Jalur Kiprok Tiger : 5 Soket Dan Fungsinya

jalur kiprok tiger

Jalur kiprok tiger – Pada sepeda motor termasuk honda tiger terdapat beberapa komponen kelistrikan, salah satunya yaitu kiprok. Pada komponen ini terdapat beberapa jalur atau kabel yang memiliki fungsi berbeda. Lalu bagaimana jalur kiprok pada motor honda tiger?

Sebagai salah satu elemen kelistrikan pada motor maka fungsi kiprok sangat penting yaitu untuk mengendalikan arus litrik yang berasal dari aki. Dengan kata lain kiprok berfungsi selaku pemisah tegangan pengisian dari elemen spull, hingga arus listrik yang akan keluar masih konstan dan biasanya bertegangan 12 V. Selain itu komponen ini juga memiliki peran selaku penyearah arus listrik.

Honda tiger sendiri merupakan motor yang diproduksi tahun 2000 an. Oleh karena itu sudah jarang ditemukan sparepart dari honda tiger. Namun untuk proses perbaikan biasanya memiliki persamaan dengan motor honda keluaran yang terbaru. Hal ini termasuk pada soket kiprok pada honda tiger. Oleh karena itu apabila terjadi kerusakan tentu perlu penggantian baik pada kabel maupun kiprok.

Untuk proses penggantian soket kiprok tiger sendiri juga tidak bisa sembarangan. Melainkan perlu pengetahuan terkait jalur atau kabel yang terdapat pada soket kiprok. Setiap soket dan warna kabel apabila masih standar memiliki fungsi yang berbeda. Tentunya dalam proses penggantian, setiap soket ini juga dihubungkan dengan komponen yang berbeda pada kabel kiprok tiger. Untuk lebih jelasnya terkait jalur kiprok tiger akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Baca Juga  Efek Thermostat Radiator Dilepas: 4 Akibat Dan Ulasan

jalur kiprok tiger

Jalur kiprok Honda Tiger tiger

Di dalam unit kiprok honda tiger terdapat beberapa komponen elektronika. Setiap komponen memiliki fungsi yang penting yatu sebagai penyambung dengan spul dan penyearah arus listrik maka apabila terjadi kerusakan pada kiprok dapat menyebabkan motor macet. Apabila hal ini terjadi maka perlu pengecekan pada soket kiprok.

Namun sebelum proses perbaikan perlu mengenali terkait jalur atau soket kiprok. Hal ini dikarenakan pada setiap jenis motor memiliki jalur kabel yang unik. Untuk mempermudah maka dapat langsung membuka manual repair book yang mana setiap jalur dibedakan dengan kode warna.

Selain itu pada penjualan sparepart, soket satu set dengan kiproknya sehingga jarang ditemukan  yang dijual terpisah dengan kiprok termasuk pada honda tiger. Oleh karena itu perlu diakali apabila kiprok pada honda tiger masih dapat bekerja dengan baik sementara yang rusak hanya pada kabel atau jalurnya saja. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi atau jalur setiap kabel kiprok pada honda tiger yaitu

1. Kabel Warna Merah

Kabel warna merah pada kiprok tiger merupakan jalur kabel positif yang berasal dari dari aki. Namun sebelum masuk ke dalam kiprok biasanya melalui fuse atau sekring 10 amper. Fungsi soket ini adalah untuk menyalurkan arus listrik pengisian dari spull dan dirubah tegangannya dan diteruskan ke aki oleh kiprok.

Baca Juga  Cara Mengecas Aki : 8 Cara Dan Ulasannya

2.. Kabel Warna Hitam

Selain itu pada jalur kiprok tiger terdapat kabel warna hitam yang berfungsi sebagai penyalur kiprok ke massa atau ground pada baterai. Jika dilihat dan ketahuan menyalurkan arus listrik, bermakna berlangsung konsleting.

3. Kabel Warna Coklat

Selanjutnya jalur kiprok tiger terdapat kabel warna coklat yang merupakan terminal kabel yang berasal dari spull. Jalur ini berfungsi untuk pencahayaan lampu khusus yang awalnya melalui kiprok dan langsung ke sakelar lampu. Pada saat lampu menyala umumnya kabel ini menghasilkan tegangan 12 volt sampai 14 volt.

4. Kabel Warna Putih

Jalur kiprok tiger yang terakhir yaitu kabel warna putih. Jalur ini berfungsi sebagai penyalur arus pengisian dari spull yang masuk di kiprok. Sementara itu arus pengisian yang masuk terbatasi seputar 14,5 V agar tidak terjadi overcharging.

5. Kabel Warna Hitam Dari Spull

Selain itu pada soket kiprok honda tiger terdapat terminal satu lagi yang memiliki kabel warna hitam. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan spull dengan negatif atau ground.

Diatas merupakan ulasan terkait jalur kiprok tiger dan motor dari Honda yang lain. Setiap soket akan dihubungkan dengan warna kabel yang berbeda-beda agar mempermudah proses identifikasi terminal pada kiprok honda tiger. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.