Air Wiper Tidak Keluar: 8 Penyebab Dan Ulasan

Penyebab Air Wiper Tidak Keluar – Air wiper adalah fitur penting pada mobil yang membantu membersihkan kaca depan mobil dari kotoran atau debu yang menempel. Ketika tombol washer ditekan, air wiper akan keluar dan membantu membersihkan kaca depan mobil secara efektif. Namun, ada beberapa kasus ketika air wiper tidak keluar meskipun tombol washer sudah ditekan. Hal ini dapat menyebabkan kaca depan mobil menjadi kotor dan sulit untuk dibersihkan, sehingga dapat mengurangi keamanan dalam berkendara.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan beberapa pemeriksaan dan perbaikan. Dalam hal ini, pemilik mobil harus memahami penyebab umum mengapa air wiper tidak keluar dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut agar air wiper dapat berfungsi dengan baik kembali. Pemeriksaan dan perbaikan yang tepat akan membantu menjaga agar air wiper dapat berfungsi secara efektif dan memastikan kaca depan mobil tetap bersih dan bebas dari kotoran yang mungkin mengganggu penglihatan saat berkendara.

air wiper tidak keluar

Air Wiper Tidak Keluar

Jika air wiper pada mobil Anda tidak keluar ketika tombol washer ditekan, ada beberapa kemungkinan penyebab yang perlu diperiksa, antara lain:

1. Cek ketersediaan air pada wadah washer

Pastikan bahwa wadah air washer Anda telah terisi air dengan cukup. Jika tidak, isi kembali wadah air tersebut dengan air bersih dan coba lagi untuk mengeluarkan air wiper.

Baca Juga  Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi : 6 Penyebab Dan Ulasan

2. Periksa kabel dan koneksi listrik

Jika tidak ada air yang keluar ketika tombol washer ditekan, kemungkinan ada masalah pada kabel dan koneksi listrik antara washer dan pompa air. Periksa kabel dan pastikan bahwa koneksi listrik telah terpasang dengan benar. Jika terdapat kerusakan pada kabel atau koneksi, Anda dapat membawa mobil ke bengkel atau mekanik untuk diperbaiki.

3. Cek kerusakan pada pompa air washer

Jika ketersediaan air dan koneksi listrik telah diperiksa dan tidak ada masalah, kemungkinan ada kerusakan pada pompa air washer. Periksa pompa air washer dan pastikan bahwa pompa tersebut berfungsi dengan baik. Jika pompa air washer tidak berfungsi dengan baik, maka perlu untuk menggantinya.

4. Cek penyumbatan pada selang washer

Kemungkinan lain yang menyebabkan air wiper tidak keluar adalah karena ada penyumbatan pada selang washer. Cek selang washer dan pastikan tidak ada sumbatan pada selang tersebut. Jika ditemukan sumbatan pada selang, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan jarum atau alat pembersih lainnya.

5. Tersumbatnya nozzle air washer

Nozzle air washer adalah bagian yang berfungsi sebagai semprotan air pada wiper mobil. Jika nozzle tersumbat oleh kotoran atau debu, maka air tidak dapat keluar dan membatasi aliran air. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada air wiper. Untuk mengatasi masalah ini, coba membersihkan nozzle air washer dengan membersihkannya dengan jarum atau alat pembersih khusus.

Baca Juga  Penyebab Transmisi Berdengung: 8 Faktor Dan Ulasannya

6. Kerusakan pada saklar washer

Saklar washer atau tombol washer dapat rusak karena penggunaan yang berlebihan atau karena kabel yang putus. Ini dapat menyebabkan masalah pada aliran air wiper dan mengakibatkan air tidak keluar ketika tombol washer ditekan. Untuk memperbaiki masalah ini, bisa memeriksa saklar washer atau membawa mobil ke bengkel atau mekanik terdekat untuk perbaikan.

7. Kerusakan pada selang washer

Selang washer yang rusak atau sobek dapat mengakibatkan air tidak keluar pada wiper mobil. Ini dapat terjadi jika selang terkena kerusakan atau sobek karena usia atau karena terkena benda asing saat berkendara. Untuk mengatasi masalah ini, perlu memeriksa selang washer dan menggantinya jika ditemukan kerusakan atau sobek.

8. Pompa air washer rusak

Pompa air washer rusak dapat menyebabkan masalah pada aliran air wiper, salah satunya air wiper tidak keluar. Bagian ini berfungsi untuk mengalirkan air dari wadah washer ke nozzle. Jika pompa rusak, maka aliran air akan terhambat dan tidak dapat keluar. Untuk mengatasi masalah ini, perlu memeriksa pompa air washer dan menggantinya jika ditemukan kerusakan.

Jika telah dilakukan semua langkah pemeriksaan dan perbaikan, namun masalah tetap terjadi, maka sebaiknya membawa mobil ke bengkel atau mekanik terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki secara profesional.

Ayo Cilacap - - - -