Jelaskan Fungsi Kondensor: 3 Fungsi & Cara Kerja

jelaskan fungsi kondensor

Jelaskan Fungsi Kondensor – Kondensor pada kendaraan atau mobil terdiri dari beberapa jenis dan fungsi. Lalu apabila di jelaskan, apa fungsi kondensor?

Fungsi kondensor dalam mobil sebetulnya cukup bermacam. Semua bergantung dari mekanisme apa yang dikuasai oleh cara kerja kondensor. Elemen ini benar-benar sangat penting untuk berada di dalam mekanisme mobil.

Tanpa perlu lama-lama kembali, berikut akan di jelaskan terkait fungsi kondensor pada mobil. Berikut ulasannya:

Jelaskan Fungsi Kondensor?

Fungsi khusus dari kondensor adalah menahan recikan bunga api terjadi pada platina. Bagaimana bila recikan api berkenaan platina? Permasalahan juga dapat tiba. Contact poin pada platina jadi cepat aus dan akan bawa permasalahan tertentu.

Selainnya fungsi di atas, masih tetap ada fungsi yang lain dari kondensor berkaitan peranannya dalam mekanisme mobil. Berikut beberapa fungsi kondensor yang jarang-jarang dijumpai.

jelaskan fungsi kondensor

1. Mekanisme Pengapian

Apabila harus di jelaskan terkait fungsi kondensor dalam mekanisme pengapian adalah menyerap loncatan bunga api yang terjadi pada breaker poin atau kontak platina. Dengan perannya ini, kondensor dapat meningkatkan tegangan pada koil sekunder. Disamping itu masih tetap jaga keadaan platina agar tidak cepat aus.

2. Mekanisme Refrigerasi

Dalam mekanisme refrigerasi, kondensor AC mobil mempunyai fungsi sebagai alat pembikin kondensasi refrigerant gas dari compressor dengan penekanan dan temperatur yang tinggi. Refrigerant dalam kondensor sanggup hasilkan kalor yang hendak diserap lewat evaporator dan panas dari compressor.

Baca Juga  Pemeriksaan Tutup Radiator : 4 Cara Dan Ulasannya

3. Mekanisme Pendingin

Namun apabila di jelaskan terkait fungsi kondensor pada sistem pendingin adalah untuk turunkan temperatur yang berada di refrigerant di saat berlangsungnya proses kondensasi. Dengan terjadinya proses penurunan temperatur ini maka akan tercipta cairan dingin yang nanti dikeluarkan lewat lubang AC mobil.

Simpelnya, kondensor akan mempernyerap panas pada freon yang telah dikompresikan oleh compressor dan mengganti freon yang berupa gas jadi cair.

Biasanya kondensor ini berada pada bagian depan radiator mobil. Dengan status itu tidak disangkal banyak kotoran yang kemungkinan masuk ke mobil dan membuat kondensor kotor. Kotoran ini adalah salah satunya pemicu kondensor AC mobil tidak bisa jalankan fungsi intinya dengan maksimal.

Ingat peranannya yang perlu, kondensor mobil memang perlu perhatian extra. Maksudnya untuk menghindar peluang kondensor bocor yang nanti akan berpengaruh pada panasnya udara kabin saat dikemudikan pada kecepatan rendah atau stop.

Cara Kerja Kondensor

Sesudah mengenali fungsi dari kondensor bergantung tempatnya dalam beberapa mekanisme, saat ini waktunya ketahui cara kerjanya. Cara kerja kondensor diperbedakan sama sesuai mekanismenya. Berikut penuturannya.

1. Mekanisme Pengapian

Cara kerja kondensor dalam mekanisme pengapian adalah dengan mengairi arus primer dari battery ke arah massa battery dan kumparan sekunder saat platina sedang tutup. Saat platina terbuka, arus listrik akan disalurkan ke arah kondensor. Ini yang menahan recikan bunga api ada.

Baca Juga  Fungsi Pump impeller: Peran Dan Ulasan

2. Mekanisme Refrigerasi

Cara kerja kondensor dalam mekanisme refrigerasi terdiri dua, yakni konveksi paksakan dan konveksi alami. Dalam konveksi alami, pergerakan saluran udara akan melalui kondensor yang benar-benar rendah karena mekanisme ini cuman memercayakan kecepatan angin di saat itu. Kebalikannya, untuk konveksi paksakan sebetulnya cara kerjanya sama juga, tetapi memakai kontribusi kipas angin atau semacamnya.

3. Mekanisme Pendingin

Dalam cara kerja kondensor di mekanisme pendingin, elemen kondensor ini mengganti energi gas jadi energi cair. Freon yang telah dipompa compressor di mekanisme pendingin akan disalurkan ke arah kondensor berbentuk gas penekanan tinggi. Angin yang dibuat kipas akan buang panas sekalian turunkan temperatur penekanan freon. Berikut yang membuat timbulnya peralihan energi gas jadi cair.

Diatas telah di jelaskan terkait fungsi kondensor dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -