Lampu Mobil Kurang Terang: 9 Penyebab Dan Perbaikan

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Mobil Kurang Terang – Ada beragam faktor yang dapat menjadi pemicu atau penyebab lampu mobil menjadi kurang terang. Oleh karena itu, cara memperbaiki juga harus disesuaikan dari faktor penyebabnya. Berkendaraan dengan lampu kendaraan yang kurang terang, terutama bila perjalanan dilaksanakan saat malam hari hari. Selain membuat tidak nyaman keadaan ini bisa juga beresiko baik untuk sopir atau untuk pengendara yang lain. Hal ini dapat membuat sopir menjadi kesusahan untuk mengetahui bagaimana keadaan jalan dan keadaan disekitaran jalanan. Akibatnya perjalanan lebih memerlukan waktu karena harus jalan secara perlahan-lahan dan lebih extra berhati-hati. Untuk menghindari keadaan itu, karena itu salah satu cara adalah memperbaiki keadaan lampu mobil supaya berpijar lebih terang. Untuk lebih jelasnya terkait lampu mobil kurang terang baik penyebab dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

lampu mobil kurang terang

Lampu Mobil Kurang Terang

Ada beberapa hal yang menyebabkan sorot headlamp tidak terang. Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab lampu mobil kurang terang yaitu:

1. Relay

Relay lampu yang hancur dapat menjadi satu diantara faktor penyebab lampu mobil kurang terang. Komponen ini sebagai elemen mobil yang berperan sebagai jembatan untuk arus listrik yang tersambung dari battery ke arah lampu. Pada elemen relay, di dalamnya ada 2 rangkaian arus. Serangkaian arus yang pertama adalah serangkaian arus kecil, di mana arus ini sebagai arus yang masuk ke sakelar. Dan, untuk serangkaian arus yang ke-2 dan sebagai serangkaian arus khusus adalah, serangkaian arus yang masuk langsung ke arah lampu mobil. Serangkaian khusus relay ini dapat tersambung jika sakelar lampu dihidupkan, hingga lampu mobil dapat berpijar dengan terang. Tapi, jika lampu tidak bisa berpijar dengan terang, maknanya ada permasalahan yang ada dalam komponen khusus ini seperti ada keluasan contact yang berada di dalam relay itu.

2. Socket Lampu Karat

Pada lampu, socket yang berkarat rupanya menjadi penyebab sinar yang dikeluarkan lampu jadi tidak terang. Pasalnya korosi atau karat ini bisa turunkan tegangan yang masuk ke lampu.

3. Socket Lampu Mobil Yang Meleleh

Socket lampu yang meleleh dapat menjadi satu diantara penyebab lampu mobil kurang terang. Apabila bagian ini meleleh dapat menjadi penyebab menurunnya tingkat kecerahan lampu mobil. Ini karena socket lampu mobil yang meleleh bisa menghalangi saluran listrik. Di saat socket mobil meleleh maka lelehan tersebut dapat merintangi lajur listrik, hingga hal tersebut dapat menyebabkan lampu mobil kurang berpijar. Lantas apa penyebab dari socket lampu yang meleleh ini? Socket lampu dapat meleleh karena penempatan yang tidak tepat. Penempatan socket lampu yang kurang masuk ke terminal dapat membuat socket melelah. Hal ini menyebabkan berlangsungnya sebuah loncatan elektron yang timbul dari adanya konduktor tidak rapat atau mempunyai jarak.

4. Accu Mobil Yang Kurang kuat

Sama seperti yang dijumpai jika accu adalah sisi dari elemen mobil yang penting. Accu Mobil mengambil nyaris setengah lebih kendalian dalam mesin mobil. Jika accu mobil mati, maka ada beberapa permasalahan yang dapat terjadi. Sama dengan mesin yang lain, lampu mobil kurang terang bisa juga disebabkan karena accu mobil yang mulai kurang kuat.

Baca Juga  Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil: Prosedur & Ulasan
Keadaan accu mobil akan punya pengaruh pada kelistrikan mobil. Jika sisi ini terusik, karena itu dapat ditegaskan jika tidak cuma lampu mobil tapi juga sisi yang lain akan mengalami berbagai permasalahan. Hal ini akan menyebabkan lampu mobil tidak dapat bekerja dengan optimal.

5. Mika Lampu Mobil Lusuh Dan Kotor

Selainnya permasalahan yang ada pada accu mobil dan socket, faktor yang lain yang menyebabkan lampu mobil kurang terang adalah mika mobil yang mulai kotor. Mika mobil yang kotor dan lusuh dapat menjadi satu diantara penyebab kurang jelasnya sinar dari lampu mobil. Hal ini karena kotoran yang menyelimuti mika mobil akan membuat sinar lampu yang semestinya dapat dikeluarkan secara prima jadi sedikit terhambat. Untuk mengatasi permasalahan ini maka perlu membersihkan mika mobil dan menukarnya jika mika itu mulai kedaluwarsa dan lusuh.

6. Kabel dan socket lampu yang kendur

Pada sistem kelistrikan ada banyak kabel yang terhubung dan bisa jadi melekat di body atau ground cable. Imbas yang didapat jika ada kabel atau socket yang kendur tidak cuma tidak dapat berpijar dengan terang, tetapi bisa juga memacu konsleting. Untuk ketahui mana kabel dan socket yang kendur, kamu harus memeriksanya satu demi satu.

7. Kualitas bohlam turun

Sama seperti dengan elemen mobil lain, bohlam lampu memiliki batasan penggunaan. Kandungan gas seperti halogen dan kawat pijar akan turun kwalitasnya seiring waktu berjalan. Tentunya hal ini dapat menjadi faktor penyebab sorot lampu mobil jadi kurang terang atau redup.

8. Menggunakan lampu yang tidak sama sesuai detail

Salah satunya penyebab mengapa sorot lampu tidak dapat terang adalah karena kekeliruan saat menentukan lampu. Selain redup, lampu yang tidak sama sesuai detail bisa menyebabkan kerusakan seperti bohlam putus atau kabel lampu terbakar. Oleh karena itu untuk penggunaan bohlam lampu harus sesuai dengan detail bawaan.

9. Masalah pada sekring

Faktor penyebab terakhir lampu mobil kurang terang atau redup adalah sekering. Sekring yang alami masalah dalam beberapa kasus bisa membuat lampu khusus mobil jadi redup atau bahkan juga mati. Untuk memeriksanya, saksikan sekring yang terhubung dengan lampu dan yakinkan apa sekring itu alami masalah atau tidak.

Cara Memperbaiki Lampu Mobil Kurang Terang

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi atau memperbaiki lampu mobil yang kurang terang atau redup diantaranya yaitu:

lampu mobil kurang terang

1. Bersihkan Elemen lampu

Cara pertama yang paling mudah untuk memperbaiki lampu mobil kurang terang adalah dengan bersihkan semua elemen lampu. Pembersihan ini dibutuhkan buat pastikan sinar yang dibuat oleh lampu saat berpijar betul-betul bisa dipantulkan secara prima oleh reflektor tanpa masalah. Berikut sejumlah perhatian saat bersihkan semua elemen lampu mobil:

  • Yakinkan kaca/mika bening pada batok lampu pada kondisi yang bagus dan bening, tidak ada retak-retak, baret, atau telah menguning karena pernah memakai bohlam lampu yang terlampau panas.
  • Yakinkan reflektor sisi dalam batok lampu masih juga dalam keadaan baik hingga terlihat seperti cermin yang dapat memantulkan sinar.
  • Membersihkan soket lampu dan kabel bila ada kerak-kerak yang melekat di terminal soket lampu
  • Yakinkan relay lampu, sakelar lampu, sekring, dan kabel masih berperan baik hingga bisa mengantarkan arus listrik dengan prima
  • Untuk keadaan batok lampu yang cuma kabur di bagian mika depannya (sisi reflektor masih bagus dan bersih), pembersihan dapat dilaksanakan dengan cara memakai sistem nano burn coating yang hendak memberi hasil optimal supaya mika lampu jadi bening kembali.
  • Tetapi, untuk batok lampu yang telah betul-betul kronis (terutamanya batok lampu yang kerusakannya terjadi di bagian reflektornya), karena itu jalan keluar terbaik adalah dengan mengganti batok lampu kepala itu sama yang baru.
Baca Juga  Ganti Busi Setiap Berapa Km? Jarak Penggantian Busi

2. Tukar Lampu

Cara ke-2 untuk mengatasi atau memperbaiki lampu mobil kurang terang adalah dengan mengganti bohlam lampu sama yang baru. Harus dipahami jika bohlam lampu mempunyai lifetime atau periode gunakan yang terbatas. Ini karena bohlam lampu mempunyai kandungan gas (halogen selaku contohnya) dan kawat pijar yang makin lama akan menghilang kwalitasnya. Hingga, makin lama bohlam lampu itu digunakan, maka semakin turun kualitas sinar yang dibuat. Dampaknya akan membuat sinar lampu mobil jadi kurang terang. Untuk mengganti bohlam lampu, seharusnya tentukan bohlam lampu yang sesuai detail yang disarankan oleh faksi pabrikasi, atau bila ingin menggantinya yakinkan nilai watt pada bohlam lampu yangbaru masih sama. Bohlam lampu yang kurang dari nilai detail akan menambahkan lampu jadi tidak terang dan daya watt terlampau besar bisa juga menyebabkan kerusakan seperti batok lampu menetes, bohlam putus atau kabel lampu terbakar. Selalu yakinkan memakai bohlam lampu yang baru yang sesuai detail pabrikasi.

3. Daya Lampu Yang Lebih Besar Dan Relay Set

Cara terakhir untuk mengatasi atau memperbaiki lampu mobil kurang terang adalah dengan meningkatkan daya watt lampu dan dengan relay set. Biasanya, besaran daya pada lampu kepala pada mobil mempunyai daya 60/55 watt. Dan untuk tingkatkan daya watt lampu, karena itu kita dapat pilih daya yang semakin besar yaitu dengan memakai lampu memiliki daya 100/90 watt yang sekarang telah banyak tersebar di pasar. Daya watt lampu yang semakin besar ini, tentu saja akan tingkatkan kemampuan sinar yang dibuat oleh lampu, mengakibatkan sinar yang dikeluarkan oleh lampu akan jadi lebih kuat serta lebih terang. Tetapi demikian, tingkatkan daya lampu mobil ini bisa juga berpengaruh jelek bila penempatannya tidak betul dan di kenakan pada batok lampu kepala yang tidak original atau pada batok lampu yang berbahan tipis. Maka dari itu, saat sebelum lakukan kenaikan daya watt lampu dan relay set-nya ini, sebaiknya sahabat memerhatikan lebih dulu keadaan batok lampu kepala. Ada banyak hal yang penting jadi perhatian salah satunya adalah

  • Tidak boleh kerjakan kenaikan daya pada batok lampu kepala yang memakai mika tipis. Menambah daya watt yang semakin besar pada lampu kepala dapat membakar dan menghancurkan permukaan mika lampu kepala mobil.
  • Selalu pakai tambahan relay set komplet dengan sekringnya
  • Pakai soket lampu kepala dengan bahan keramik supaya tidak menetes terserang panas
  • Lihat diameter kabel yang dipakai, makin kecil diameter makin berefek gampang terbakar.

Diatas adalah ulasan terkait lampu mobil kurang terang baik penyebab dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.