Segitiga Motor Bengkok: 6 Penyebab, Gejala, Dan Cara Memperbaiki

Segitiga Motor Bengkok, Penyebab, Gejala, Dan Cara Memperbaiki – Terkadang terdapat berbagai permasalahan yang timbul terutama segitiga motor yaitu tidak center. Lalu apa penyebab segitiga motor bengkok? Apa saja gejala atau ciri cirinya? Dan bagaimana cara memperbaikinya?

Pada sepeda motor, segitiga jadi sisi paling penting karena menyokong suspensi depan dan dudukan pada komstir. Berada di sisi depan membuat segitiga motor mempunyai peranan akan pengaturan sepeda motor.

Terletak yang ada di sisi depan membuat berperanan penuh dalam mengontrol arah motor. Bila sisi ini memiliki masalah, karena itu harus langsung diperbaiki. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan berbagai permasalahan terutama dalam pengendalian pengemudian.

Penyebab khusus elemen ini bengkok atau hancur tidak selalu muncul melainkan karena menubruk atau kecelakaan. Untuk lebih jelasnya terkait segitiga motor bengkok baik penyebab, gejala, dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

segitiga motor bengkok

Segitiga Motor Bengkok

Sebagai penyangga dudukan pada komstir dan suspensi depan, segitiga motor mempunyai peranan yang fundamental. Karena faktor keamanan sampai kenyamanan dalam berkendaraan motor didukung oleh elemen ini. Apabila segitiga motor mengalami persoalan, seperti bengkok, motor akan tidak nyaman dan tidak aman untuk dikendarai.

Segitiga motor yang bengkok kemungkinan tidak akan terlalu kelihatan secara sepintas. Akan tetapi persoalan ini harus selekasnya jadi perhatian supaya tidak memunculkan persoalan lain.

Segitiga motor yang tidak center dapat muncul karena beragam faktor penyebab. Berikut sebagai penyebab kenapa segitiga motor menjadi bengkok diantaranya yaitu:

1. Motor alami kecelakaan

Penyebab pertama segitiga motor bengkok adalah kecelakaan. Kejadian kecelakaan di jalan raya sebagai salah satu faktor khusus kenapa elemen motor dapat hancur, termasuk di bagian segitiga motor. Saat motor menubruk suatu hal dapat menyebabkan segitiga motor jadi tidak akurat seperti sebelumnya. Hingga umumnya motor yang alami kecalakaan akan berasa oleng atau miring.

2. Penggunaan motor yang sembarangan dan ceroboh

Penggunaan motor yang ‘kasar’ dapat menjadi penyebab segitiga motor bengkok. Misalnya adalah berkendaraan dengan kecepatan tinggi di jalanan yang hancur. Roda motor akan melindas batu atau beberapa benda yang lain berantakan di jalan dengan kasar, hingga setang motor akan turut bergetar.

3. Motor lewat jalanan berlubang dengan keras

Jalanan yang hancur dan berlubang memang membutuhkan kesiagaan tinggi. Saat motor menyikat jalanan berlubang khususnya dengan kecepatan tinggi, motor akan alami bentrokan yang bisa membuat segitiga motor jadi bengkok. Diikuti karena ada kendor pada komstir atau stang motor sehingga menjadi sedikit berubah.

Baca Juga  Efek Paking Head Motor Bocor: 5 Tanda Dan Ulasan

4. Motor jarang dirawat

Motor yang jarang dirawat menjadi satu diantara peneybab segitiga motor jadi tidak center. Ini karena motor semestinya dilaksanakan service secara periodik, seperti saran ahli otomotif sampai produsen motornya. Dari service periodik ini, motor akan dicheck secara detail dan diperbarui jika ada persoalan.

5. Ada elemen yang lain hancur

Elemen motor yang lain yang bisa juga jadi penyebab segitiga motor tidak lurus, dimulai dari shockbreaker, kemudi, sampai as motor yang hancur atau mungkin tidak rata.

6. Umur Kendaraan

Faktor yang lain dapat menyebabkan elemen ini memiliki masalah adalah umur kendaraan. Kendaraan yang telah tua akan memunculkan beberapa komponen motor aus atau alami keluasan. Hal itu berkaitan dengan kisah penggunaan motor yang lumayan panjang.

Gejala Segitiga Motor Bengkok

Sesudah ketahui beberapa hal yang menyebabkan segitiga motor bengkok di atas, sekarang Anda perlu mengenal beberapa gejala yang dapat disaksikan bila elemen itu pada motor memiliki masalah. Bila alami satu diantaranya, karena itu benar ada yang keliru dengan salah satunya sisi motor Anda itu.

Gejala itu sebetulnya dapat disaksikan dan dirasa langsung. Maka dari itu Anda harus pahami beragam keadaan pada motor bila terjadi hal yang menjejal. Berikut gejala yang timbul akibat segitiga motor rusak atau bengkok yaitu:

1. Kemudi Berat

Gejala awalan yang bisa dirasa yaitu kemudi motor berasa berat samping dan sulit dibelokkan. Keadaan semacam ini membuat elemen ini tidak bekerja dengan optimal, hingga Anda akan kesusahan saat arahkan atau mengontrol status kendaraan.

2. Stang Stir Bergetar

Keadaan stang stir yang bergetar bisa juga memperlihatkan jika elemen itu sedang memiliki masalah. Getaran pada stang stir ini akan membikin tidak nyaman dan pergerakan motor jadi tidak lancar atau tersendat-sendat.

Sisi pelor bearing makin lama akan kendur karena getaran stang stir dapat membuat sisi yang lain jadi tidak rapat kembali. Stang yang oblak itu membuat kerjanya tidak konstan hingga tempatnya tidak dapat lempeng dan sulit ditujukan.

Baca Juga  Tanda Rantai Keteng Rusak: 3 Gejala & Cara Memperbaiki

3. Ada Suara Kasar

Ciri yang lain dapat disaksikan yaitu timbulnya suara kasar yang muncul dari sisi motor, khususnya sisi komstir. Suara kasar dan gemeretak seperti getaran ini semakin lebih kedengar bila Anda melalui jalan bergelombang atau berlubang. Keadaan semacam ini tentu benar-benar tidak nyaman.

Suara itu muncul karena beberapa bagian komstir depan yang telah kendur. Maka dari itu, perlu dirapatkan kembali. Ongkos untuk rapatkan sisi motor itu tidak begitu mahal, yang perlu keadaan motor dapat kembali seperti sebelumnya.

4. Rem Tiba-Tiba Blong

Rem blong bisa juga memberikan indikasi ada permasalahan pada elemen ini. Bagaimana dapat? Hal itu karena saat elemen ini hancur akan memunculkan jarak atau jarak saat memakai rem depan. Ada jarak atau jarak itu membuat pengereman tak lagi cakram.

Bila alami beberapa gejala itu, seharusnya selekasnya lakukan pembaruan ke bengkel sah paling dekat atau tukang bubut.

Cara Memperbaiki Segitiga Motor Bengkok

Cara memperbaiki segitiga motor bengkok sebenarnya sangat sederhana. Kerusakan segitiga (fork) pada sepeda motor yang umumnya muncul karena tubrukan sering diacuhkan pengendara. Walau sebenarnya jika sudah begitu kendaraan beroda 2 akan kehilangan kesetimbangan hingga membuat berkendaraan jadi tidak nyaman. Seharusnya segitiga motor hancur atau sisa tubrukan langsung diperbaiki. Karena jika didiamkan akan memberikan ancaman keselamatan pengendara di jalan

Tetapi jika bengkok sekali mereka baru ingin pres segitiga, walau sebenarnya ingin bengkok sekali atau sedikit dampaknya ke kemudi itu cukup jadi berat samping. Secara umum, pengendara motor berasumsi jika pres segitiga memerlukan ongkos yang cukup banyak dan oleh karenanya membuat mereka malas memperbaiki dan menanti sampai segitiga bengkok benar-benar kronis.

Walau sebenarnya ongkosnya hanya Rp85 ribu untuk motor matik dan motor bebek, dan Rp100 ribu untuk motor sport. Telah terhitung ongkos bedah dan pasang. Bengkoknya segitiga motor menurutnya karena umumnya salah satunya pada bagian kendaraan ada yang hancur. Yang buat berbeda kemudinya itu karena salah satunya as roda, shockbreaker sama kemudi ada yang bengkok, karena itu kita press agar kembali normal.

Diatas adalah ulasan terkait segitiga motor bengkok baik penyebab, gejala, dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.