Apa Yang Dimaksud Dengan Power Tools: Pengertian & Macamnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Power Tools – Terdapat berbagai macam peralatan yang digunakan untuk proses perbaikan dan perawatan pada kendaraan. Salah satu dari peralatan tersebut adalah power tools. Lalu apa yang dimaksud dengan power tools? Dan apa saja macam macam power tools?

AAda banyak hal yang tidak dapat dilaksanakan dengan memercayakan tenaga manusia saja. Maka dari itu, dibutuhkan kontribusi power tools untuk melakukan perbaikan pada mobil.

Apabila hanya memercayakan pada tenaga manusia tentu akan cepat melelahkan dan menghabiskan tenaga. Untuk lebih jelasnya terkait apa yang dimaksud dengan power tools dan macam macam nya akan diulas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

apa yang dimaksud dengan power tools

Apa Yang Dimaksud Dengan Power Tools

Saat sebelum bergerak lebih dalam maka perlu diketahui terlebih dahulu terkait apa yang dimaksud dengan power tools. Apa yang dimaksud power tools adalah perlengkapan yang dioperasionalkan dengan memakai sumber tenaga yang datang dari sumber penyuplai tenaga.

Beberapa jenis sumber tenaga yang dipakai untuk menggerakan power tools diantaranya adalah motor elektrik yang mengambil sumber dari arus listrik, mesin pengapian intern dan udara yang terkompresi (compressed air). Sumber tenaga lain yang bisa digunakan untuk menggerakan power tools yaitu tenaga mesin uap dan mesin pembakaran langsung yang memakai bahan bakar.

Beberapa jenis power tools itu dipakai untuk memudahkan dan percepat dalam menuntaskan satu tugas. Tanpa memakai power tools, akan memakan waktu yang lama untuk lakukan pengeboran pada benda atau part, melepaskan baut, menggunting benda, atau saat memasangkan part baru. Hingga, power tools mampu mengirit beberapa waktu serta lebih efisien bila dipakai dengan tepat dan benar.

Power tools sebagai salah satunya perkakas yang benar-benar mendukung dan mempermudah pada suatu tugas, karena bisa mengirit tenaga dan waktu dalam penggunannya. Power tools dipakai untuk percepat satu tugas.

Baca Juga  Fungsi Fuel Pressure Regulator: 4 Peran Dan Cara Kerja

Tanpa sumber penyuplai tenaga maka power tools tidak bisa dipakai. Sumber tenaga yang dipakai untuk menggerakan power tools. Diantaranya adalah motor elektrik yang mengambil sumber dari arus listrik. Motor dynamo yang mengambil sumber dari arus battery. Mesin pengapian intern dan udara yang terkompresi. Selain itu sumber tenaga juga dapat berasal dari mesin uap atau mesin pembakaran langsung yang memakai bahan bakar. Diatas adalah ulasan terkait apa yang dimaksud power tools.

Macam Jenis Power Tools

Setelah mengetahui apa yang dimaksud power tools maka perlu juga diketahui terkait macam macamnya. Berikut, ada 8 macam power tools yang dapat digunakan untuk pembaruan mobil diantaranya, yaitu:

1. Portable Drill (Bor Tangan)

Macam macam power tool pertama yang bisa dipakai dalam pembaruan mobil adalah portable drill atau yang juga bisa disebutkan dengan bor tangan. Portable drill ini manfaatkan tenaga listrik yang berfungsi untuk membolongi satu permukaan.

Umumnya, portable drill ini dipakai saat Anda ingin menanamkan paku pada permukaan yang keras seperti tembok atau kayu. Tetapi, dalam pembaruan mobil, portable drill ini bisa dipakai untuk membenahi ban mobil yang alami kebocoran.

Saat ban mobil tertanam paku, karena itu jalan keluar yang dapat dilaksanakan adalah dengan menambalnya. Supaya hasil tambalan rapi dan optimal, sisi ban yang tertanam paku itu supaya dilubangi dengan bor kembali untuk memperoleh bolongan yang lebih rapi dan mempermudah Anda dalam menambal ban yang bocor.

2. Air Drill (Bor Angin)

Selain portable drill, ada pula air drill yang bisa dipakai untuk menambal ban mobil yang bocor. Hal yang membandingkan di antara portable drill sama air drill ini adalah sumber tenaganya.

Pada portable drill, bor ini manfaatkan sumber tenaga listrik. Dalam pada itu, air drill manfaatkan sumber tenaga angin pneumatik agar bisa membuat lubang pada ban.

Baca Juga  Priming Pump Adalah: Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

3. Electric Impact Wrench

Electric impact wrench sebagai power tool yang bisa dipakai untuk melepas dan mengamankan baut secara mudah. Memiliki bentuk nyaris serupa dengan portable drill namun sisi ujungnya disamakan dengan wujud permukaan baut.

4. Air Impact Wrench

Sama seperti dengan portable drill dan air drill, impact wrench atau pengunci baut ini mempunyai 2 tipe yaitu elektrik dan pneumatik. Air impact wrench memakai sumber tenaga angin pneumatik untuk longgarkan atau mengamankan baut pada mobil.

5. Pneumatic Screwdriver (Obeng Pneumatik)

Mempunyai fungsi yang hampir serupa dengan impact wrench, pneumatic screwdriver ini dapat juga dipakai untuk melepaskan dan memasangkan skrup. Tak perlu memakai obeng yang bisa memerlukan waktu lama untuk melepas atau memasangkan skrup.

6. Tyre Pressure Gauge

Macam macam power tools yang lain yaitu tyre pressure gauge sebagai yang berfungsi untuk mengecek penekanan udara dalam ban mobil. Dengan alat ini, Anda bisa ketahui kapan ban mobil itu harus diisi dan berapa besar penekanan udara yang diperlukan.

7. Air Gun

Saat melakukan perawatan mobil, dapat manfaatkan air gun atau yang juga bisa disebutkan sama air duster. Power tool ini berfungsi untuk bersihkan kotoran yang berada di beberapa bagian yang susah dapat dijangkau dengan manfaatkan angin pneumatik yang disemprot lewat air gun.

8. Spray Gun

Macam macam power tool paling akhir yang bisa dipakai dalam pembaruan mobil adalah spray gun. Alat ini berfungsi untuk menyemprot cat pada bodi mobil supaya hasilnya pengecatan rata dengan prima.

Diatas adalah ulasan terkait apa yang dimaksud dengan power tools dan macam macam nya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -