Berikut Adalah Fungsi Dari Priming Pump: Peran & Cara Kerja

Berikut Adalah Fungsi Dari Priming Pump – Didalam mekanisme bahan bakar mesin diesel terdapat berbagai bagian salah satunya primping pump. Lantas, berikut adalah fungsi dari priming pump?

Fungsi Priming pump atau fuel supply pump atau feed pump, menjadi satu komponen penyusun proses bahan bakar mesin mobil diesel. Disebutkan sebagai priming karena tugas fungsi priming pump ini adalah siapkan bahan bakar untuk diteruskan ke pompa injeksi (injection pump).

Ada dua type priming pump yang digunakan pada mobil diesel sesuai sama tipe pompa injeksi yang digunakan, yaitu priming pump untuk tipe in-line dan priming pump untuk tipe distributor. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan terkait fungsi dari priming pump pada sistem bahan bakar diesel.

berikut adalah fungsi dari priming pump

Berikut Adalah Fungsi Dari Priming Pump

Sama dengan namanya, berikut adalah fungsi dari priming pump yaitu mengambil bahan bakar dari bak penyimpanan mobil. Seterusnya, komponen ini akan alirkannya ke bagian mobil lainnya yaitu ke injection pump.

Sebelum dilanjutkan, mesin memiliki penyaringan bahan bakar melalui filter solar terlebih dahulu. Jika sudah bahan bakar yang disedot akan langsung dilanjutkan.

Untuk cara kerjanya, fuel Supply pump ini berada di pompa injeksi dan dilaksanakan oleh tenaga camshaft. Tidak cuma mengambil bahan bakar, komponen priming pump dapat mengeluarkan udara yang tidak dibutuhkan dalam proses bahan bakar mesin diesel.

Baca Juga  Macam Macam Mal : 5 Jenis Dan Fungsinya

Dengan begitu, tidak dapat terjadi permasalahan pada pompa injeksi dan sebagainya. Jika terjadi persoalan pada bagian injection pump, karenanya priming pump akan sesegera mengatasinya.

Tapi, jika priming pump peranannya terganggu dan tidak jalan seperti harusnya, ini bisa membuat kendaraan memiliki roda 4 mendadak mati. Karena itu, pengetahuan dan fungsi priming pump untuk isi cukup ruang bahan bakar saat mobil dikemudikan.

Bagian Dari Priming Pump

Priming pump tersusun atas beberapa komponen khusus supaya bekerja optimal. Berikut beberapa komponen itu:

1. Priming pump piston

Komponen priming pump yang pertama adalah piston atau torak. Berikut komponen khusus yang memungkinkan priming pump mampu menghisap bahan bakar dari bak penyimpanan.

Fungsi Piston hidupkan penekanan udara pada proses kendaraan sampai bak penyimpanan masuk kondisi vakum dan bahan bakar dapat terserap masuk.

2. Check valve

Komponen selanjutnya adalah check valve atau katup cek. Fungsi dari check valve adalah meredam berjalannya penekanan dari arah yang bersimpangan sampai tidak ada aliran balik (backflow).

3. Filter solar

Komponen penyusun priming pump yang terakhir adalah filter solar. Peranannya adalah memfiltrasi bahan bakar dari bak penyimpanan sebelum dilanjutkan ke pompa injeksi mesin diesel. Karena ada filter ini, bahan bakar yang masuk ke pompa injeksi benar-benar bersih.

​​​​​​​Cara Kerja Priming Pump

Cara kerja priming pump sebenarnya masih menggunakan proses konvensional, tepatnya mempercayakan kontributor tenaga manusia. Priming pump bekerja dengan memberikan tanggapan pada penekanan yang dikasih pada pump handle.

Baca Juga  Tipe Rem Cakram : 6 Jenis Dan Ulasannya

Saat menekan pump handle dengan tangan, karenanya diafragma proses bahan bakar akan bergerak turun. Toko check valve dari priming pump terbuka sampai bahan bakar dapat mengalir. Di sisi lain, inlet valve tutup untuk meredam aliran balik.

Sebaliknya, saat handle pump dilepaskan, karenanya diafragma akan kembali pada tempat awalnya. Musnahnya penekanan ini akan menghasilkan kondisi vakum. Toko check valve tertutup dan inlet valve terbuka. Bahan bakar masuk ke proses ruang pompa injeksi.

Fungsi priming pump pada mobil berbahan bakar diesel ternyata penting. Tanpa komponen ini, ruang pompa injeksi tak pernah berisi penuh dengan bahan bakar saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Diatas merupakan berikut adalah fungsi dari priming pump, bagian, dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.