Penyebab Magnetic Clutch Tidak Berputar: 7 Faktor & Dampak

Penyebab Magnetic Clutch Tidak Berputar – Setiap bagian pada sistem ac mobil dapat mengalami permasalahan, salah satunya magnetic clutch. Apabila terjadi kerusakan pada bagian ini tentu akan mengganggu kinerja ac. Lalu apa saja penyebab magnetic clutch tidak berputar? Lalu apa saja akibat jika magnetic clutch tidak berputar?

Magnetic clutch adalah salah satunya sisi dari AC mobil. Elemen ini bekerja dengan berputar ikuti perputaran mesin. Saat alami masalah, magnetic clutch akan stop berputar. Masalah itu rupanya dapat memunculkan permasalahan lain pada mesin.

Oleh karena itu perlu informasi terkait hal tersebut agar dapat menghindarinya terjadi pada mobil. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab magnetic clutch tidak berputar akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab magnetic clutch tidak berputar

Penyebab Magnetic Clutch Tidak Berputar

Terdapat beberapa penyebab magnetic clutch pada kompresor sistem ac mobil tidak berputar diantaranya yaitu:

1. Kualitas

Penyebab pertama magnetic clutch tidak berputar adalah kualitas komponen. Makin baik kualitas magnetic clutch, karena itu makin tinggi juga daya tahannya. Magnetic clutch berkualitas rendah condong lebih gampang rusak hingga memunculkan masalah pada sistem AC mobil.

Disamping itu, umur elemen ikut mempengaruhi. Perform magnetic clutch yang telah kelamaan dipakai pasti tidak sebagus magnetic clutch baru.

2. Rutinitas berkendara yang jelek

Rutinitas berkendara rupanya dapat menjadi penyebab magnetic clutch tidak berputar. Salah satunya rutinitas jelek yang dapat mengakibatkan magnetic clutch cepat rusak adalah menyetel AC pada temperatur paling rendah saat kecepatan tinggi. Beberapa orang berasumsi jika hal itu bisa mengirit konsumsi bahan bakar.

Tetapi, pada realitanya, rutinitas itu malah membuat katrol putus-sambung berkali-kali sampai pada akhirnya membuat katrol bersinggungan. Gesekan yang tetap berulang-ulang pada akhirannya akan membuat elemen bisa lebih cepat aus.

3. Fuse Magnetic Clutch Putus (Fuse MGC) Rusak

Fuse pada suatu circuit kelistrikan terhitung kelistrikan pada sistem AC berperan sebagai pengaman sistem atau elemen sesudahnya dari arus yang berlebihan atau ada hubungan singkat. Hal tersebut bisa menghancurkan komponen sesudahnya saat sebuah circuit kelistrikan tidak diperlengkapi dengan sekring atau fuse. Sekering atau fuse ini akan putus atau short secara automatis saat arus listrik yang mengucur ke arah magnetic clutch melewati batasan aman arus listrik yang dibolehkan.

Di saat fuse telah putus, karena itu serangkaian kelistrikan ke arah magnetic clutch juga secara automatis terputus, dan dapat menjadi penyebab magnetic clutch tidak berputar.

Di saat sekering putus, saat sebelum kita akan menukar sekering yang putus barusan sama yang unit sekering yang baru karena itu kita wajib melakukan pengujian serangkaian kabel pada magnetic clutch dan pastikan adakah kebel yang terkupas atau sisi socket kabel ke arah magnetic clutch renggang atau gosong.

Karena bila kita langsung menukar sekering tanpa lakukan pengecekan tersebut, karena itu sekering akan putus kembali karena ada korlseting yang belum kita benahi baru selanjutnya unit sekering baru.

Baca Juga  Cara Mengetahui Kaki Kaki Mobil Rusak: 10 Ciri & Ulasan

4. Ada Masalah Pada Pressure Sensor Sistem AC

Pressure sensor berada di bagian selang penekanan tinggi (selang Ac yang sesudah kompresor Ac pada lajur Discharge). Pressure sensor berperan sebagai salah satunya pertanda atau inputan yang tentukan kapan magnetic clutch harus ON dan kapan magnetic clutch harus OFF di saat Switch AC dihidupkan. Dengan kata lain sensor ini dapat menjadi penyebab magnetic clutch tidak berputar.

Secara sederhana langkah kerjanya yakni di saat switch AC dihidupkan karena itu magnetic clutch akan ON hingga kompresor turut berputar tetapi saat penekanan freon pada selang penekanan tinggi telah capai penekanan optimal, karena itu pressure sensor akan mematikan magnetic clutch hingga kompresor Ac tidak turut berputar dan penekanan freon tidak semakin bertambah dan lama-lama penekanan freon ini perlahan-lahan turun.

Pada saar penekanan freon sudah capai penekanan batasan bawahnya, karena itu sensor ini akan hidupkan kembali magnetic clutch hingga penekanan freon kembali naik. Proses ini berjalan secara berkali-kali sepanjang AC mobil dinyalakan.

Hingga Kerusakan pada sensor ini bisa menjadi penyebab magnetic clutch tidak berputar. Saat permasalahan ini ada umumnya ditandai dengan hidupnya lampu check engine pada dasbor mobil, jalan keluar saat pressure sensor rusak karena itu harus dilaksanakan dengan pergantian unit sensor.

Saat sebelum putuskan bahwasanya unit pressure sensor yang rusak lebih dahulu kita wajib melakukan pengujian jumlah freon pada sistem AC mobil kita, karena tulis Freon AC habis karena itu pressure sensor tidak akan hidupkan magnetic clutch. Nach jika sudah ditegaskan jika jumlah freon cukup memiliki arti peluang yang rusak adalah pressure sensor.

5. Ada Masalah Pada Sensor Temperatur AC atau Thermistor Cooler

Sensor temperatur AC memengaruhi kapan magnetic clutch hidup dan kapan magnetic clutch harus dimatikan. Sensor temperatur mempunyai peranan sebagai masukan yang akam mengetahui temperatur di dalam kabin. Hal ini sama seperti sensor tekanan yang dapat menjadi penyebab magnetic clutch tidak berputar.

Bila kita mengeset suhu AC kabin pada temperatur yang tidak terlampau dingin (misalnya saja temperatur 29 derajat Celcius) karena itu sensor temperatur akan memberi masukan untuk menonaktifkan magnetic clutch di saat temperatur kabin sejumlah 29 derajat celcius, dan akan hidupkan kembali magnetic clutch di saat temperatur kabin di atas 29 derajat Celcius.

Kerusakan sensor temperatur akan mengakibatkan pendeteksian temperatur kabin eror, hingga dapat menonaktifkan magnetic clutch secara terus-terusan walau temperatur di dalam kabin telah panas. Jika ini terjadi karena itu kerjakan pergantian unit sensor sama yang baru.

6. Relay Magnetic Clutch Rusak

Bila sekring magnetic clutch tidak putus, penyebab magnetic clutch tidak berputar seterusnya adalah rusaknya relay magnetic clutch. Relay ini akan bekerja secara elektromagnet yang akan mengatur aliran listrik ke bagian magnetic relay. Dengan demikian, sakelar ac masih tetap aman dan tehindar dari kerusakan akibat kelebihan arus listrik.

Baca Juga  Indikator Bensin Motor Tidak Akurat: 6 Faktor Dan Perbaikan

Saat relay magnetic clutch ini rusak (short, atau kumparan terputus), karena itu arus listrik yang dipakai untuk menarik magnetic clutch supaya bisa melekat pada pulley kompresor jadi terputus. Hal ini dapat menjadi penyebab magnetic clutch tidak berputar.

Untuk ketahui rusak atau tidak relay ini, sahabat dapat mencoba dengan mengganti relay yang modenya sama dengan yang umumnya berada di fuse box untuk elemen yang lain. Misalnya relay untuk klakson dapat sahabat berpindah tempatnya ke arah tempat relay magnetic clutch ini. selanjutnya coba untuk hidupkan ac mobil.

7. Magnetic Clutch Rusak

Bila fan belt telah ok, sekring ok, relay ok, tetapi magnetic clutch ac mobil tidak berputar, maka penyebabnya ya bagian magnetic clutch itu sendiri. Magnetic clutch ini sebagai elemen yang bekerja secara elektro magnet. Saat dia dikasih arus listrik, maka ada kemagnetan dan membuat pulley kompresor ac melekat dan turut berputar dengan perputaran mesin.

Permasalahan yang sering terjadi pada magnetic clutch ini adalah belitan dalam magnetic clutch ini terputus. Untuk mengujinya, sahabat dapat coba menjumper soket magnetic clutch dan menyambungkannya ke positif accu mobil dengan memakai seutas kabel.

Bila saat di jumper, magnetic clutch tidak bisa melekat ke pulley kompresor, karena itu dapat ditegaskan jika magnetic clutch telah pada kondisi rusak dan perlu ditukar.

Dampak Magnetic Clutch Tidak Berputar

Sesudah mengenali penyebab magnetic clutch tidak berputar maka perlu diketahui dampak yang ada bila magnetic clutch tidak berputar? Apa jalan keluarnya? Sekring magnetic clutch memang tidak bisa sampai putus. Ada banyak permasalahan yang hendak muncul saat magnetic clutch yang rusak selainnya AC mobil tidak berputar, salah satunya yakni:

1. Kompresor AC Mobil terusik

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, performa magnetic clutch benar-benar mempengaruhi kompresor AC. Bila magnetic clutch berhenti, karena itu kompresor akan turut berhenti. Walau demikian, tidak berarti kompresor akan mati keseluruhan bila magnetic clutch tidak berputar.

Kompresor tetap bekerja. Tetapi, karena daya magnet yang dibuat rendah, perputaran kompresor juga menurun. Berikut salah satunya penyebab kompresor AC mobil rusak. Juga bisa membuat kompresor AC tidak berputar.

2. Ada bunyi kasar pada AC

Dampak magnetic clutch tidak berputar yang selanjutnya adalah ada bunyi kasar pada AC. Saat magnetic clutch tidak berputar, permukaan atasnya akan menggesek pelat centerpiece. Nach, gesekan berikut yang mengakibatkan bunyi kasar pada AC. Ini bisa muncul karena magnetic clutch berkarat atau memang karena letak magnetic pulley dan centerpiece berubah hingga jaraknya tidak akurat.

3. AC berasa kurang dingin

Berikut dampak yang termudah dikenal, yakni AC mobil tidak dingin. Kerusakan magnetic clutch mengakibatkan performa kompresor AC terusik. Efeknya, perputaran kompresor juga kurang kuat hingga temperatur AC yang dibuat juga tidak berasa dingin.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab magnetic clutch tidak berputar. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -