Fungsi Kampas Ganda Motor Bebek: 2 Peran & Cara Kerja

Fungsi Kampas Ganda Motor Bebek – Kampas ganda pada motor bebek sebetulnya hampir sama dengan peran seperti kampas kopling motor pada biasanya. Kampas ganda terhitung di dalam komponen mekanisme transmisi dalam sepeda motor yang berperanan cukup penting. Lalu apa fungsi kampas ganda pada motor bebek?

Adanya kampas kopling ini akan menggerakan roda dan pada akhirnya motor jalan. Karena ke-2 fungsi ini, maka pada sepeda motor dengan kopling ganda tak perlu tuas kopling walaupun masih memakai mekanisme kopling.

Saat kampas ganda mulai tipis atau aus akan memunculkan banyak permasalahan. Oleh karena itu, yakinkan anda teratur lakukan service supaya keadaan kampas ganda masih tetap sempurna. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi kampas ganda motor bebek, cara kerja, dan perawatan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi kampas ganda motor bebek

Fungsi Kampas Ganda Motor Bebek

Dalam pemakaiannya komponen transmisi motor ini terdiri dari 2 bagian yaitu kampas kopling ganda dan rumah kopling. Ke-2 nya bisa menjadi mekanisme yang paling penting untuk membuat motor kalian dapat bekerja dengan prima.

Nach pertanyaannya, apa sich fungsi kampas ganda motor baik itu pada motor matic atau motor bebek? Sesuai namanya, kampas ganda motor sebagai proses kopling yang bekerja dengan 2 unit kopling yaitu kopling sentrifugal yang menjadi kopling primer yang berada pada bagian poros engkol. Sementara kopling ke-2 yaitu kopling sekunder dan berada di bagian segi transmisi. Berikut fungsi khusus dari tiap-tiap kampas ganda pada motor bebek yaitu:

  1. Fungsi kampas primer atau kampas ganda pada motor bebek, dipakai untuk memutus atau menghentikan perputaran mesin pada saat motor ada di RPM rendah. Disamping itu dipakai untuk menghubungkan tenaga saat mesin ada di RPM tinggi.
  2. Sementara fungsi kampas ganda sekunder pada motor bebek yaitu untuk memutus perputaran mesin pada saat terjadi peralihan gigi transmisi. Pada saat berikut bisanya kalian tidak rasakan hentakan karena telah diminimalkan oleh kampas ganda saat gigi transmisi kalian naik atau turunkan.
Baca Juga  Komponen Rem Cakram : 10 Komponen Dan Ulasannya

Cara Kerja Kampas Ganda Motor

Sesudah ketahui apa fungsi kampas ganda pada sepeda motor baik matic atau bebek seperti pada atas, Lantas bagaimana cara kerja kampas ganda sepeda motor ? Secara mekanisme, cara kerja kampas ganda pada motor dipisah jadi tiga bagian.

Ke-3 bagian itu yaitu ketika gas dibuka atau ditarik, selanjutnya saat mesin pada keadaan mati dan yang paling akhir pada keadaan mesin berpijar atau stasioner. Agar semakin memahami dan macamnya, berikut cara kerja kampas ganda motor diantaranya yaitu:

1. Saat Di Gas

Peran kampas ganda pada motor bebek memang punya pengaruh cukup penting saat sepeda motor digerakkan. Saat anda lakukan akselerasi, karena itu bisa terjadi tambahan RPM mesin.

Ini akan memunculkan jenjang gaya sentrifugal dalam kopling primer. Hingga kampas kopling merenggang dan membuat jalinan dengan clutch housing. Ini membuat perputaran mesin tersalur dan kampas kopling primer ke arah kopling sekunder lalu akan salurkan perputaran ke bagian roda.

2. Saat Mesin Mati

Cara kerja dengan peran kampas ganda untuk sepeda motor bebek punya pengaruh saat mesin dalam status mati. Saat mesin masih mati, kampas kopling primer melekat pada cluth housing.

Dan pada kopling sekunder malah akan tersambung. Karena kopling sekunder cuma akan putus saat anda tekan tuas transmisi.

3. Saat Mesin Hidup atau Stasioner

Saat anda mulai menghidupkan motor, pasti tidak langsung akan hidup demikian saja. Ini karena kopling primer masih juga dalam keadaan belum tersambung dan status transmisi pada kondisi netral. Kampas kopling primer bekerja memakai gaya sentrifugal. Ini maknanya wujud kampas rem yang seperti tromol.

Baca Juga  Fungsi Oil Pump, Jenis, Dan Cara Kerjanya

Gaya sentrifugal sebagai gaya yang arahnya menjauhi dari poros putarannya. Karena gaya itu kampas rem semakin lebih renggang, tetapi belum terlampau besar.

Cara Menjaga Kondisi Kampas Ganda

Ingat peran kampas ganda pada motor bebek pada sepeda cuku penting, sebaiknya perlu dilaksanakan perawatan yang akurat. Karena imbas dari kampas ganda yang mulai aus umumnya diikuti dengan tanda-tanda getar saat motor digerakkan, tarikan awalnya berasa lebih berat, dan muncul peralihan suara pada mekanisme CVT. Apabila sudah telanjur terjadi beberapa gejala seperti barusan, seharusnya selekasnya kerjakan pengecekan di bagian CVT dengan membedahnya.

Berikut cara merawat kampas ganda pada sepeda motor:

  1. Teratur check komponen kampas ganda
  2. Menukar oli motor dengan teratur
  3. Kerjakan trick saat memanasi motor (tekan dan melepaskan tuas kopling pada status netral), ini mempunyai tujuan supaya kampas buka dan tutup hingga oli mesin masuk sampai ke antara kampas, hingga saat dipakai kampas sudah terlumasi dengan oli yang nanti membuat kampas lebih tahan lama.
  4. Upayakan jauhi menggantung kopling
  5. Rendam kampas dengan oli.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi kampas ganda pada motor bebek, cara kerja, dan perawatannya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.