Fungsi High Pressure Pump, & Cara Kerja

Fungsi High Pressure Pump – Didalam supplay pump pada sistem common rail terdapat satu bagian yang bernama high pressure pump. Fungsi high pressure pump ini sangat penting agar bahan bakar memiliki tekanan. Lalu apa fungsi high pressure pump? Bagaimana cara kerja high pressure pump. Berikut ulasannya terkait fungsi high pressure pump dan cara kerjanya.

Fungsi High Pressure Pump

Pada umumnya fuel suplai pump terbagi dalam low pressure pump dan high pressure pump. Low pressure pump memiliki type intern rotor pump atau trochoid pump yang berperan sebagai feed pump. Low pressure pump berperan untuk mentransfer fuel dari fuel tank ke ke-2 high pressure pump.

Selainnya feed pump, fuel suplai pump memiliki priming pump yang berperan untuk mentransfer fuel dari fuel tank ke high pump dengan cara manual. Umumnya priming pump dipakai di saat bleeding udara pada fuel sistem.

Fungsi high pressure pump adalah untuk mentransfer fuel ke common rail. Berlainan dengan low pressure pump, high pressure pump sanggup mentransfer fuel ke common rail dengan penekanan yang tinggi. High pressure fuel pump digerakan oleh camshaft pada fuel suplai pump.

fungsi high pressure pump

Cara Kerja High Pressure Pump

Setelah mengetahui fungsi high pressure pump, maka perlu diketahui pula cara kerja high pressure pump. Fuel suplai pump memiliki cam dengan 3 biji protusion (cam lobe) hingga jumlah silinder pada high pressure pump bisa dikurangkan jadi 1/3 dari jumlahnya silinder engine. Lebih detilnya adalah seperti berikut:

  • 2 X perputaran crankshaft = 1 X perputaran fuel pump drive shaft
  • 1 high pump = 3 cam lobe
  • 2 X perputaran crankshaft = 3 X proses pemompaan fuel ke common rail.
Baca Juga  Komponen Master Rem Motor: 10 Bagian Dan Ulasan

Dari pengakuan di atas bisa ditarik simpulan jika:

Di dalam 2 X perputaran crankshaft akan hasilkan 6 X cara pemompaan fuel dari ke-2 high pump (no.1 dan no.2) ke common rail untuk layani 6 injector.

Jumlah cara pemompaan fuel ke common rail adalah sama dalam jumlah cara penginjeksian fuel ke ruangan bakar hingga memungkinkannya terwujudnya konsistensi pressure pada common rail.

Pemompaan fuel dari high pressure fuel pump ke common rail dipisah jadi:

  • No.1 high pressure pump berperan untuk menahan berlangsungnya pengurangan pressure di common rail di saat terjadi proses injeksi di silinder no. 1, no.2 dan no.3
  • No.2 high pressure pump berperan untuk menahan berlangsungnya pengurangan pressure di common rail di saat terjadi proses injeksi di silinder no. 4, no.5 dan no.6.

Saat plunger mengarah ke bawah karena itu katup inlet akan terbuka hingga bahan bakar akan terserap masuk ke ruang pompa.

Ketika pada posisi titik mati baawah atau TMB dan plunger mulai bergerak ke atas, karena itu katup akan tertutup karena katup tipe ini sebagai katup satu arah dan bahan bakar dalam ruangan pompa ini akan dikompresikan. Akibatnya bahan bakar akan tergerak keluar pada aliran outlet.

Pada high pressure pump terdapat beberapa komponen electromagnetic switch off yang berperan untuk mematikan atau hentikan saluran bahan bakar saat kunci contact off.

Baca Juga  Torsion Bar Spring Pada Sistem Suspensi: Fungsi & Cara Kerja

Diatas adalah ulasan terkait fungsi high pressure pump, dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.