Fungsi Drive Lever Dan Cara Kerja Pada Motor Starter

Fungsi Drive Lever – Di dalam motor starter khususnya yang konvensional mempunyai beberapa bagian, satu diantaranya drive lever. Bagian ini mempunyai fungsi penting dalam sistem starter. Lantas apa fungsi drive lever?

Pengguna motor atau mobil sedikit yang ketahui berkenaan komponen motor starter. Ada banyak komponen yang memberi support kerja dari motor starter. Dengan mengenal beberapa jenis dan fungsi dari komponen ini, akan berguna jika nantinya kendaraan alami persoalan pada starter.

Dalam motor starter ada yang namanya sistem starter. Sebuah piranti mekatronika yang jadikan satu mekanikal dan energi kelistrikan agar mesin bermotor jadi hidup. Cara kerjanya yaitu memutar kutub engkol agar peralihan mesin terpacu, sampai pembakaran dalam mesin terjadi.

Secara umum, segi motor starter dipisah jadi 2 bagian, yaitu motor starter yang menghasilkan tenaga putar dan bagian motor starter sebagai proses pemindah tenaga. Di dalam proses pemindah tenaga ada drive lever yang hendak gerakkan pinion gear hingga tenaga putar bisa diteruskan ke bagian flywheel.

Untuk memperjelas berkaitan fungsi drive lever pada motor starter akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

fungsi drive lever

Fungsi Drive Lever

Ada dua fungsi khusus dari komponen drive lever pada motor starter salah satunya yaitu:

1. Penyambung Pinion Gear Dengan Flywheel

Komponen yang selanjutnya ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari bagian lain. Peranan Drive lever memiliki bentuk seperti garpu adalah untuk gerakkan pinion gear dari perkaitan ring gear yang ada di fly wheel.

Baca Juga  Tipe Tipe Rem Tromol : 7 Tipe Beserta Ulasannya

2. Melepas hubungan antara pinion gear dengan flywheel

Peran lain dari drive lever adalah melepas perkaitan pinion gear dari perkaitan ring gear saat mesin bermotor pada keadaan sudah hidup atau berpijar. Segi ini memiliki ide kerja tuas yang mana ungkitan ke pinion gear saat ujung lainnya sudah terdorong ke daerah yang bersimpangan.

Drive lever akan mengungkit pinion gear agar terdorong ke bersimpangan. Komponen yang seperti garpu ini fungsi pokoknya untuk gerakkan pinion gear.

Cara Kerja Drive Lever

Cara kerja drive lever menggunakan prinsip pengungkit. Drive lever ini langsung berhubungan dengan bagian solenoid. Ketika solenoid bekerja maka drive lever akan tertarik dan mengungkit bagain starter clutch dan pinion untuk berhubungan dengan flywheel.

Ketika kemagnetan pada solenoid hilang, drive lever akan kembali ke posisi semula sehingga pinion juga akan kembali ke tempat semula.

Di atas adalah pembahasan berkaitan fungsi drive lever pada motor starter. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.