Ciri Ciri Relay Starter Motor Rusak: 8 Gejala Dan Perbaikan

Ciri Ciri Relay Starter Motor Rusak Dan Cara Memperbaiki – Relay motor starter merupakan bagian dari sistem starter yang sering mengalami permasalahan. Terdapat beberapa ciri ciri apabila relay starter motor rusak.

Relay sebagai elemen listrik yang memiliki 2 sisi yaitu, kumparan dan point. Peranan relay starter ini adalah untuk mengontrol dan menyalurkan listrik supaya motor starter dapat dihidupkan dengan tombol.

Relay starter atau bedik starter yang memiliki masalah akan mengganggu dalam proses berkendara. Karena itu kita jadi kesusahan menghidupkan mesin sepeda motor. Dari yang awalnya cukup memencet tombol starter, jadi harus keluar tenaga extra untuk memakai kick starter atau starter celah.

Tetapi sudah diketahui bersama, permasalahan di starter electric sepeda motor tidak cuma dapat terjadi pada accu, misalnya, relay starter ini. Sama dengan elemen lain pada sepeda motor, keadaan relay starter bisa juga turun seiring waktu berjalan.

Penurunan perfoma dari relay starter tentu akan mengganggu kinerja dari sistem starter. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri relay starter motor rusak dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri relay starter motor rusak

Ciri Ciri Relay Starter Motor Rusak

Terdapat beberapa gejala apabila relay atau bendik starter pada motor mengalami kerusakan. Ciri ciri relay starter motor yang rusak diantaranya yaitu:

1. Motor Susah Distarter

Ciri ciri relay starter motor rusak yang pertama tentu motor akan sulit distarter. Saat motor susah distarter, beberapa pemilik motor yang menduga jika permasalahannya muncul karena kerusakan di dinamo starter. Walau sebenarnya dinamo starter sebagai salah satu elemen motor yang bandel. Dinamo starter direncanakan dengan durabilitas tinggi hingga jarang alami kerusakan.

Bila memang ada permasalahan, umumnya ini karena brush atau arang yang perlu ditukar. Tetapi bila arang dinamo starter telah ditukar tetapi mesin kendaraan belum hidup bisa saja kerusakan ada di relay starter.

2. Ada Bunyi Cetek Saat Tombol Starter Didesak

Ciri ciri yang kedua dapat disebut umum terjadi pada relay starter sepeda motor yang rusak. Saat keadaan normal, mesin sepeda motor langsung akan berpijar saat tombol starter didesak. Tetapi saat ada kerusakan, akan susah untuk Anda menghidupkan mesin motor.

Nach, beberapa gejala yang umum terjadi saat relay starter motor rusak adalah bunyi cetak-cetak saat tombol starter ditekan. Bunyi ini muncul karena relay tidak berhasil untuk menyalurkan listrik dari accu ke dinamo starter.

3. Mesin Tidak Dapat Berpijar, Walau sebenarnya Accu Normal

Seperti telah disebutkan awalnya, mekanisme electric starter terbagi dalam beberapa elemen, satu diantaranya adalah accu.

Accu ini berguna untuk mengalirkan dan sebagai sumber arus listrik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin. Tetapi jika keadaan accu masih bagus, tetapi electric starter tidak berperan karena itu bisa saja menjadi ciri ciri relay starter motor yang rusak.

Baca Juga  Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak: 5 Gejala Dan Perbaikan

4. Accu Tiba-tiba Tekor Saat Distarter

Diringkas dari beberapa sumber, accu tiba tiba tekor saat distarter semacam ini dapat menjadi salah satu ciri-ciri relay starter sepeda motor rusak. Dari yang awalan keadaan aki normal, akan tetapi langsung tekor saat tombol starter didesak.

5. Dinamo Masih Normal, Tetapi Mesin Tidak Berpijar

Dinamo starter sebenarnya jarang memiliki masalah karena direncanakan dengan durabilitas yang tinggi. Permasalahannya malah umum terjadi pada bagian brush atau arangnya.

Nach, saat motor tidak dapat distarter walau sebenarnya keadaan sisi ini masih bagus karena itu kembali lagi relay starter bisa saja sebagai sumber permasalahannya.

6. Saat Kabel Terminal Dikosletkan, Saat itu juga Motor Seperti Distarter

Selanjutnya apabila sudah berjumpa dengan bendik starter. Selanjutnya kita korsletkan kutub negatif dan positifnya dengan cara menyambungkannya, saat itu juga bakal ada recikan api dan motor akan melakukan starter walau mesin pada kondisi off. Jika keadaannya semacam itu, karena itu telah ditegaskan dinamo starter tidak bekerja.

7. Body Relay Starter Hitam Menggembung

Terdapat beberapa ciri-ciri relay starter motor rusak dapat dijumpai di luar. Diikuti dengan mesin yang tidak dapat berpijar, karena itu ciri satu ini mewajibkan untuk membedah kotak relay dalam mesin. Supaya bisa tahu benarkah penyebab mesin mobil tidak dapat berpijar adalah relay-nya, karena itu Anda dapat check elemen itu.

Saatmemeriksa sisi permesinan kendaraan, lihat pada relay yang serupa dengan sakelar atau sekring berwujud kotak. Jika Anda mendapati elemen itu warna hitam, dengan wujud body yang menggembung seakan habis terbakar, karenanya pertanda relay rusak.

Keadaan body relay menggelembung dan hitam umumnya disebabkan karena elemen didalamnya rusak karena panas berlebihan. Karena itu, tidaklah aneh jika memiliki bentuk serupa dengan benda habis terbakar.

8. Tidak Ada Ikatan Arus Listrik

Ciri ciri relay starter motor rusak yang terakhir adalah tidak ada sambuangan arus listrik. Ingat relay adalah salah satu mekanisme kelistrikan dalam mesin mobil, karena itu jika tidak ada listrik sudah tentu elemen itu rusak. Untuk menentukannya, Anda perlu ohmmeter untuk mengetahui jaringan listrik.

Dalam relay starter ada terminal dan kumparan yang mengantarkan arus listrik. Terminal 85 dan 86 yang memiliki bentuk kumparan/belitan tersambung dengan kunci contact.

Dan, terminal 87 tersambung dengan solenoid starter dan terminal 30 tersambung dengan accu mobil. Jika saat diukur dengan ohm mtr, jika terminal 85 dan 86 tidak sama-sama tersambung, karena itu relay starter telah rusak. Tetapi, jika ke-2 nya tersambung, karena itu pengecekan kelanjutan dengan cara memberi arus listrik dapat dilaksanakan.

Baca Juga  Penyebab Motor Goyang Saat Kecepatan Rendah: 10 Faktor

Cara Memperbaiki Relay Starter Rusak

Setelah mengetahui ciri ciri relay starter motor rusak maka perlu dipahami juga terkait cara memperbaikinya. Cara memperbaiki relay starter motor yang rusak diantaranya yaitu:

1. Kenali pertanda relay starter memiliki masalah

Walau saat dipakai tidak membuat motor menyala, tetapi keadaan itu bukan berarti ciri ciri relay starter di motor rusak. Bisa saja hal tersebut disebakan oleh ada banyak elemen kabel yang terkupas (putus) atau justru ada keruskan pada dynamo. Nach, dalam ketahui pertanda relay starter rusak kita dapat pakai dua cara ini.

  • Pertama adalah dengan memakai prediksi atau naluri. Di mana ini dapat dilaksanakan dengan mengawasi beberapa lampu tanda yang ada pada panel speedometer. Jika stater dihidupkan kompenen itu masih tetap berpijar, itu maknanya accu baik saja.
  • Lantas cara ke-2 adalah dengan memeriksa memakai alat. Tujuannya adalah untuk mengecek bagaimana kelistrikannya dapat berjalan normal atau mungkin tidak.

2. Cari biang kerok penyebab kerusakan

Cara ke-2 yang penting kalian kerjakan dalam mengatasi persoalan ini adalah dengan cari penyebab keruskan. Relay starter mogok pasti ada pemicunya. Secara umum sebagai biang keladinya adalah berkaitan kotoran dan accu.

Tetapi, tidak tutup peluang disebakan dinamo yang mempunyai pekerjaan menghubungan stater dengan mesin. Bila kalian telah menemukan penyebab tetang permasalahan ini, pasti akan gampang untuk melakukan proses pembaruan.

3. Cara memperbaiki relay starter jika betul-betul rusak

Sesudah melakukan cara diatas dan dapat memastikan bila relay starter motormu betul-betul rusak, kalian dapat lakukan langkah-langkah ini.

  • Pertama adalah dengan melepas beberapa kabel penyambung di antara kabel elektrik starter yang ke arah relay starter.
  • Saat memakai solder supaya tidak megalami kerusakan saat kerjakan prosesnya. Jika cara barusan telah dilalui secara baik, bedah sisi elemen itu.
  • Sesudah terbuka, kerjakan pengamplasan pada tiap ujung terminal dari relay starter itu. Faedah dilaksanakan ini adalah sebagai usaha untuk membersihkan kotoran yang ada tempat itu.
  • Dapat juga merenggangkan pegas yang berada di relay starter. Maksudnya adalah supaya perform staternya dapat semakin baik kembali.
  • Paling akhir adalah tutup kembali bagian yang dilepaskan dengan memakai solder supaya bisa dipasang dan merekat dengan kuat.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri relay starter motor rusak dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -