Pemeriksaan Field Coil: Cara Mudah Dan Ulasan

Pemeriksaan Field Coil – Field coil adalah salah satu bagian dari motor starter yang membutuhkan pengecekan secara periodik saat motor starter mengalami permasalahan. Lantas bagaimana cara pemeriksaan field coil?

Bila motor starter kita bedah, maka kita akan mendapati lepengan tembaga yang berisi belitan-lilitan pada sebuah inti (core). Coil adalah belitan / suatu hal yang melingkar. Hal ini berdasarkan translate-nya yang berupa belitan, gulungan, lingkaran dan lain-lain.

Field coil pada motor starter berperan untuk menghidupkan medan magnet, saat dialiri arus yang besar dari battery maka terbentuk medan magnet. Medan magnet ini bermanfaat untuk kerja motor starter yaitu menghasilkan energi gerak berbentuk perputaran. Field coil dibuat dari tembaga, yang mana bahan tembaga ini tahan jika dialiri arus yang besar. Pada motor starter ada 4 buah field coil.

Apabila terjadi permasalahan pada motor starter perlu dilakukan pemeriksaan secara mendalam. Hal ini termasuk pada bagian field coil. Untuk lebih jelasnya terkait bagaimana cara pemeriksaan field coil pada motor starter akan diulas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

pemeriksaan field coil

Pemeriksaan Field Coil

Pengecekan field coil dilaksanakan memakai multi tester yaitu dengan memeriksa kontinuitas di antara timah sikat (sama sesuai barisan) dan kawat timah. Timah sikat terbagi dalam 2 barisan, satu disambungkan ke kawat timah (barisan A) dan yang lain disambungkan ke starter yoke (barisan B). Ukuran kontinuitas antara timah ikuti detail pada buku panduan. Berikut cara pengecekan field coil pada motor starter:

  1. Pakai AVO mtr. (analog atau digital)
  2. Putar selektor pada status OHM
  3. Taruh probe pada brush yang berseberangan dan pada keadaan ini harus ada kontinuitas.
  4. Pengecekan field coil memiliki arti anda sedang memeriksa kumparan medan kemungkinan dari putus.
Baca Juga  Fungsi Automatic Timer: Peran, Komponen, & Cara Kerja

Catatan: Bila tidak ada kontinuitas maknanya kumparan medan sudah putus, cepatlah kerjakan pergantian/pembaruan! Hal ini menandakan telah terjadi kerusakan pada field coil.

Diatas adalah ulasan terkait cara pemeriksaan field coil pada motor starter. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -