Fungsi Ring Gear Adalah: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Dan Cara Kerja Ring Gear Adalah – Didalam gardan atau differential terdapat berbagai bagian salah satunya adalah ring gear. Fungsi ring gear pada gardan adalah untuk meneruskan tenaga dari poros kopel.

Bagian gardan sendiri pada umumnya bermanfaat saat mobil membelok. Saat mobil belok ke kiri maka dari itu roda belakang bagian kiri mempunyai jarak lintasan lebih pendek dibanding roda belakang kanan. Jika perputaran roda kiri sama dengan roda kanan, maka dapat mengakibatkan slip pada roda kiri karena perputaran roda semakin banyak dibanding jarak lintasannya.

Untuk dapat melaksanakan kerja tersebut maka dibagian gardan terdapat komponen bernama ring gear. Tanpa adanya bagian ini maka tenaga dari poros kopel tidak dapat diteruskan ke berbagai komponen lain pada gardan. Berikut adalah ulasan terkait fungsi ring gear dan cara kerjanya secara lebih jelas dalam pada artile berikut ini.

fungsi ring gear adalah

Fungsi Ring Gear

Fungsi ring gear adalah untuk menerima putaran tenaga yang berasal dari drive pinion yang nanti akan dilanjutkan ke komponen seterusnya yakni side gear. Ring gear dan pinion drive disebutkan sebagai serangkaian final gear pada differential. Hal itu dikarenakan ke-2 bagian tersebut berada pada bagian akhir mekanisme powertrain mobil.

Komponen ring gear mempunyai fungsi adalah untuk menerima perputaran yang dilanjutkan dari drive pinion gear. Seterusnya roda bisa diputar sebesar 90 derajat. Ring gear sebagai roda gigi yang memiliki bentuk seperti cincin/ring. Bagian ring gear tersambung dengan drive pinion yang tersambung secara langsung dengan propeller shaft (as kopel). Secara fungsi, ring gear mempunyai beberapa fungsi penting untuk gardan yaitu:

  1. Sebagai penerus perputaran dari drive pinion gear
  2. Mengganti pojok perputaran dari drive pinion gear sampai 90 derajat
  3. Membesarkan torque dari drive pinion gear
  4. Tempat posisi differential case carrier yang berisi pinion gear dan side gear
Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel : Ulasan Lengkap

Cara Kerja Ring Gear

Maka dari itu perlu dipahami juga terkait cara kerja ring gear. Ring gear sebagai bagian dari gardan kendaraan yang lebih dikenal dengan gigi matahari. Pada umumnya komponen ini mempunyai lekukan gigi sekitaran 36 dan 40 terutamanya untuk tipe mobil SUV. Namun untuk gardan mobil mini, umumnya jumlah lekukan gigi pada ring gear semakin sedikit sesuai keperluan kendaraan.

Ring gear berperan untuk meneruskan daya dari propeller shaft diperkecil sesuai tenaga yang dilanjutkan drive pinion ke ring gear. Hal ini mempunyai tujuan untuk mengubah arah putaran roda sebesar 90 derajat untuk memudahkan mobil saat membelok keseluruhannya.

Saat differential case berputar bersama dengan ring case, karena itu pinion akan berputar pada porosnya dan bergerak melingkari side gear samping kanan akan menjadi bertambah. Ini membuat jumlah perputaran side gear satunya jadi 2x perputaran ring gear. Untuk memaksimalkan perputaran ring gear, kamu harus rajin check oli gardan mobil.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi ring gear dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.