Fungsi Four Post Car Lift: Peran Dan Ulasannya

Fungsi Four Post Car Lift – Dalam penggunaannya, terdapat berbagai jenis car lift diantaranya yaitu four post car lift. Tentunya car lift jenis ini memiliki perbedaan dengan jenis yang lain. Lalu apa fungsi four post car lift?

Car lift adalah alat pengangkat kendaraan keseluruhannya, yang tidak bisa dilakukan oleh dongkrak. Dengan car lift memberi kelonggaran yang semakin besar ke teknisi bengkel. Hal ini untuk bergerak secara bebas di bawah kendaraan dalam membenahi sebagian besar elemen yang berada di bawah kendaraan.

Berdasar pendorongnya car lift ini terdiri jadi beberapa jenis seperti misalnya adalah pendorong mekanikal (dengan poros berulir), pendorong hidrolik (memakai oli hidrolik) dan secara pneumatic (dengan udara bertekanan).

Disamping itu, car lift dapat diperbedakan dari memiliki bentuk, di mana ini ikut tentukan factor keamanan kerja. Di bawah berikut adalah beberapa macam car lift yang biasa digunakan di bengkel mobil.

Yang sering ditemukan penggunaannya di bengkel yaitu four post car lift. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi four post car lift akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi four post car lift

Fungsi Four Post Car Lift

Fungsi four post car lift adalah alat pengangkat kendaraan yang mempunyai empat tiang (kaki). Bila dibandingkan dengan type car lift yang lainn, type four post mempunyai tingkat keamanan yang terbaik karena mobil betul-betul ada di sandaran yang tersambung di antara dua tiang.

Baca Juga  Fungsi Vacuum Advancer, Komponen, & Cara Kerja

Dalam pemakaiannya, mobil akan ditaruh di atas lantai four post car lift hingga semua ban mobil akan memijak seutuhnya untuk selanjutnya mobil dapat diangkat keseluruhannya dengan aman.

Betumpunya ke-4 roda mobil pada tiap sandaran car lift jadikan mobil memijak secara baik. Sehinggai tipe ini dipandang lebih tahan pada guncangan yang besar. Oleh karena itu, tipe ini dipakai untuk pembaruan keselarasan roda (spooring) yang dalam pembaruan umum terjadi guncangan pada mobil saat dilaksanakan proses penyetelan.

Namun car lift tipe four post ini dipandang kurang pas untuk pembaruan chasis seperti rem, suspensi, ball gabung dan sebagainya. Karena pada tipe pembaruan itu, status roda mobil sebaiknya bergantung. Dan pada tipe car lift ini, roda mobil justru jadi sandaran.

Selain itu, car lift tipe four post ini kurang pas dipakai pada bengkel mobil umum karena ruangan kerja yang bisa dipakai oleh teknisi kekecilan dan terlampau sempit. Dengan lift ini, tugas untuk membuka ban, suspensi, dan tugas yang terkait di bagian pinggir kendaraan cukup susah dilaksanakan.

Oleh karena itu, lift tipe ini banyak dipakai untuk tugas yang tidak melepaskan roda misalnya spooring (wheel alignment) dan pengujian kolong tengah mobil.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi four post car lift pada perbaikan kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Komponen Sistem Pelumas: 15 Bagian & Ulasannya