Fungsi Pinion Gear: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Pinion Gear Dan Cara Kerja – Pada differential atau gardan terbagi menjadi dua bagian utama yaitu final drive dan differential gear. Didalam bagian differential gear terdapat pinion gear atau spider gear yang memiliki fungsi penting.

Elemen Differential kerap disebut dengan elemen gardan ini sebagai elemen yang berada pada bagian belakang mobil persisnya diantara dua roda belakang mobil.

Elemen ini mempunyai fungsi khusus sebagai penerus tenaga putar yang dibuat oleh mesin ke arah sisi roda untuk menggerakkan mobil. Hingga mobil bisa berjalan mundur-maju dan roda dapat membelok kanan kiri.

Untuk membedakan putaran roda tersebut maka gardan membutuhkan differential gear yang salah satunya adalah pinion gear. Pinion gear atau spider gear ini akan terhubung dengan bagian differential case dan side gear.

Dengan mekanisme tersebut maka putaran pada roda kiri dan kanan dapat berbeda. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi pinion gear atau spider gear dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi pinion gear

Fungsi Pinion Gear (Spider Gear)

Fungsi dari pinion gear atau spider gear adalah sebagai gigi pembanding putaran. Jumlah spider gear ada dua yang terletak 90 derajat pada side gear. Saat mobil berbelok, karena itu sandaran mobil akan cenderung kesisi dalam (contoh mobil belok ke kiri, karena itu sandaran lebih arah ke kiri).

Baca Juga  Pemeriksaan Tutup Radiator : 4 Cara Dan Ulasannya

Elemen ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dari side gear dan memiliki bentuk hampir serupa. Anda dapat mendapati elemen ini pada bagian differential persisnya pada side gear.

Cara Kerja Pinion Gear Atau Spider Gear

Cara kerja dari pinion gear atau spider gear sebenarnya sangat sederhana. Mekanisme atau cara kerja dari pinion gear atau spider gear yaitu menyebabkan roda sisi dalam semakin lebih berat dibanding roda sisi luar. Pada keadaan ketidaksamaan beban ini spider gear akan berputar.

Jika spider gear berputar walau sedikit, perputaran roda kiri dan kanan akan berlainan. Tapi saat jalan berjalan lurus, spider gear akan diam walau ring gear berputar cukup kuat.

Bagian dari pinion gear ini disambungkan dengan sebuah poros. Perannya cuma untuk poros untuk memudahkan pergerakan dari spider gear. Walau ada dua spider, gear porosnya cuma ada satu. Dalam kata lain, urutan ke-2 spider gear ini sama-sama bertemu.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi pinion gear atau spider gear dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -