Letak Expansion Valve Yaitu: Posisi Dan Ulasannya

Letak Expansion Valve Yaitu – Expansion valve sebagai salah satunya elemen yang ada di mekanisme AC dalam mobil. Elemen yang ini memiliki peran penting untuk menolong performa AC saat membuat udara pada mobil jadi dingin, yakni dengan cara turunkan penekanan freon. Lalu dimana letak expansion valve?

Elemen ini kerap dikatakan sebagai katup ekspansi yang perlu dijaga keadaannya supaya performa AC mobil dapat terus pada keadaan sempurna. Katup ekspansi atau expansion valve bila berdasar perputaran refrigeran ada sesudah receiver/dryer dan saat sebelum evaporator.

Freon akan melalui katup ekspansi ini lebih dulu baru selanjutnya ke arah evaporator. Nach, untuk ketahui beberapa fungsi elemen ac dengan detil, dapat baca pada artikel yang telah saya terbitkan awalnya, di sini

Lalu, sebetulnya dimana letak expansion valve? Untuk lebih jelasnya yaitu terkait letak expansion valve akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

letak expansion valve yaitu

Letak Expansion Valve Yaitu?

Expansion valve atau katup ekspansi pada AC memiliki peran penting. Memiliki bentuk unik sama ukuran kecil. Letak expansion valve yaitu berada antara elemen filter-drier dan evaporator. Lebih tepatnya posisi expansion valve yaitu biasanya ada dibagian masuk dari ruang mesin ke bagian dashboard atau kabin mobil. Bagian ini digunakan untuk atur jumlah dan mengabutkan cairan pendingin saat sebelum masuk ke evaporator. Proses itu turunkan temperatur dan penekanan cairan pendingin.

Baca Juga  Jenis Mur dan Baut (Nut and Bolt) : 23 Jenis & Ulasannya

Pada perubahannya, katup ekspansi pada mobil terbaru telah mempunyai sensor temperatur. Maksudnya, untuk memberitahukan kapan katup ekspansi harus salurkan cairan pendingin ke evaporator.

Seiring berjalannya waktu, katup ekspansi alami pengurangan fungsi. Saat masuk periodenya, katup ekspansi tidak dapat diperbarui, tetapi harus ditukar. Adapun waktu pergantiannya tiap dua tahun atau 40 ribu km. Periode pergantian dapat semakin pendek dari yang direferensikan, bergantung dari berat tidaknya penggunaan setiap hari.

Expansion valve pada intinya tidak dapat diperbarui, karena didalamnya tentunya terjadi keausan dan spring-nya telah kurang kuat. Standard penyetelan expansion valve di pabrik memakai tes bench

Katup ekspansi ini terpasangkan pada aliran masuk evaporator (jadi satu unit). Bagian ini terbagi dalam beberapa jenis :

Katup ekspansi dengan kontrol suhu Katup ekspansi dengan kontrol penekanan dan suhu Type block

Diatas adalah ulasan terkait letak expansion valve yaitu dibagian evaporator. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.