Kunci Motor PCX Tidak Bisa Diputar: 2 Penyebab & Perbaikan

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kunci Motor PCX 150 Yang Tidak Bisa Diputar – Terdapat beberapa permasalah pada motor PCX 150, salah satunya yaitu knob kunci motor tidak bisa diputar atau macet. Hal ini terjadi walaupun remote masih menyala dan jaringan knob masih mengeluarkan suara. Lalu apa penyebab kunci motor PCX tidak bisa diputar? Bagaimana cara memperbaikinya?

Berlainan dengan tahun tahun sebelumnya, motor keluaran terkini saat ini lebih banyak dipasangkan sejumlah fitur hebat supaya pemakai makin nyaman dalam berkendara. Beberapa feature itu seperti adanya tehnologi smart key di mana kita tidak membutuhkan contact/kunci untuk menyelakan mesin dan diperlengkapi sirene supaya aman saat ditinggalkan.

Tetapi bersamaan berjalanya waktu pasti beberapa feature hebat itu alami permasalahan yang kadang cukup menyusahkan khususnya saat tergesa-gesa. Contoh pada kunci knop PCX yang mendadak tidak bisa diputar atau macet. Bila ini terjadi secara automatis mesin tidak akan bisa dihidupkan.

Namun tidak perlu cemas, hal ini dapat diatasi tanpa mengeluarkan budget yang mahal. Untuk lebih jelasnya terkait kunci motor PCX tidak bisa diputar baik penyebab dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kunci motor pcx tidak bisa diputar

Kunci Motor PCX Tidak Bisa Diputar

Pengguna PCX terkadang mengalami ketika tekan tombol yang bermotif motor, dan motor memberi respon dengan knob langsung berpijar biru dan bernada “tit-tit’. Namun saat ingin memutar knobnya rupanya knob tidak bisa diputar walaupun sudah dipaksa.

Beberapa user awam tentunya cukup cemas saat pertama kalinya mendapati persoalan ini. Berikut beberapa faktor yang menjadi kemungkinan penyebab kunci motor PCX tidak bisa diputar diantaranya yaitu:

Baca Juga  Pengapian Motor Kadang Ada Kadang Tidak : 7 Penyebab

1. Battery

Jika salah satu persoalan yang kerap muncul pada motor yang mempunyai feature keyless atau smart key sistem adalah batery cepat habis. Hal ini faktor sepele yang dapat menjadi penyebab kunci motor PCX tidak bisa diputar.

Terkadang pemilik motor baru tidak sadar memainkan kunci remote dengan memencet berulang kali sehingga baterai yang ada pada remote habis. Remote motor itu rupanya keadaan remote selalu pada keadaan ‘ON’, karena bila remote pada keadaan ‘ON’ karena itu batery akan terhisap strumnya.

Oleh karena itu perlu dilakukan penggantian baterai remote. Harganya murah sekitar 10000 saja dan banyak dijual di toko aksesoris.

2. Kotoran

Bersamaan berjalanya waktu dan biasanya pemakaian, kerak bisa ada tidak kecuali pada knop PCX. Adanya kerak bisa karena minimnya jaga kebersihan di mana bila didiamkan kelamaan kotoran akan menimbun dan mengeras sebagai kerak. Maka rajinlah membersihkan motor khususnya sesudah kehujanan.

Cara Memperbaiki Kunci Motor PCX Tidak Bisa Diputar

Setelah mengetahui penyebab kunci motor pcx tidak bisa diputar maka perlu diketahui pula cara memperbaikinya. Berikut cara memperbaiki kunci motor pcx yang macet atau bermasalah yaitu:

1. Menukar baterai smart key

Cara memperbaiki kunci motor PCX yang macet pertama yaitu mengganti baterai. Bersamaan dengan lama waktunya pemakian maka baterai yang ada di dalam remot akan menurun dan habis. Bila baterai habis pasti remot tidak bisa digunakan hingga tidak bisa hidupkan feature smart key pada motor PCX.

Sebenarnya batray remot yang telah kurang kuat atau akan habis diikutiu dengan sinaran/cahaya lampu yang ada di remot sinarnya makin redup serta mati, hingga agar digunakan kembali kamu perlu menukar batray sama yang baru.

Baca Juga  Ciri Ciri Dinamo Starter Motor Rusak: 5 Gejala & Ulasan

2. Menggoyang-goyangkan stang

Beberapa kawan-kawan barangkali sempat alami knop atau kunci motor PCX macet saat motor digembok stang, pasti ini akan memusingkan dan memunculkan rasa cemas tertentu.

Nach agar diputar kembali dan motor bisa dihidupkan, coba untuk mengoyang-goyangkan stang seringkali dan putar knop secara bertepatan. Kerjakan seringkali sampai knop normal kembali, yakinkan saat sebelum melakukanya status remot dalam status ON.

3. Kencangkan socket smart key

Bila batray remot masih habis dan status contact telah on tetapi tetap tidak bisa diputar, karena itu kamu perlu membedah smart key untuk memeriksanya langsung ke sisi kabel dan socket-soket yang ada di dalamnya.

Coba untuk membedahnya secara berhati-hati selanjutnya check semua kabel yang berada di belakang tombol knop. Umumnya kunci smart key tidak bisa diputar karena beberapa socket kendor, jadi supaya berperan kamu perlu kencangkan kembali socket itu.

4. Menyemprot WD-40

Sama seperti yang telah kami terangkan barusan knop kunci PCX yang macet karena ada timbunan karat/kerat hingga kunci susah diputar. Supaya normal kembali kamu bisa menyemprot cairan anti karat seperti WD-40 untuk merontokkan karat itu.

Semprot seringkali dan coba untuk memutar-mutar knop dan menggoyang-goyangkan stang seringkali supaya karat di dalamnya rontok.

Diatas adalah ulasan terkait kunci motor PCX tidak bisa diputar baik penyebab dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -