulasan terkait cara pasang metal jalan pada mesin mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.