Fungsi Drive Pinion: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Drive Pinion Dan Cara Kerja – Tiap elemen pada mobil pasti mempunyai fungsi masing-masing terutama pada bagian drive pinion. Lalu apa peran drive pinion gear pada gardan?

Gardan mobil sendiri datang dari kata “cardan” yang maknanya roda-roda gigi yang berwujud kerucut. Dengan demikian gardan mobil merupakan sebuah alat yang mengatur ketidaksamaan perputaran pada ke-2 roda mobil baik roda depan atau roda belakang.

Dengan demikian, gardan mobil sendiri bermanfaat untuk memberi gaya pada roda mobil dari tenaga mesin dan ke arah sisi roda mobil dan mengakibatkan mobil bisa meluncur. Tanpa gardan mobil, tidak bakal terjadi peralihan perputaran roda mobil hingga mobil tidak segera jalan.

Untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka gardan tersusun dari berbagai bagian. Dari berbagai bagian terdapat berbagai jenis gear yang tersusun menjadi satu bagian.

Bagian pertama yang akan menerima tenaga mesin merupakan drive pinion. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi dan cara kerja drive pinion gear pada gardan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi drive pinion

Fungsi Drive Pinion

Fungsi drive pinion gear sebagai elemen pada gardan mobil yang mempunyai wujud roda gigi yang berbentuk seperti buah nanas. Peran dari drive pinion gear ini yaitu sebagai roda gigi pemutar yang hendak menyalurkan tenaga mesin mobil dari poros propeller ke arah rangkaian gardan mobil

Baca Juga  Fungsi Water Sedimenter: Peran Dan Cara Kerja

Dengan memiliki bentuk seperti nanas, drive pinion gear pas dipakai untuk menyalurkan tenaga secara efektif. Drive pinion gear dikatakan sebagai hypoid gear. Bentuk tersebut akan menjadikan penerusan putaran dilakukan secara halus.

Cara Kerja Drive Pinion Gear

Cara kerja drive pinion gear sebenarnya sangat sederhana. Saat mobil jalan dengan status setir lurus di muka, tenaga putar yang dibuat oleh elemen gardan yaitu propeller shaft akan masuk ke pinion drive gear. Selanjutnya tenaga putar itu akan dihubungkan ke ring gear dengan mata gigi yang memiliki jumlah makin bertambah.

Pada status ini, gardan mobil membuat rpm pada ring gear menjadi lebih rendah jika dibandingkan dengan rpm pinion drive gear. Walaupun rpm ring gear menjadi lebih rendah tetapi torsinya justru masih tetap semakin. Selanjutnya, putaran di bagian ring gear akan diteruskan ke differential case.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi dan cara kerja drive pinion gear. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -