Apa Yang Dimaksud Dengan Garpu Pemindah & Cara Kerja

Apa Yang Dimaksud Dengan Garpu Pemindah Pada Transmisi – Didalam sistem transmisi terdapat berbagai bagian, salah satunya garpu pemindah atau shift fork. Lalu apa itu garpu pemindah atau shift fork?

Walau sebenarnya, pada transmisi manual ini mempunyai banyak formasi komponen dan cara kerja harus di kenali. Tentunya hal ini berguna ketika proses perbaikan atau ketika terjadi permasalahan pada transmisi.

Oleh karenanya, walau nampaknya remeh dan tidak punya pengaruh pada performa kendaraan tetapi pengetahuan terkait fungsi, komponen dan cara kerja transmisi manual nampaknya jadi topik dasar yang seharusnya dijumpai dan dimengerti oleh tiap orang pemilik kendaraan yang memakai mekanisme transmisi manual.

Dari berbagai komponen pada transmisi manual terdapat mekanisme pemindah gigi atau ratio yaitu garpu pemindah atau shift fork yang dihubungkan ke bagian persneling. Untuk lebih jelasnya terkait apa yang dimaksud dengan garpu pemindah dan cara kerja pada transmisi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

apa yang dimaksud dengan garpu pembebas

Apa Yang Dimaksud Dengan Garpu Pemindah?

Terkadang timbul pertanyaan terkait apa yang dimaksud dengan garpu pemindah? Pada intinya apa yang dimaksud garpu pemindah adalah bagian yang berfungsi untuk mengalihkan gigi pada porosnya. Sehingga gigi semakin lebih mudah untuk terpasang atau bahkan juga dipindah.

Garpu pemindah gigi adalah salah satu komponen mekanisme pemindah gigi pada transmisi manual yang berfungsi untuk menggeser gigi geser di saat terjadi proses peralihan gigi.

Baca Juga  Jenis Klakson Mobil : 5 Macam Dan Merk

Pada tugas overhaul transmisi manual, perlu dilaksanakan pengukur diameter dalam garpu pemindah. Sudah pasti ukuran harus sesuai ukuran standard dari pabrik. Bila didapat hasil pengukur yang tidak sesuai dengan karena itu perlu dilaksanakan pergantian komponen.

Cara Kerja Garpu Pemindah

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan shift fork maka perlu dipahami juga terkait cara kerja shift fork atau mekanisme pemindah gigi. Terdapat beberapa jenis mekanisme pemindah gigi yang ada pada transmisi yaitu:

1. Pemindah gigi tidak langsung

Type mekanisme pemindah gigi tidak langsung (remote kontrol) yang berada dilantai sebagai mekanisme pemindah gigi terpisah dari transmisi. Bagian ini ditempatkan di lantai disebabkan karena letak di antara ruangan setir yang jauh dengan posisi dari transmisi.

Type pemindah gigi tidak langsung yang berada pada lantai umumnya dipakai pada kendaraan yang letak transmisinya jauh dimuka status sopir. Sehingga pada type ini membutuhkan mekanisme penyambung (ikatan) tambahan.

Karena menggunakan mekanisme penyambung (ikatan) karena itu kontruksi type ini lebih sulit dibanding dengan type langsung dan pada type ini membutuhkan perawatan yang teratur pada ikatan-sambungan tambahan yakni perlu dilaksanakan pemberian pelumas pada ikatan-sambungan engsel. Type ini membutuhkan penyetelan ikatan atau sambungan yang dilaksanakan secara periodik.

2. Pemindah gigi langsung

Pemindah gigi langsung tidak membutuhkan mekanisme penerus tenaga melainkan dari persneling langsung terhubung ke bagian garpu pemindah. Dengan pergerakan persneling akan langsung diteruskan ke bagian hub sleeve untuk mengganti percepatan pada transmisi.

Baca Juga  Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head): 6 Fungsi Dan Ulasan

Diatas adalah ulasan terkait apa yang dimaksud dengan garpu pemindah dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.