Ciri-Ciri Pompa Solar Rusak: 4 Ciri Dan Ulasannya

ciri ciri pompa solar rusak

Ciri-Ciri Pompa Solar Rusak – Pompa solar adalah elemen khusus pada sistem bahan bakar mesin diesel. Komponen ini berperan selaku penekan bahan bakar, karena itu performnya harus jadi perhatian. Sebab bila pompa solar itu aus atau rusak, maka menyebabkan mesin diesel sulit hidup atau malahan tidak dapat hidup sama sekalipun.

Kerusakan di bagian pompa solar, bisa disaksikan dari hasil injeksi nozzle yang kurang kuat. Hal ini bisa diketahui dari hilangnya bunyi desakan solar saat mesin diesel dihidupkan. Sebaliknya bila keadaan pompa solar masih bagus, akan terdengar bunyi serupa jangkrik saat mesin hidup.

Selain dari bunyi desakan nozzle, pompa solar yang rusak dapat dijumpai lewat pertanda yang lain. Untuk lebih detilnya berikut merupakan beberapa ciri pompa solar mesin diesel rusak.

ciri ciri pompa solar rusak

Ciri – Ciri Pompa Solar Rusak

Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengenali pompa solar mesin diesel yang alami kerusakan. Ini penting untuk dipahami untuk pastikan apa permasalahan yang muncul pada mesin diesel disebabkan oleh performa pompa solar yang turun. Berikut ciri ciri pompa solar rusak:

1. Hilangnya Bunyi Desakan Nozzle

Beberapa ciri yang pertama dari pompa solar rusak yakni raibnya bunyi desakan solar pada nozzle. Bila, mesin diesel di engkol seperti saat akan hidupkan mesin, semestinya bunyi desakan solar akan kedengar keras. Tapi bila keadaan pompa solar telah aus, karena itu bunyi itu tidak kedengar di telinga.

Baca Juga  Efek Steering Rack Rusak: 8 Gejala Dan Penyebabnya

2. Performa Mesin Diesel Turun

Pompa solar rusak menyebabkan performa mesin turun. Ini berasal dari kurang kuatnya desakan solar yang masuk di dalam ruangan bakar. Hingga mesin tidak bisa lakukan pembakaran dengan prima. Mengakibatkan mesin jadi kurang bertenaga.

3. Mesin Sulit Dihidupkan

Pertanda seterusnya dari keadaan pompa solar yang telah rusak yakni mesin sulit dihidupkan. Peranan pompa solar yang turun, akan menyebabkan solar tidak bisa terpompa secara optimal. Hingga, desakan solar yang keluar dari bosh pump tidak sanggup mendesak spring nozzle untuk dikabutkan.

4. Keluar Asap Tebal Bila Mesin Di Gas

Beberapa ciri yang lain dari pompa solar rusak yakni ada asap tebal yang keluar dari knalpot saat tuas gas dihentakan ke rpm tinggi. Ini berasal dari lambannya desakan solar yang keluar dari nozzle akibatnya karena performa pompa solar yang tidak optimal.

Supaya lebih percaya kembali, seharusnya langsung bedah bosh pump dan bebaskan pompa solar untuk pastikan kerusakannya. Pompa solar yang rusak umumnya akan nampak aus atau baret pada tangkai pompa solar. Sebab persoalan di atas dapat dikarenakan oleh kerusakan nozzle.

Kecuali saksikan langsung, kita dapat memeriksanya dengan tutup lubang aliran solar yang ada di pompa solar dengan 2 jemari. Selanjutnya tarik tangkai pompa solar menuju luar, bila ke-2 jemari berasa terserap dan tangkai pompa solar kembali lagi saat dilepaskan, karena itu pertanda kompresi pompa solar masih bagus. Tapi bila tangkai pompa solar tidak kembali lagi, karena itu bermakna pompa solar sudah rusak.

Baca Juga  Lampu Indikator Dashboard Mati: 3 Penyebab & Cara Mengatasi

Demikian merupakan ulasan mengenai ciri-ciri pompa solar rusak. Semoga menambah wawasan pengetahuan.