fungsi shock absorber

Fungsi Shock Absorber Pada Sistem Suspensi

Fungsi Shock Absorber – Shock absorber adalah satu dari beberapa elemen yang ada dalam mekanisme suspensi mobil. Elemen ini mempunyai fungsi yang penting untuk mekanisme suspensi supaya terbentuk kenyamanan dan konsistensi waktu mobil meluncur baik dijalan yang rata atau bergelombang. Lalu apa fungsi shock absorber?

Komponen ini dan elemen pada mekanisme suspensi yang lain berperan untuk memberi kenyamanan dan keamanan waktu mobil meluncur di jalan yang bergelombang atau waktu bermanuver di jalan membelok. Bila shock absorber hancur, karena itu mobil akan berasa melayang-layang waktu saat meluncur di jalan bergelombang, bunyi gluduk-gluduk sampai bisa mengakibatkan keausan yang tidak rata pada permukaan tapak ban.

Oleh karena itu shock absorber perlu perawatan agar dapat berfungsi dengan baik. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi shock absorber akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi shock absorber

Fungsi Shock Absorber

Fungsi shock absorber adalah untuk memperhalus atau menahan getaran yang muncul karena getaran kinetik dari per daun atau per koil dengan meresap energi kinetik itu dan menggantinya jadi energi panas yang bisa diteruskan lewat minyak hidrolik atau gas.

Di dalam tabung shock absorber ini ada medium penyerap getaran kinetik yang berbentuk minyak hidrolik atau gas. Medium penyerap berbentuk minyak hidrolik atau gas ini di tempatkan dalam tabung terpisah di mana semasing tabung akan tersambung dengan mekanisme suspensi roda mobil. Satu segi shock absorber tersambung dengan kerangka kendaraan dan segi yang lain tersambung dengan lengan ayun yang meredam as roda.

Baca Juga  Komponen Suspensi : 11 Bagian Dan Ulasannya

Saat berlangsung tampil energi kinetik berbentuk gerak turun naik pada shock absorber. Akibatnya minyak hidrolik atau gas di dalamnya akan menahan gerakan itu dan menggantinya jadi energi panas. Pergerakan turun naik pada mekanisme suspensi ini dapat diredam oleh shock absorber. Oleh karena itu mobil dapat bergerak lebih konstan dan nyaman waktu di kendarai.

Shock absorber berperan untuk menahan oskilasi (pergerakan turun-naik) pegas waktu terima surprise dari permukaan jalan. Sebab bila mekanisme suspensi cuman memercayakan pegas, karena itu guncangan yang terterima oleh kerangka mobil akan besar. Selain itu juga memerlukan waktu lama untuk kembali pada keadaan konstan.

Jika suspensi tidak diperlengkapi dengan sock absorber akan mengalami oskilasi yang lama. Sementara yang diperlengkapi dengan sock absorber oskilasi yang berlangsung dipercepat.

Diatas merupakan ulasan terkait fungsi shock absorber yang banyak digunakan pada kendaraan. Dengan peranan yang sangat penting maka shock absorber perlu perawatan agar dapat bekerja dengan maksimal. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion