Komponen Kompresor AC : 12 Bagian Dan Fungsinya

komponen kompresor ac

Komponen Kompresor AC – Didalam kompresor ac terdapat beberapa bagian penting agar freon dapat bersirkulasi sempurna pada sistem AC. Lalu apa saja komponen kompresor AC?

Kompresor AC mobil ada segi mesin kendaraan menempel pada block mesin. Letak komponen ini cukup ke depan sejajar dengan pulley crankshaft, pulley water pump, dan pulley lainnya. Pulley kompresor AC harus dapat sejajar serta dapat dihubungkan dengan menggunakan fan belt atau V belt. Karenanya putaran mesin dapat diteruskan ke pulley kompresor.

Pada kompresor AC mobil banyak memiliki tipe. Berbagai tipe kompresor AC ini disetarakan dengan kendaraan dan kepentingan. Bila kendaraan besar seperti bus, sudah pasti membutuhkan tenaga kompresor yang makin besar dibanding kendaraan penumpang.

Setiap jenis kompresor ac memiliki komponen atau bagian yang berbeda. Namun dari beberapa perbedaan tersebut juga memiliki beberapa kesamaan fungsi walaupun berbeda nama. Berikut penjelasan terkait komponen kompresor AC akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen kompresor ac

Komponen Kompresor AC Mobil

Kompresor AC mobil memiliki beberapa bagian,satu diantaranya adalah :

1. Tutup Depan Kompresor

Tutup depan kompresor AC mobil berperanan membuat pelindungan segi dalam kompresor dan menahan penekanan refrigerant yang berada di dalam ruang kompresi.

2. Body Kompresor

Body kompresor pada mekanisme AC mobil mempunyai peranan sebagai rumah sekalian perlindungan komponen elemen yang lain.

Baca Juga  Fungsi Suspensi : 5 Fungsi Dan Ulasannya

3. Piston Kompresor

Piston kompresor merupakan salah satu komponen kompresor ac yang berperan membuat penekanan dan suhu tinggi pada refrifreant yang selanjutnya akan di distribusikan ke arah kondensor.

4. Tutup Belakang Kompresor

Berperanan membuat pelindungan segi dalam kompresor dan menahan penekanan refrigerant yang berada di dalam ruang kompresi.

5. Valve Out

Valve out berperanan untuk mengeluarkan refrigerant yang diproses dalam ruang kompresi. Komponen ini di sambungkan dengan kondensor menggunakan pipa yang mampu menahan suhu dan penekanan tinggi.

6. Valve In

Valve in berfungsi untuk menyerap refrigerant yang bakal diproses dalam ruang kompresi. Dengan kata lain komponen ini berfungsi kebalikan dari valve out. Komponen ini disambungkan dengan evaporator menggunakan pipa. Pipa inilah yang digunakan untuk membagi refrigerant bertekanan dan bersuhu rendah.

7. Bearing

Untuk membuat lancar perputaran karena itu pada kompresor AC mobil dipertambah bearing.

8. Kruk As

Kruk As merupakan salah satu bagian kompresor AC mobil yang berperan sebagai kutub yang menyambungkan kopling magnet dengan bagian kompresor.

9. Ruang Kompresor

Ruang kompresor berperanan menjadi tempat pemrosesan atau penghasil tekanan dan suhu tinggi,yang selanjutnya akan di alirkan ke kondensor.

10. Magnet Kompresor

Magnet kompresor pada AC mobil mempunyai peranan sebagai pengatur performa mekanisme AC pada kendaraan.

11. Pully

Pully ini berperanan untuk gerakkan motor kompresor. Komponen ini disambungkan menggunakan venbelt yang disambungkan ke segi alternator.

Baca Juga  Letak Relay Avanza: 3 Posisi Dan Ulasannya

12. Clucth Kopling

Disamping itu pada kompresor AC mobil mempunyai kopling atau clutch yang berperan sebagai pengatur performa mekanisme AC bersama sama dengan magnet kompresor.

Diatas adalah ulasan terkait komponen kompresor ac yang digunakan pada mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.