Ciri-Ciri Kompresor Ac Mobil Rusak: 8 Gejala Dan Perbaikan

Ciri-Ciri Kompresor Ac Mobil Rusak – Kompresor ac adalah salah satu bagian sistem ac mobil yang sering mengalami kerusakan. Hal ini tentu akan menimbulkan berbagai ciri atau gejala. Lalu apa saja ciri-ciri kompresor ac mobil rusak? Bagaimana cara memperbaikinya?

Kompresor adalah salah satunya sisi dari mekanisme pendinginan mobil. Elemen satu ini bekerja mempernyerap udara panas dari refrigerant (zat pendingin) dan melepasnya ke udara. Karena ada kompresor, perputaran udara pada mekanisme pendinginan mobil bisa terjadi dan Anda juga dapat nikmati udara sejuk dari AC.

Sayang, kompresor bisa juga alami masalah, entahlah itu karena perawatan yang kurang atau juga bisa factor umur kendaraan. Masalah pada kompresor AC harus selekasnya dikenal supaya kerusakan tidak semakin makin tambah meluas. Untuk lebih jelasnya terkait ciri-ciri kompresor ac mobil rusak dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri-ciri kompresor ac mobil rusak

Ciri-Ciri Kompresor Ac Mobil Rusak

Terdapat beberapa ciri-ciri yang muncul apabila kompresor ac mobil rusak diantaranya yaitu:

1. Ada bunyi kasar

Ciri-ciri pertama kompresor ac mobil rusak adalah berbentuk bunyi. Bila kompresor rusak, Anda akan dengar bunyi kasar seperti suara “grok” saat AC dihidupkan. Bunyi itu mengisyaratkan ada elemen yang aus dalam kompresor AC mobil. Umumnya elemen piston atau bearing yang alami keausan. Tetapi, juga bisa karena oli kompresor yang turun kwalitasnya.

Jika Anda dengar bunyi kasar itu saat hidupkan AC mobil, seharusnya selekasnya kontrol mobil di bengkel. Pengecekan di bengkel akan menolong Anda ketahui apa sumber bunyi memang disebabkan karena kerusakan pada kompresor atau malah ada elemen mobil yang lain rusak.

2. AC berasa kurang sejuk

Peranan khusus AC pada mobil adalah hasilkan udara sejuk hingga penumpang didalamnya terasa nyaman. Tetapi, bila ada masalah pada mekanisme pendinginan mobil, udara yang dibuat AC juga berasa kurang sejuk. Nach, keadaan ini dapat menjadi ciri-ciri kompresor AC mobil rusak.

Bila kompresor sudah kehilangan penekanan, karena itu performa AC juga buruk. Pertama kalinya dihidupkan, AC memang hasilkan udara yang sejuk. Tetapi, makin lama AC akan menurun dan udara yang dikeluarkan juga berasa kurang sejuk. Jika keadaan ini didiamkan, penekanan kompresor akan lenyap dan AC tidak bisa hasilkan udara sejuk.

3. Kebocoran refrigerant

Kebocoran refrigerant dapat menjadi ciri-ciri kompresor AC mobil rusak. Saat kompresor alami kerusakan, karena itu refrigerant tidak bisa tersalurkan secara baik. Hasilnya, refrigerant akan bocor serta keluar mekanisme pendinginan mobil. Bila didiamkan, refrigerant akan cepat habis, bahkan juga cuma dalam perhitungan bulan.

Baca Juga  Besarnya Deflasi Tali Kipas Adalah: Nilai & Cara Menyetel

Selainnya boros, kebocoran refrigerant bisa juga mencelakakan penumpang mobil. Uap refrigerant yang terisap bisa mengusik mekanisme pernafasan manusia dan mengakibatkan napas sesak. Dengan jumlah banyak, uap refrigerant bisa juga mengakibatkan iritasi kerongkongan dan mata. Untuk menahan hal beresiko ini terjadi, seharusnya kerjakan pengujian periodik pada AC mobil Anda di bengkel.

4. Temperatur AC tidak konstan

Selain itu kompresor yang rusak membuat temperatur AC tidak konstan. Kerusakan elemen pada kompresor AC akan membuat performa AC menurun. Hasilnya, temperatur dari udara yang dibuat AC juga tidak konstan, terkadang berasa dingin dan terkadang berasa panas.

Bila ini yang terjadi, dapat ditegaskan ada kerusakan pada magnetic clutch kompresor AC mobil. Magnetic clutch yang telah menurun membuat kompresor kesusahan untuk mempernyerap uap refrigerant. Efeknya, perputaran AC jadi terusik dan udara yang dibuat juga tidak konstan temperaturnya.

5. Kompresor AC Mulai Alami Kebocoran

Ciri-ciri lain dari kompresor AC mobil yang rusak adalah kebocoran dari kompresor tersebut. Ciri ini ada saat udara AC mulai tidak sedingin umumnya, dan menyusutnya freon pada kompresor AC.

Bila didiamkan demikian saja, karena itu freon pada AC akan makin sedikit, atau bahkan juga habis. Ciri ini umumnya berjalan lumayan lama. Lebih kurang sekitaran satu sampai enam minggu lama waktunya.

6. Kompresinya Mulai Menyusut

Ciri-ciri kompresor ac mobil rusak yang seterusnya adalah rendahnya hembusan angin AC saat mobil meluncur di kecepatan rendah. Tetapi, saat mobil meluncur di kecepatan yang semakin tinggi, embusan angin AC semakin tinggi dan berasa demikian dingin.

7. Magnetic Clutch

Ciri-ciri kompresor AC mobil rusak yang sering muncul saat mobil sedang dalam jalanan yang macet. Salah satunya tanda dari magnetic clutch adalah kabin mobil yang mulai berasa tidak dingin, sekalinya Teman dekat sudah menghidupkan AC didalamnya.

Udara dingin AC itu akan balik berpijar saat AC dimatikan sesaat. Atau, saat mobil telah meluncur di atas kecepatan 1.000 rpm.

8. AC lebih susah ditata

Ciri-ciri terakhir kompresor ac mobil rusak adalah pengaturan ac. Kerusakan bearing bisa membuat performa kopling kompresor AC terusik. Pekerjaan dari kopling kompresor ini adalah untuk atur kapan kompresor aktif dan nonaktif.

Hasilnya, AC juga lebih susah untuk ditata. AC dapat mendadak kuat atau bahkan juga mati bila elemen ini rusak. Kualitas embusan udara yang dibuat juga condong jelek.

Baca Juga  Remote PCX Tidak Berfungsi: 2 Penyebab & Cara Memperbaiki

Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil Rusak

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri kompresor ac mobil rusak perlu diketahui cara perbaikannya. Bagaimana memperbaiki kompresor AC yang rusak tergantung pada apa tipe kerusakannya dan sisi yang mana rusak karena pasti nilai jual kompresor AC mobil mahal dan tidak ada yang jual kompresor AC per komponennya saja.

Karena itu saat sebelum melakukan perbaikan, ketahui dahulu permasalahan kompresor AC kita saat sebelum keluarkan dana untuk harga kompresor AC mobil atau menukar kompresor karena nilai jual kompresor AC sisa yang lebih dapat dijangkau. Berikut cara memperbaiki kompresor ac mobil rusak:

1.Kompresor yang Macet

Untuk kompresor yang macet dan rusak karena karat yang ada pada shaft kompresor dengan bearing bambu dan tidak dapat berputar-putar, sebenarnya tak perlu menukarnya sama yang baru karena karatnya dapat ditiadakan.

Cara yang dapat dilaksanakan adalah dengan membedah kompresor lalu membersihkan dengan antikarat, mengamplasnya dengan amplas lembut, selanjutnya menukar oli kompresor dengan oli yang baru.

Yakinkan jika tidak ada cacat pada kompresor seperti piston, dinding silinder, atau klep yang patah. Karena bila patah sudah pasti kita harus menukar keseluruhnya kompresor sama yang baru.

2.Kompresor yang Mengeluarkan bunyi dan Bising

Pada kompresor yang mengeluarkan bunyi dan bising, pertama kali kita harus memerhatikan oli kompresor yang bekerja sebagai pelumas untuk kurangi gesekan dan menahan kompresor cepat panas. Mungkin ada kekeliruan pada pengisian oli pelumas atau kebocoran pada kompresor.

Check apa pistonnya sudah aus. Ini dapat terjadi pada mobil tua atau mobil yang perawatan mekanisme AC-nya kurang. Piston yang aus adalah salah satunya dari penyebab AC keluarkan suara bising.Bila ini terjadi, memiliki arti waktunya kompresor ditukar sama yang baru.

Disamping itu check juga thrust bearing. Bila trush bearing ini kendur karena penempatan yang tidak betul setelah dibedah, karena itu permasalahan bunyi bising barusan bisa tersudahi dengan kencangkan kembali thrust bearing yang kendur. Untuk permasalahan yang ini kita ada ulasan khusus yakni penyebab kompresor AC mobil berisik.

Paling akhir, check AS. Untuk AC bertipe denso, AS pada kompresor yang tidak akurat bisa mengakibatkan gerakan piston yang melebihi batasan optimal. Bila ini terjadi karena itu bisa terjadi bentrokan pada katup kompresor dan memunculkan bunyi saat AC dihidupkan.

Diatas adalah ulasan terkait ciri-ciri kompresor ac mobil rusak dan cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.